Mengintip Ekshibisi Gucci Bersama IU Dan Kai Exo Di Seoul


  • Mengintip Ekshibisi Gucci Bersama IU Dan Kai Exo Di Seoul
    IU dan Kai Exo mengunjungi ekshibisi 'No Space, Just A Place' Gucci di Museum Daelim, Seoul, Korea Selatan. (Foto: Dok. Graha Citra Prima)


    Dalam rangka mendukung lanskap budaya yang kaya dan kontemporer adegan seni di Seoul, rumah mode Gucci mengadakan proyek ekshibisi 'No Space, Just A Place' yang bertajuk 'Eterotopia' di Museum Daelim, Seoul, Korea Selatan.




    (Baca Juga: Dua Gaya Stylish Jun Ji Hyun Untuk Dicontek)


    Dikurasi oleh Myriam Ben Salah, ekshibisi ini mengemukakan kemungkinan definisi baru bagi "ruang lain", yakni sebuah tempat untuk membangun masa depan yang diidamkan, dengan cara baru untuk manusia berhubungan dengan satu sama lain dan dengan lingkungan sekitarnya. 


    Konsep ini meletakkan dasar untuk perspektif baru tentang tindakan "kebersamaan" ketika tidak menjadi entitas tunggal. Setiap proyek dikaitkan secara tematis dengan ide ruang alternatif sebagai tempat utopis di mana untuk mengatur narasi pemberdayaan baru, tinggal pada pemahaman keberbedaan, eksplorasi identitas minoritas, dan politik queer.


    (IU di ekshibisi 'No Space, Just A Place' Gucci. Foto: Dok. Graha Citra Prima)


    Sejumlah art space independen diundang untuk berpartisipasi. Beberapa di antaranya adalah Audio Visual Pavilion, Boan1942, d/p, Hapjungjigu, OF, Post Territory Ujeongguk, space illi, Space One, Tastehouse, dan White Noise. Mereka memamerkan proyek disusun oleh timnya masing-masing dan telah dibicarakan bersama sang kurator, termasuk karya dari satu atau lebih seniman yang mereka dukung atau representasikan.


    Contohnya adalah Boan1942 yang membawa instalasi Psychedelic Nature karya seniman Sungsil Ryu. Instalasi tersebut berfokus pada takhayul sekuler dan narasi fiktif yang menghubungkan manusia dengan alam.


    (Kai Exo di ekshibisi 'No Space, Just A Place' Gucci. Foto: Dok. Graha Citra Prima)


    Ada juga Post Territory Ujeongguk yang menampilkan Lunar Real Estate karya Kang Woohyeok. Melalui karya tersebut, sang seniman memproyeksikan dirinya ke bulan dan kemungkinan untuk memiliki tanah, yang menggambarkan kebutuhan penting di Seoul dan wilayah terdekatnya. Sang seniman menggunakan tanah imajinasi ini di luar angkasa untuk mengeksplorasi hubungan ambivalen antara yang nyata dan virtual, mungkin dan tidak mungkin, harta dan apa kami bermimpi memiliki.


    (IU di ekshibisi 'No Space, Just A Place' Gucci. Foto: Dok. Graha Citra Prima)


    Sementara itu, Secret of Longevity yang dibawa oleh White Noise merefleksikan bagaimana cara menciptakan ulang identitas seorang seniman melalui kolaborasi. Misalnya Dans ta chambre yang berkolaborasi dengan Joohye Moon yang menghadirkan instalasi berdasarkan interaksi antara bagian dalam dan bagian luar layar, ruang realitas dan ruang virtualitas.


    (Kai Exo di ekshibisi 'No Space, Just A Place' Gucci. Foto: Dok. Graha Citra Prima)


    Sejak dibuka pada 17 April lalu, ekshibisi ini telah dikunjungi oleh banyak orang, termasuk para artis k-pop yang juga menjadi brand ambassador Gucci, yaitu IU dan Kai Exo.


    Mereka tentunya tampil cantik dan keren dalam balutan koleksi Gucci. IU memakai kemeja dan celana panjang berwarna biru muda, lengkap dengan tas top handle Gucci Horsebit 1955 yang ikonis. Sedangkan Kai Exo mengenakan kemeja, coat dan celana jeans dengan desain grafis bertuliskan Gucci di bagian bawah.


    Tak hanya sekadar datang dan berfoto-foto saja, mereka juga memerhatikan karya seni dengan seksama. Baik karya seni dalam bentuk instalasi, lukisan, maupun video yang membutuhkan headset umum untuk mendengarkannya.


    (Baca Juga: 5 Gaya OOTD Agar Pasangan Terlihat Keren Seperti Lee Min Ho)


    Ekshibisi  'No Space, Just A Place' yang bertajuk 'Eterotopia' di Museum Daelim Seoul masih dibuka dan bisa dikunjungi hingga 12 Juli 2020.