Sudah Tahu? Ini 5 Penyebab Ketombe Pada Rambut


  • Sudah Tahu? Ini 5 Penyebab Ketombe Pada Rambut
    Ketombe bukanlah suatu kondisi yang serius atau menular dan dapat dialami oleh hampir semua orang di segala usia, baik pria atau wanita. (Foto: Dok. Daria Shevtsova / Pexels)

    Ketombe adalah suatu kondisi umum pada kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit berukuran cukup besar berwarna putih atau kekuningan, yang sering disertai dengan rasa gatal dan kulit kepala berminyak. Kondisi ini dapat dialami oleh hampir semua orang di segala usia, baik pria atau wanita. Meskipun bukanlah suatu kondisi yang serius atau menular, namun ketombe tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe pada kulit kepala. Apa saja? Berikut ini beberapa penyebab ketombe patut kamu ketahui. Simak pemaparannya!


    1. Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Tidak Sesuai




    Penggunaan produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dapat mengakibatkan alergi dan memicu munculnya ketombe. Dikutip dari Medical News Today, menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok dapat memicu kulit kepala merah, gatal, dan bersisik, kemudian memicu munculnya ketombe. Selain itu, terlalu sering menggunakan produk penata rambut juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, pastikan produk yang kamu gunakan cocok dan sesuai dengan kebutuhan ya. 


    (Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Ketombe)


    2. Diet yang Salah


    Dikutip dari Medical News Today, menjalani program diet yang kurang tepat, tanpa pengawasan ahlinya dapat membuat kamu kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan seperti seng, vitamin B, dan beberapa jenis lemak. Akibatnya, hal ini dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe. 


    3. Stres


    Penyebab ketombe berikutnya yaitu tingginya tingkat stres. Stres diketahui dapat memicu atau bahkan memperburuk kondisi ketombe bagi beberapa orang. Mengapa demikian? Ini karena tingginya tingkat stres dapat mengakibatkan adanya perubahan hormon yang menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga membuat kulit kepala berminyak. Kondisi kulit kepala seperti ini dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe. 


    4. Mengalami Penyakit Tertentu: Dermatitis Seboroik


    Diambil dari Medical News Today, orang yang memiliki penyakit kulit tertentu seperti dermatitis seboroik dapat menyebabkan kulit kepala memproduksi minyak berlebih dan bersisik, sehingga meningkatkan risiko munculnya ketombe. 


    Dermatitis seboroik disebabkan oleh Malassezia, yakni jamur yang biasanya hidup pada kulit kepala dan memakan minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut. Nah, bagi beberapa orang hal ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi dan menghasilkan sel-sel kulit tambahan. Ketika sel-sel kulit tambahan ini mati dan rontok, kemudian akan bercampur dengan minyak dari rambut dan kulit kepala sehingga membentuk ketombe.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil Yang Bermanfaat Untuk Rambut)


    5. Tidak Menyisir Rambut


    Mengapa menyisir rambut dapat membantu mengurangi risiko munculnya ketombe? Ini karena saat menyisir rambut secara teratur dapat membantu shedding atau peluruhan kulit mati di kepala.


    Itulah lima penyebab munculnya ketombe yang patut kamu ketahui. Untuk mengatasi dan mencegah munculnya ketombe, kamu dianjurkan untuk membersihkan rambut setidaknya dua hari sekali menggunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih dan mengatasi masalah ketombe. Selain itu, kamu juga perlu untuk mengatur tingkat stres dan tidak lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below