Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Perbaiki Jam Tidur


  • Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Perbaiki Jam Tidur
    Jam tidur yang berantakan saat work from home bisa jadi karena makan yang tidak dijaga. Hindarilah asupan ini jika ingin perbaiki jam tidur. (Foto: Dok. Unsplash/Kinga)


    Selama work from home, selain merasa bosan, masalah lain yang kerap timbul adalah jam tidur yang mulai berantakan. Dampaknya, konsentrasi berkurang dan merasa kantuk di jam kerja. Kamu salah satunya?

    Padahal, tidur yang cukup jadi salah satunya yang dianjurkan untuk menjaga sistem imun tubuh agar terhindari dari penyakit berbahaya. Hal ini pun erat hubungannya dengan asupan makanan serta minuman sehari-hari.



    Jika kamu merasa susah tidur saat malam hari, ada baiknya kamu memperhatikan asupan apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuhmu. Patut diketahui juga, beberapa makanan dan minuman ada baiknya untuk dihindari apabila ingin memiliki kualitas tidur yang baik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya. 

    (Baca Juga: 6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam)


    1. Alkohol

    Melansir WebMD, 27 studi menemukan bahwa mengonsumsi alkohol sebelum tidur justru bisa memperburuk kualitasnya. Bahkan hal ini bisa meningkatkan REM saat terlelap.

    "Alkohol terlihat membantu Anda tidur, karena dapat mendorong tidur. Tetapi secara keseluruhan lebih mengganggu tidur, terutama pada paruh kedua malam itu," kata peneliti Irshaad Ebrahim direktur medis di The London Sleep Centre di Inggris.

    "Alkohol juga menekan pernafasan dan dapat memicu sleep apnea," jelasnya.


    2. Makanan dan minuman manis

    The American Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan bahwa makanan dan minuman tinggi gula bisa berpengaruh pada kualitas tidur. Hal ini dikarenakan asupan dengan kandungan gula terlalu tinggi bisa meningkatkan kadar gula yang buat sulit tidur.

    Beberapa makanan dan minuman yang tinggi akan rasa manis seperti roti, nasi, gula, soda dan cokelat. Jika kamu penggemar dari deretan itu, ada baiknya segera beralih ke asupan yang lebih bernutrisi.


    3. Pedas

    Sejumlah peneliti menemukan ketika tubuh menerima asupan dengan rasa yang pedas, bisa menyebabkan perubahan suhu. Dampaknya, kamu menjadi lebih sulit untuk tidur sebagaimana dikutip dari laman New York Times.

    Jika kamu ingin memperbaiki jam tidur, menjauhi makanan yang terasa pedas adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Terutama waktu menyantapnya, hindarilah mengonsumsinya saat malam hari.

    (Baca Juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur!)


    4. Kafein

    Makanan atau minuman yang mengandung kafein salah satunya yang harus dihindari saat ingin memperbaiki jam tidur. Sebuah jurnal dari Journal of Clinical Sleep Medicine, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kafein bisa mengurangi kualitas tidur, bahkan hingga 1 jam lamanya.

    Christopher Drake, profesor psikiatri dan neurosains di Wayne State University di Detroit, MI, juga mengatakan bahwa, minum kopi setelah pulang kerja juga bisa berdampak pada jam tidur.

    "Meminum secangkir kopi dalam perjalanan pulang kerja dapat menyebabkan efek negatif pada tidur, sama seperti seseorang mengonsumsi kafein lebih dekat dengan waktu tidur," ujarnya dikutip dari Medical News Today,

    Jika kamu salah satu penggemar kopi, oleh sebabnya batasi minuman berkafein. Hentikan asupan dengan kandungan ini pukul 5 sore. 


    5. Berlemak

    Siapa bilang makanan tidak bisa memengaruhi perasaanmu? Makanan yang menganduk lemak tinggi bisa memengaruhi jadwal tidurmu. Bahkan, tak jarang buatmu terjaga sepanjang malam. 

    Seorang instruktur neurologi di Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern, Kelly Glazer Baron menemukan bahwa adanya hubungan antara makanan berlemak dengan tidur. Di saat mengonsumsinya di malam hari, hal ini bisa memengaruhi ritme sirkadian untuk bisa tidur tepat waktu dan nyenyak.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below