Sejauh Mata Memandang Dukung Jakarta Bebas Kantong Plastik


  • Sejauh Mata Memandang Dukung Jakarta Bebas Kantong Plastik
    Sejauh Mata Memandang mendukung Jakarta bebas kantong plastik sekali pakai melalui berbagai kegiatan sepanjang Juli 2020. (Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

    Sejauh Mata Memandang adalah sebuah label yang didirikan oleh Chitra Subyakto di akhir tahun 2014 dengan khas pada tekstil yang terinspirasi kekayaan alam dan budaya Indonesia. Sejauh Mata Memandang bekerja sama dengan para artisan dan perajin di berbagai sudut Indonesia, DKI Jakarta, Jawa, Bali, Sumba, di mana setiap helai kain merupakan hasil karya tangan yang sarat akan cerita dan makna.


    Produk Sejauh Mata Memandang meliputi kain, aksesoris, dan pakaian ready-to-wear untuk wanita, pria, dan anak-anak, serta produk home and living, yang dapat ditemui di butik- butik ternama Indonesia dan internasional serta online store di sejauh.com.





    (Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)

    Pada bulan Juli 2020, Sejauh Mata Memandang kembali mendukung gerakan pelestarian lingkungan hidup sekaligus menandai Jakarta Bebas Kantong Plastik Sekali Pakai yang telah diberlakukan pada tanggal 1 Juli 2020. Gerakan mendukung pelestarian lingkungan hidup ini sudah menjadi DNA dari brand Sejauh Mata Memandang melalui berbagai kegiatannya beberapa waktu terakhir, salah satunya adalah pameran instalasi yang mengangkat kesadaran akan bahaya penimbunan sampah plastik di Indonesia.


    Sebagai bagian dari gerakan #sejauhmanakamupeduli, Sejauh Mata Memandang terlibat dalam serangkaian kegiatan guna mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai selama bulan Juli 2020.



    (Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang)


    Sejak beberapa waktu terakhir, Sejauh Mata Memandang sudah meluncurkan koleksi mode di waktu yang berbeda dengan mengusung pelestarian lingkungan hidup sebagai tema utama. Sejauh Mata Memandang menyambut baik aksi Jakarta Bebas Kantong Plastik Sekali Pakai dengan menjadi kolaborator untuk berbagai kegiatan di bulan Juli 2020 ini. Ke depannya merekamengharapkan ada perubahan perilaku yang signifikan oleh masyarakat semua untuk menjadi lebih bertanggung jawab dalam melakukan waste management masing-masing.


    Sejauh Mata Memandang akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan hidup guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai. Kegiatan tersebut di antaranya, diskusi bersama organisasi Greenpeace mengenai pemberlakuan kota Jakarta sebagai kota tanpa plastik sekali pakai, Instagram live bersama organisasi Diet Kantong Plastik untuk meningkatkan kesadaran akan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, Instagram live bersama Magnifique Indonesia seputar slow fashion dan lingkungan hidup, serta menjadi kolaborator pada Pawai Bebas Plastik 2020.


    (Baca Juga: Rayakan Indonesia di Pameran Seni 'Karya Kita')


    Tidak hanya kegiatan meningkatkan kesadaran akan penggunaan kantong plastik sekali pakai, namun Sejauh Mata Memandang juga akan melakukan berbagai kegiatan donasi berupa sumbangan makanan yang ditujukan untuk para pemulung. Bekerja sama dengan komunitas @thebgbj, Sejauh Mata Memandang akan menyumbangkan sebagian penjualannya untuk para pemulung di Bantar Gebang, penyerahan donasi tahap awal telah dilakukan pada tanggal 2 Juli 2020.


    Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemotretan Bantar Gebang sebagai salah satu wajah kota Jakarta yang cukup vital oleh Davy Linggar, dimana hasil foto tersebut akan dipamerkan. Selain itu, Sejauh Mata Memandang akan membuat masker edisi khusus yang sebagian hasilnya akan dimanfaatkan untuk donasi dengan mekanisme penjualan satu masker akan bermanfaat untuk menyumbangkan makanan kepada satu orang pemulung selama satu bulan.


    "Produsen pakaian juga turut andil dalam menciptakan limbah produksi dan terbukti menjadi salah satu penyumbang terbesar di dunia. Bentuk kegiatan Sejauh Mata Memandang merupakan bagian dari aksi kepedulian kami terhadap keseimbangan lingkungan hidup. Semoga untuk kedepannya akan ada lebih banyak lagi brand mode lainnya yang melakukan aksi serupa”, tutup Chitra.

    (Baca Juga: Women of the Year 2019: Chitra Subyakto)





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below