Women of the Year 2019: Chitra Subyakto


  • Women of the Year 2019: Chitra Subyakto
    Terinspirasi dari pakaian khas Indonesia dan baju bodo, Chitra Subijakto mendirikan Sejauh Mata Memandang. (Foto: Dok/herworldindonesia)


    Chitra Subyakto, 46, Founder & Creative Director Sejauh Mata Memandang

    Terinspirasi dari pakaian khas Indonesia seperti kebaya dan baju bodo, Chitra mendirikan Sejauh Mata Memandang, sebuah karya fashion yang timeless dengan harapan untuk bisa diturunkan ke anak-cucu nanti. Setiap desainnya yang unik nyatanya terinspirasi dari hal-hal kecil di sekitar Chitra, baik dari alam mau pun makanan.



    “Misalnya seperti koleksi ayam. Kebetulan semua anak di kantor hobi makan bakmi dan mangkuknya lucu, ada gambar ayam dan bunga,” jelas Chitra. Selama membesarkan labelnya, ia mengaku belum pernah merasakan adanya tantangan berarti.

    Beruntung saya bisa melakukan bisnis yang dicintai. Mungkin masalahnya lebih ke human problem seperti mengatur mood dan komunikasi, atau cuaca karena berdampak pada proses pewarnaan,” ujar Chitra.

    (Baca juga: 10 Sosok Women of the Year 2019 Herworld Indonesia) 


    Dalam produksi, Sejauh juga sering melibatkan ibu-ibu dari lapas atau rusun. Salah satu yang paling diingat adalah saat ia bekerja dengan ibu-ibu rumah tangga berusia 21-23 tahun yang kebanyakan sudah memiliki 3-5 anak.

    “Pada pertemuan pertama, mereka tak berani menatap mata saat berbicara. Namun, setelah memiliki keahlian membuat kain, mereka terlihat lebih percaya diri hingga bisa memiliki penghasilan tanpa harus bergantung pada suami,” kenang Chitra.

    Sebagai label fashion, Sejauh cukup aktif dalam aksi sosial, seperti pameran instalasi “Sejauh Laut Kita” di Senayan City dan Plaza Indonesia. Sebagai pencinta laut, Chitra merasa terpukul akan banyaknya plastik di laut Indonesia.

    “Mungkin 30 tahun lagi, saya sudah tidak ada. Tapi, betapa egoisnya kita kalau tidak berbuat apa pun untuk anak-anak di masa depan,” ujarnya.

    Instalasi dibuat dari sampah-sampah impor yang dikirim dari Komunitas Ecoton di Surabaya. Botol-botol plastik tersebut kemudian diikat dengan kain Sejauh dan digantung menjadi instalasi cantik yang dikerjakan oleh ibu-ibu di penjara. Bekerja sama dengan beberapa nama besar lainnya, Chitra berharap pameran ini bisa menyebarkan awareness bahwa bumi sedang butuh bantuan. 


    Awarding Night 'Women of the Year 2019' herworld Indonesia berlangsung Selasa, 22 Oktober 2019, pukul 18:30 WIB di Hotel Sultan Jakarta.

    (Teks: Kiki Riama Priskia, Foto: Hadi Cahyono)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below