Heboh Jamur Enoki, Ini Cara Bersihkan Bakteri Listeria


  • Heboh Jamur Enoki, Ini Cara Bersihkan Bakteri Listeria
    Begini cara membersihkan wadah yang mungkin terkontaminasi bakteri listeria dari jamur enoki (Foto:Freepik/Janoon)


    Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) telah mengumumkan untuk memusnahkan sekaligus menarik sejumlah jamur enoki yang berasal dari Korea Selatan. Bukan tanpa alasan hal ini dikarenakan sejumlah produknya tengah terkontaminasi bakteri benama Listeria Monocytogenes.




    Melansir laman Antara, sejumlah jamur enoki yang dicegah adalah yang berasal dari Green Co Ltd. Namun BKP memerintahkan untuk memisahkan dan dikembalikan kepada distributor untuk diuji coba di laboratorium.


    Bakteri Listeria Monocytogenes adalah salah satu bakteri yang bisa menyebabkan penyakit listeriosis. Jika seseorang terkontaminasi, gejala yang timbul adalah demam, sakit kepala, mengigil dan bisa juga menyebabkan diare dan muntah.


    Masih melansir laman yang sama, jenis bakteri ini juga dapat bertahan dalam suhu dingin dan memiliki peluang untuk kontaminasi silang dengan bahan makanan lain yang bisa dikonsumsi dalam penyimapanan. Lalu, apa yang bisa dilakukan jika terlanjut menaruhnya lemari pendingin bersama pangan lainnya? Dikutip dari CDC berikut cara mencegah penyebaran bakteri dari jamur Enoki.


    (Baca Juga: 5 Tips Mudah Membersihkan Handphone Dari Kuman Dan Bakteri)


    1. Cuci bersih

    Cuci dan bersihkan seluruh permukaan serta wadah yang bersentuhan dengan jamur yang satu ini. Jika kamu meletakkannya di dalam lemari pendingin, ada baiknya juga untuk membersihkannya. 


    2. Air panas dan sabun cuci piring

    Menggunakan air panas dan sabun bisa membunuh bakteri yang mungkin menempel pada bagian-bagian lemari pendingin atau permukaannya. 


    3. Larutkan cairan

    Setelah melakukan langkah kedua, langkah selanjutnya kamu bisa melarutkan liquid atau pemutih untuk membersihkan tahap terakhir. Kemudian bersihkan kembali dengan air bersih sampai busa hilang.


    Itulah tadi yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sejumlah barang yang mungkin telah bersentuhan dengan bakteri. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan kontaminasi silang. 


    Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah pahami gejala, lihat makanan mana yang mungkin bisa tercemar oleh bakteri listeria.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below