Lebaran 2020: Silaturahmi Virtual dan Viral Iklan Khong Guan


  • Lebaran 2020: Silaturahmi Virtual dan Viral Iklan Khong Guan
    Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020 pada Minggu (24/5). Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. (Foto: Dok/EdwardJenner/pexels.com)

    Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Idul Fitri atau Lebaran 2020 berlangsung berbarengan dengan masa pandemi virus corona (covid19). Setiap orang berada di rumah saja sebagai upaya memutus penyebaran virus.  

    Jatuh pada Minggu (24/5), salat Idul Fitri yang biasanya digelar berjamaah di masjid pun dianjurkan untuk beralih di rumah saja. Saling bersilaturahmi ke rumah-rumah pun ditiadakan diganti dengan panggilan video atau virtual.  Pemerintah pun melarang mudik atau tradisi pulang ke kampung halaman yang biasa terjadi kala Lebaran datang. Cuti bersama yang biasanya diberikan sebelum dan sesudah Idul Fitri pun bergeser menjadi akhir tahun.  



    Berbagai perubahan itu diikuti juga dengan hal lain yang membuat pengalaman Lebaran tahun ini jauh berbeda. Kartu ucapan selamat menjadi pengganti diri dan bisa dibuat di berbagai aplikasi online, pantun lebaran hingga iklan selamat hari raya idul fitri pun menjadi viral, seperti yang dibuat Khong Guan.  

    Sembari menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah di momen lebaran kali ini, berikut beberapa hal seputar perayaan hari raya idul fitri 1441 H tahun ini yang menarik untuk diketahui.  

    (Baca juga:  6 Aplikasi Desain Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 2020) 


    Penyesuaian hari Lebaran

    Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Minggu (24/5). Ini diikuti dengan kebijakan cuti bersama yang awalnya pada 26-29 Mei 2020 bergeser menjadi 28-31 Desember 2020. Ini dilakukan untuk mencegah tersebarnya virus corona di Indonesia. Seiring itu, pemerintah juga menganjurkan dan melarang mudik ke kampung halaman. Jakarta memberlakukan dan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 4 Juni mendatang.  


    Silaturahmi Virtual  


    (Foto: Dok/mentatdgt//pexels.com)


    Dengan anjuran di rumah saja, silaturahmi atau saling berkunjung ke rumah kerabat pun juga kemudian ditiadakan. Sebagai gantinya, silaturahmi berjalan lewat panggilan video online atau virtual. Selain lewat aplikasi WhatsApp, kini juga populer Zoom yang memungkinkan silaturahmi berlangsung dengan banyak orang sekaligus.  


    Ragam ucapan hari raya  

    Kartu ucapan selamat hari raya atau Lebaran juga turut bergeser menjadi versi online. Setiap orang dengan mudah kini membuatnya lewat beragam aplikasi, dari mulai Canva, Nichi, Picsart, MuslimPro, dan lainnya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan disesuaikan pada siapa kartu tersebut ditujukan. Cek lebih jauh caranya di sini. 


    Ramai pantun lebaran  

    Tak hanya ucapan selamat hari raya biasa, pantun pun turut menjadi ramai sebagai penyampai pesan. Beberapa diantaranya cukup unik dan menggelitik. Kreativitas tanpa batas akan ragam pantun ini membuat perayaan Idul Fitri menjadi lebih riuh. Seperti ucapan berikut: "Jika jemari tak sempat berjabat / Jika ada kata menusuk hati/ Semoga pintu maaf masih terbuka/ Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri."


    Ucapan Selamat online


    Ucapan Selamat Idul Fitri juga ramai disampaikan via media sosial, seperti Twitter dan Instagram. Tak hanya lewat kartu, tapi juga video. Penyampaian selamat langsung ini cukup menarik dan ramai dilakukan termasuk para kepala negara, dan publik figur. 


    THR Cashless

    Tunjangan Hari Raya (THR) atau uang Lebaran kini bisa diberikan via transfer atau cashless. Apalagi dengan makin banyaknya alat bayar seperti OVO, Gopay, ShopeePay dan lainnya. Pemanfaatan media online menjadi lebih ramai seiring upaya memutus penyebaran virus corona lewat aksi di rumah saja. 


    Salat Idul Fitri Streaming




    Masjid terbesar Istiqlal meniadakan jadwal tahunan salat Ied. Sembari salat di rumah saja, publik dapat mengakses dan mengikuti live streamingnya lewat beberapa situs online, diantaranya disiarkan langsung KompasTV. Sejumlah masjid dan tempat ibadah lainnya di berbagai daerah Indonesia juga turut menyiarkan streaming. 


    Masker sebagai item baru

    Tak hanya abaya dan kaftan, masker kini juga masuk jadi item fashion baru yang wajib ada di momen Lebaran tahun ini. Beberapa desainer dan label pun berkreasi membuat masker yang modis lewat desain, bahan ataupun motifnya. Padupadan warna atau motif senada dengan busana bisa jadi pilihan untuk tampil modis.  

    Viral iklan Khong Guan  


    Menangkap situasi yang kini terjadi di masyarakat, iklan kartun Khong Guan mencuri perhatian publik dan viral di media sosial. Iklan ini mengisahkan bagaimana kondisi pandemi virus corona turut berdampak pada perayaan hari raya idul fitri dan membuat orang saling terhubung dengan silaturahmi virtual. Secara visual menghibur, pesan pun tersampaikan.