Ini Alasan Kamu Masih Betah Menjomblo


  • Ini Alasan Kamu Masih Betah Menjomblo
    Betah menjadi single dan dalam kesendirian bukannya tanpa alasan. Cek salah satunya di sini. (Foto: Dok. Pexels/cottonbro)

    Banyak orang yang merasa bahwa status single atau jomblo adalah hal yang menyedihkan dan tidak menyenangkan. Namun, tak sedikit juga orang yang justru merasa betah dengan status single atau jomblonya. Sebenarnya ada banyak alasan di balik hal ini. Kalau kamu salah satunya, mungkin alasanmu bisa ditemukan di sini.


    1. Pengaruh orang tua

    Kehidupan sosial kita dimulai dari rumah, yakni dari kasih sayang orang tua. Menurut ahli, cara seseorang berinteraksi sosial untuk pertama kali sangat dipengaruhi dari cara keluarganya berkomunikasi. Singkatnya, kalau orang tuamu selalu memberikan dukungan emosional secara konsisten, kamu pun akan tumbuh jadi sosok yang percaya diri, mudah percaya, dan sangat nyaman dengan keintiman.


    Namun, kalau orang tuamu justru membesarkan dengan cara overprotective atau istilahnya helicopter parenting, ada kecenderungan kamu jadi pribadi yang insecure. Nah, rasa insecure inilah yang kemudian membuatmu betah menjadi single.


    2. Lebih sensitif

    Beberapa tokoh dunia seperti Ludwig van Beethoven dan Isaac Newton justru memutuskan untuk tidak menikah atau jomblo selamanya karena terlalu fokus pada impiannya. Menurut peneliti dari Brooking Institution, orang yang pintar cenderung lebih senang menyendiri dan tak merasa nyaman saat berada di keramaian. Kepintaran ini juga yang akhirnya menimbulkan banyak pertimbangan di benak mereka dalam memulai hubungan. 


    (Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Bermimpi Pasangan Selingkuh!)


    3. Masih dibayangi mantan

    Ini adalah salah satu alasan paling umum. Mungkin kamu enggak bisa move on dari mantan, meski ternyata ia sudah berada dalam hubungan yang serius dengan kekasih barunya. Hal ini sebenarnya hanya akan menyulitkanmu di masa depan karena tak bisa keluar dari masa lalu. Ingat, hiduplah untuk masa depan, jangan biarkan kenangan menahanmu di masa lalu.


    4. Punya trauma mendalam

    Poin ini sebenarnya bisa juga berlanjut dari alasan di atas. Kamu pernah memulai sebuah hubungan namun sayangnya tak dapat berakhir baik, hingga menimbulkan trauma sangat dalam di dirimu. Wajar banget kalau hal ini ternyata membuatmu berpikir seribu kali sebelum memulai hubungan baru. 


    Bapak Ilmu Psikologi, Sigmun Freud, menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami trauma akan mengalami pengulangan gambar lewat mimpi, sehingga sangat wajar jika ia tak bisa melangkah ke depan atau keluar dari trauma tersebut. 


    (Baca Juga: Aktivitas Yang Hanya Bisa Dilakukan Oleh Para Jomblo)


    5. Stigma

    Mayoritas pandangan yang ada di Indonesia melihat pria harus memulai hubungan lebih dulu, bukan wanita. Bukan hal baru jika wanita yang memulai lebih dulu akan dicap agresif, maka cara paling "aman" bagi wanita adalah untuk menunggu. Tentunya hal ini akan jadi alasan lain mengapa seseorang betah menyandang status single alias jomblo. 


    Inilah 5 alasan paling umum mengapa kamu masih betah single. Pada akhirnya, yang menentukan kebahagiaanmu adalah dirimu sendiri, baik itu sendiri atau dengan pasangan.