Ketahui 5 Kebiasaan Yang Buat Pasangan Menjauh Darimu


  • Ketahui 5 Kebiasaan Yang Buat Pasangan Menjauh Darimu
    Berikut kebiasaanmu yang bisa buat pasangan menjauhimu (Foto:Dok/Pexels/Vera Arsic)


    Apakah saat ini kamu merasa pasanganmu perlahan menjauh darimu? Atau perhatiannya yang secara bertahap tak lagi kamu rasakan? Hal ini bisa jadi tanda bahwa kekasihmu sedang mencoba menjauh darimu.


    Meski kamu dan pasangan memiliki rasa cinta dan sayang, namun kebiasaan toxic yang hadir bisa jadi pemicu keretakan dalam hubunganmu. Seperti komunikasi yang tidak lancar, perdebatan yang terus hadir dan tak kunjung selesai dengan adil, terlalu banyaknya kritik bisa jadi faktor utama hal ini terjadi. Selain itu, berikut kebiasaan lainnya yang bisa jadi dorongan pasanganmu menjauh darimu.


    (Baca Juga: Tips Menghadapi Pasangan Yang Suka Mengeluh)


    1. Terlalu banyak kritik

    Kebanyakan mengkritik pasanganmu baik sifat atau caranya bekerja bisa jadi salah satu sebab pasanganmu menjauh. Hal ini dikarenakan perasaannya yang terus menerus tak mendapat dukungan darimu. Alhasil, emosinya tak bisa lagi terkendali.


    Oleh sebabnya, jika mungkin ada ketidak cocokanmu dengan pasangan, kamu bisa melakukan komunikasi dengan tenang, sambil memberinya contoh untuk mengubahnya. Tak lupa juga untuk memberikan dukungan agar ia lebih semangat memperbaiki diri. 


    2. Komunikasi tidak lancar

    Di saat salah satu di antara kamu dan pasangan memiliki kekuatan komunikasi tentang perasaan, hal ini bisa membuat ketidak stabilan dalam berpendapat atau memacahkan suatu masalah. 


    Pasangan yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya atau berkomunikasi dengan lancar, meskipun benar, bisa membuatnya merasa bersalah dan cenderung memilih menarik diri dibandingkan mengungkapkan perasaannya. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?


    Jika kamu berada diposisi cenderung berkomunikasi aktif, ada baiknya untuk menanyakan pendapat pasanganmu mengenai masalah yang sedang kalian hadapi. Langkah ini bisa membuatnya merasa dihargai dan didengarkan. Tapi, jika kamu berada di posisi sebaliknya, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dirimu bahwa kamu memiliki hak untuk didengar. 


    (Baca Juga: Mimpi Buruk Tentang Pasangan? Ini Pengaruhnya bagi Anda)


    3. Kurang berempati pada emosi

    Salah satu alasan lain yang buat pasanganmu yang mungkin menjauh adalah kurangnya empati dan kasih sayangmu saat ia berada dalam tekanan emosional.


    Setiap pasangan memiliki harapan untuk mendapatkan dukungan saat ia gagal dalam menyelesaikan sesuatu ataupun sedang dihadapi masalah di luar hubungan dengan kekasihnya. Oleh sebabnya, penting untuk mengendalikan emosimu saat kekasihmu mungkin sedang berada di masa sulit. Berikan semangat dan dengarkan dia. Meskipun sederhana, hal ini bisa sangat menenangkannya. 


    4. Mengabaikan keluhannya

    Sebagaimana memberikan terlalu banyak keluhan bisa jadi masalah, begitu juga dengan mengabaikan keluhan pasanganmu juga memicu keretakan hubunganmu dengan si dia. Bahkan, hal ini bisa membuatnya lebih cepat pergi darimu.


    Saling mendengarkan adalah kunci utama agar hubungan bisa berjalan dengan lancar dan sampai ke tujuan yang diinginkan. Kamu bisa melatih diri agar bisa menjadi pendengar yang baik. Tak ada salahnya untuk mendengarkan keinginan pasanganmu agar kamu bisa lebih dicintai. 


    5. Terlalu memanfaatkan teknologi

    Bagaimanapun keintiman dan sentuhan diperlukan untuk menguatkan satu sama lain. Cara ini juga jadi kunci agar hubungan bertahan lama dan cinta semakin erat. Tapi, jika kamu lebih sering memanfaatkan kecanggihan teknologi, pasanganmu bisa perlahan menjauh darimu.


    Keseringan melihat ke layar handphone saat bersamanya pun juga bisa jadi alasan pasanganmu angkat kaki dalam hubnganmu. Oleh sebabnya, buatlah jadwal khusus untuk bertemu dan berkomunikasi tanpa gadget. Langkah ini bisa mempererat hubunganmu dengan si dia.


    Itu dia sejumlah kebiasaan yang bisa membuat pasangan menjauh darimu.