Lakukan 6 Cara Mudah Ini Untuk Perbaiki Jam Tidur


  • Lakukan 6 Cara Mudah Ini Untuk Perbaiki Jam Tidur
    Cara mudah atasi insomnia atau sulit tidur. (Foto:Dok.Pexels/Ivan)


    Pola tidur yang baik adalah kunci utama tubuh bisa beraktivitas dengan maksimal. Sehingga jika kurang atau bahkan berlebih bisa berdampak pada kegiatan sehari-hari.

    Melansir laman Healthline, waktu yang normal untuk tidur di malam hari adalah 7-8 jam. Lalu bagaimana cara memperbaikinya jika kamu terlanjur memiliki jam tidur yang berantakan atau insomnia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki pola tidur.



    (Baca Juga:6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam)


    1. Perhatikan cahaya

    Mematikan lampu tidur salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar mudah tertidur di malam hari. Langkah ini membantu tubuh untuk memprodukti hormon melatonin yang meningkatkan rasa kantuk. Oleh sebabnya, cobalah jauhkan cahaya seperti handphone, laptop, lampu tidur dan lainnya saat kamu ingin memperbaiki waktu tidurmu.


    2. Olahraga

    Olahraga ringan sebelum tidur membantu tubuh melepas stres yang selama ini buat sulit tidur. Sehingga saat hormon kortisol berkurang, tubuh akan lebih mudah untuk terlelap.

    Cobalah luangkan waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk olahraga ringan seperti yoga, stretching, dan meditasi. Selain membuat tenang, olahraga ini juga bisa membantumu fokus bekerja di pagi hari.


    3. Hindari tidur siang

    Jika waktu tidurmu telah berantakan, ada baiknya untuk menghindari tidur di siang hari. Langkah ini justru buatmu semakin terjaga di siang hari.

    Namun jika memang kamu sangat membutuhkannya, berikanlah waktu 15-30 menit untuk itu. Dan hindari pula tidur setelah pukul tiga sore.


    4. Jangan memaksa

    Memaksakan mata untuk terlelap hanya membuatnya semakin terjaga. Hal ini karena tubuh akan terasa tegang dan pikiran ikut memikirkannya.

    "Jika Anda mencoba memaksanya, semakin banyak hal itu tidak akan terjadi," jelas Shelby Harris, Direktur Behavioral Sleep Medicine di Montefiore Medical Center.

    "Yang Anda lakukan hanyalah membuat tubuh Anda lebih tegang dan semakin banyak Anda memikirkannya, dan itu tidak terjadi." tambahnya.


    5. Hindari Jam dan handphone

    Di saat kamu berhasil untuk tertidur, kemudian terbangun di tengah malam, janganlah kamu melihat handphone atau mencari tahu jam saat itu. Hal ini bisa membuatmu berfikir beberapa jam lagi waktumu untuk bangun dan memulai aktivitas. Dampaknya, waktu tidurmu bisa berkurang dan tidak maksimal.


    6. Konsisten waktu bangun dan tidur

    Menjaga waktu dan bangun tidur jadi hal penting untuk mengembalikan pola tidur yang baik. Buatlah jadwal tidurmu setiap hari. Jalani dengan konsisten agar tidur lebih berkualitas.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below