Tampil Modis Lewat Berbagai Gaya Hijab Pashmina


  • Tampil Modis Lewat Berbagai Gaya Hijab Pashmina
    Dari beberapa bahan pilihan untuk hijab, pashmina dapat dikatakan sebagai salah satu yang jadi favorit saat ini. Cek beberapa gaya pilihan. (Foto: Dok/Aldopicaso/Pexels.com)


    Dari beberapa bahan pilihan untuk hijab, pashmina dapat dikatakan sebagai salah satu yang jadi favorit saat ini. Di samping mudah dikenakan dan praktis, hijab pashmina bisa ditata dengan berbagai gaya sehingga membuat tampilan menjadi lebih modis. 



    Seiring dengan itu, pashmina juga menjadi satu dari empat pilihan tren hijab tahun ini, selain hijab segi empat polos, segi empat bermotif atau khimar syari.  

    Bahannya yang adem juga menjadi andalan buat pashmina. Melihat minat publik yang besar terhadapnya, pashmina kini juga mulai menjadi perhatian banyak desainer dan sejumlah selebgram hijab untuk dikreasikan lebih variatif.  

    Jika ingin mencoba berbagai gaya untuk Ramadan dan atau Lebaran tahun ini, cek beberapa pilihan hijab pashmina berikut ini.  

    (Baca juga: 23 Inspirasi Gaya Hijab Artis Untuk Lebaran Tahun Ini) 


    Mengenal pashmina

    Sebelum melangkah lebih jauh untuk mengaplikasikan beberapa gaya dengan hijab pashmina, tak ada salahnya mengenal dulu apa itu pashmina. Mengutip sejumlah sumber, pashmina berasal dari bahasa Persia yang berarti kain wool. Bahannya sendiri disebut kashmir, meski ada juga yang dicampur sutra. Bentuknya panjang seperti selendang kerudung dan kadang ada yang bermotif.  

    Seiring perkembangannya, publik kemudian menyebut selendang atau kerudung bahan tertentu sebagai pashmina. Dan saat ini, dari beberapa bahan pashmina yang beredar di pasaran, terdapat beberapa yang populer dan diminati, di antaranya ceruti, diamond dan bubble pop/crepe.  

    Pashmina ceruti berbahan sifon, tapi bisa dibilang lebih unggul dibanding sifon biasa. Bahannya halus dan adem digunakan. Karena terlihat tembus pandang, bahan ini biasanya digunakan bersama inner atau pelapis bagian dalam.

    Pashmina diamond mirip dengan ceruti, tapi agak melar atau lentur bahannya. Permukaannya juga agak sedikit lebih kasar. Sementara, bubble pop/crepe agak mirip dengan diamond, tapi bedanya terasa kasar dan bergelembung sehingga kerap dikira tidak rapi. 

    Dari beberapa gaya hijab pashmina yang bisa dikreasikan, berikut di antaranya:



    1. Gaya lilit



    Dari beberapa kreasi hijab pashmina, gaya lilit memberikan penampilan yang fresh dan juga beda dari lainnya. Salah satu look gaya lilit ini seperti yang ditampilkan Melody Prima lewat akunnya @melodyprima. Untuk gaya modisnya ini, Melody berkolaborasi dengan Arascarf.


    2. Aksen juntai



    Simpel dan mudah diaplikasikan, seperti yang dikreasi Indah Nada Puspita (@indahnadapuspita) dan dibagi dalam salah satu unggahannya via instagram. Caranya hanya dengan membuatnya menjuntai di satu sisi pakaian, dan salah satu sisinya ditarik ke belakang. Sesuaikan kreasi kamu untuk gaya keseharian.


    3. Simpul sisi



    Salah satu yang paling banyak berkreasi lewat hijab pashmina ini yakni Ashry Rizqky Rabani (@ashryrrabani). Gaya simpul sisi menjadi satu dari beberapa pilihan yang disodorkannya, dari beberapa opsi yang kemudian ia bagi lewat tutorial hijab pashmina lewat IG TV dan akun YouTube. Worth to try!


    4. Minimalis



    Bergaya minimalis yang tinggal diikat saja di bagian dagu, lalu tarik satu bagian kiri menyilang ke belakang ala Olivia Findas (@oliviafindas). Simple tapi juga menarik untuk dipraktikkan.


    5. Tambahkan aksesori



    Gaya modis dengan style simple serta tambahkan aksesori seperti jepitan juga tidak ada salahnya, seperti yang dikreasi Yhatni Patuti (@yhatnipatuti) dan dibaginya lewat seri tutorial hijab kreasinya. Bisa juga buat gaya hijab pashmina di hari Lebaran.  


    6. Kreasi jarum dan anting



    Hijab pashmina bisa dikreasikan lewat penempatan jarum dan juga bisa ditambahkan anting jika ingin tampilan lebih variatif, seperti yang dicoba Mumtaz Naylaa (@mumtaznaylaa). Gayanya sederhana dan mudah diaplikasikan.


    7. Bermain warna



    Tak hanya bahan, hijab pashmina kini juga hadir dalam berbagai pilihan corak dan warna. Kamu bisa membuat kreasi dengan berbagai pilihan warna ini yang bisa dipadupadan dengan busana, seperti yang disodorkan Laudya Cynthia Bella lewat label @lbylcb yang dirilisnya.



    Pashmina aneka warna ini juga menjadi perhatian Bunga Citra Lestari yang merilis 19 pilihan warna lewat @rumahbcl. Salah satunya Viola yang berwarna cerah, atau merah Oriental, dan gelap Dove. Pilihan warna memungkinkan untuk berkreasi lebih banyak. 

    Jadi, mana gaya favoritmu? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below