Koleksi Mary Jane Cantik Charles & Keith X Cecilie Bahnsen


  • Koleksi Mary Jane Cantik Charles & Keith X Cecilie Bahnsen
    Charles & Keith berkolaborasi dengan desainer asal Copenhagen, Cecilie Bahnsen. (Foto: Dok. Charles & Keith)


    Nama Cecilie Bahnsen mungkin masih belum dikenali oleh banyak orang Indonesia. Namun ia adalah salah satu perancang busana ternama asal Copenhagen. Gaya khas yang unik dan feminin membuat Cecilie dikenal di industri mode.

    Rancangannya tak lekang oleh waktu dan santai namun tetap memiliki detail yang menawan. Tak heran jika koleksinya berada di antara ready-to-wear dan haute couture. Sebelum kembali ke Copenhagen dan meluncurkan label miliknya sendiri di tahun 2015, ia menyelesaikan studi di Royal College of Art di London dan bekerja di beberapa rumah mode berbasis couture di Paris.



    (Baca juga: 11 Gaya Artis Dan Influencers Memakai Sepatu Tread Slick)

    Label alas kaki dan aksesori Charles & Keith pun mengajaknya untuk bekerja sama dalam menghadirkan koleksi kolaborasi eksklusif. Kolaborasi ini  terdiri dari beberapa koleksi sepatu yang  terinspirasi dari pakaian sekolah tradisional, yang mana merupakan salah satu pengulangan tema dari rangkaian hasil kerja Cecilie.

    Ada empat desain klasik yang di intrepetasi oleh Cecilie di koleksi ini. Setiap pasang sepatu diberikan gaya andalannya yang bernuansa couture dengan elegan sebagai sentuhan akhir. 

    “Saya selalu menyukai bentuk seragam sekolah. Sepertinya hal ini bisa menjelaskan alasan dibalik ketertarikan saya yang mendalam dengan jenis sepatu Mary Jane di koleksi Charles & Keith ini. Jenis sepatu ini merupakan jenis sepatu sekolah perempuan, namun ada kombinasi maskulin dan feminin yang selalu saya cari dalam memilih sepatu. Melihat dari sejarah, jenis sepatu Mary Jane sebenarnya bukan hanya untuk perempuan. Pada awal abad ke 20, anak laki-laki pun mengenakannya," ujar Cecilie Bahnsen.



    Ia menambahkan, "Tim kami bekerja sama untuk menciptakan design yang sangat feminin, lebih ke arah sepatu untuk wanita elegan dibandingkan dengan rangkaian sepatu yang pernah kami produksi sebelumnya, dengan menambahkan material patchwork dan bordir tangan."

    Kombinasi maskulin dan feminin di rancangan sepatu Mary Jane yang klasik ini yang memunculkan kepekaan kreatif sang desainer. Untuk menampilkan kesan yang ultra feminin, Charles & Ketih mengkombinasi desain klasik dengan sentuhan artistik khas Cecilie sehingga menghasilkan karya yang unik.

    Cecilie juga mengatakan, "Saya rasa kombinasi bentuk klasik Charles  & Keith dengan sentuhan kami merupakan kombinasi yang sangat menawan. Menarik sekali mengenai bagaimana kami dapat menerjemahkan karya kami ke dalam sepatu. Hal ini seperti merubah bentuk gaun kami ke dalam bentuk sepatu,” ucap Cecilie Bahnsen pada wawancara mengenai inspirasi dibalik kolaborasi ekslusif ini. 

    (Baca juga: Louis Vuitton Meluncurkan Tas Pont 9 Yang Chic Ala Parisian)

    Koleksi ini dibuat dengan ramah lingkungan menggukan proses zero-waste dan daur ulang. Rangkaian bahan patchwork unik yang terdapat di koleksi ini merupakan hasil dari bahan upcycle dari koleksi Bahnsen yang sebelumnya. Sedangkan untuk bahan border quilt yang dibuat dengan jahitan tangan merupakan hasil bahan satin daur ulang yang di produksi oleh Charles & Keith.

    Koleksi kolaborasi Charles & Keith dan Cecilie Bahnsen sudah bisa didapatkan secara eksklusif di www.charleskeith.com.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below