Kolaborasi Purana Dan Taja Sukarya Untuk Koleksi Resort 2020


  • Kolaborasi Purana Dan Taja Sukarya Untuk Koleksi Resort 2020
    Purana menghadirkan koleksi resort 2020 yang dirancang bersama Taja Sukarya. (Foto: Dok. Purana)


    Warna biru dan hijau olive yang elegan adalah warna utama untuk koleksi resort 2020 Purana yang belum lama ini dihadirkan oleh label asli Indonesia tersebut.

    Kedua warna tersebut juga melambangkan pengharapan. Biru untuk ketenangan dan harmoni, sedangkan hijau olive untuk kedamaian dan belas kasih kemanusiaan. Perlambang ini diharapkan membawa pesan positif di tengah situasi dunia yang mengkhawatirkan.



    (Baca juga: Kreasi Unik 'Alat Pelindung Diri' dari Para Desainer)

    Direktur Kreatif Purana, Nonita Respati, mengungkapkan, "Menurut pengalaman kami, dua warna itu mudah menarik pembeli karena bersifat netral bagi wanita Indonesia yang warna kulitnya bervariasi dari putih hingga kuning langsat dan sawo matang."

    Koleksi ini memiliki daya pakai tinggi untuk banyak kesempatan di segala musim yang telah menjadi ciri khas dari setiap kreasi Purana. Mulai dari short getaway ke pantai, akhir pekan urban yang penuh relaksasi hingga pelarian singkat di kapal pesiar.

    Melalui koleksi resort 2020, Purana juga menunjukkan konsistensi dalam budaya kolaborasi. Kali ini mereka menggandeng desainer grafis Taja Sukarya yang terkenal dengan karya ilustrasinya serta telah menerbitkan graphic novella dan buku untuk anak-anak yang ia tulis dan gambar sendiri cerita serta ilustrasinya.

    Menggunakan satu motif kreasi Taja, Purana menghasilkan sekitar 15 jenis busana yang antara lain terdiri dari jumpsuit, dress yang bisa menjadi outerwear, vest, atasan yang bisa menjadi outer, two-ways kimono outer dan celana.

    Setiap produk menganut ciri khas Purana yang mudah dipadu-padankan baik dengan item lain dari koleksi yang sama atau busana lama yang sudah dimiliki pemakainya.

    “Kami melihat work reference Taja dan terpaku pada satu motif yang menurut kami sangat atraktif,” ujar Nonita. Ia dan Taja pun memodifikasi motif tersebut dan menjadikannya seolah terlihat mengambil inspirasi dari kebudayaan Aztec. Motif yang abstrak, sarat dengan estetika grafis simbolik itu pun segera menambah kosakata dalam koleksi Purana.



    Dengan gaya pakai tinggi, koleksi ini bisa dipakai oleh wanita yang mengenakan jilbab ataupun tidak. Potongan umumnya longgar dengan beberapa item tersedia dalam ukuran free size, sementara untuk produk tertentu seperti celana tersedia dalam ukuran SM dan ML.

    “Purana banyak membuat busana modest yang menutupi sebagian besar tubuh. Kalau pun ada beberapa item yang tidak menutupi seluruh lengan, misalnya, bisa disiasati dengan pemakaian manset atau layering dengan kemeja. Tergantung dari apakah Anda ingin dress up atau dress down, dan bagaimana karakter pribadi Anda,” kata Nonita.

    (Baca juga: Inspirasi Teknik Quilting Korea Di Koleksi Terbaru Kami)

    Berkat rancangan yang sengaja didesain serbaguna, koleksi ini memiliki nilai investasi fashion yang tinggi, bahkan di tengah keadaan yang serba sulit sebagai dampak pandemi Covid-19.

    Ia mengisahkan bahwa proses produksi untuk koleksi ini telah berjalan dan selesai sebelum dunia mendeklarasikan situasi gawat Covid-19. Sedangkan peluncuran koleksi ini adalah bagian dari upayanya menjaga kredibilitas citra perusahaan dan terus memberdayakan pekerja.

    Koleksi resort 2020 Purana tidak diluncurkan melalui peragaan busana seperti biasanya, namun melalui Indonesia Digital Fashion Stream karena sedang diadakannya pembatasan sosial berskala besar. Presentasi ditampilkan menggunakan sebuah video, disertai dengan penjelasan langsung mengenai koleksi tersebut dari sang direktur kreatif.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below