Manfaat Olahraga Saat Menstruasi


  • Manfaat Olahraga Saat Menstruasi
    Olahraga saat menstruasi dapat membantu mengurangi gejala PMS. (Foto:Dok. Elly Fairytale on Pexels)

    Saat menstruasi, kebanyakan perempuan enggan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Bukan tanpa alasan, ketidakinginan itu disebabkan karena terkadang siklus menstruasi dapat memengaruhi kebugaran, mulai dari badan tidak terasa fit, berkurangnya stamina, dan perubahan hormon yang tidak menentu. Padahal kenyataannya, olahraga saat menstruasi dapat membantu mengurangi gejala PMS. Bahkan sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Nursing and Midwifery Research menyebutkan bahwa berolahraga selama delapan minggu rutin dapat mengurangi gejala PMS yang tidak menyenangkan pada siklus menstruasi yang akan datang. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat olahraga saat menstruasi. 


    (Baca Juga: Inilah 4 Olahraga Yang Boleh Dilakukan Saat Menstruasi)




    Meningkatkan Suasana Hati


    Sebagaimana diketahui, perubahan suasana hati dan emosi sering terjadi saat menstruasi. Dikutip dari Healthline, pelatih kekuatan dan pendiri BIRTHFIT, Dr. Lindsey Mathews, mengatakan bahwa melakukan olahraga saat menstruasi dapat membantu meningkatkan suasana hati sekaligus membantu mengurangi kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang disebabkan karena menstruasi. Ditambah lagi, olahraga saat menstruasi dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon yang berperan untuk meningkatkan suasana hati dan benar-benar dapat membuat kamu merasa lebih baik. 


    Mengatasi Kram Haid


    Apakah kamu pernah mengalami kram haid yang terasa sangat menyakitkan? Kondisi semacam ini disebut dengan dismenore. Dismenore adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kram yang terasa sangat menyakitkan yang umumnya terjadi saat sedang menstruasi. Namun, kabar baiknya adalah dengan berolahraga ringan saat menstruasi seperti berjalan kaki santai dapat membantu kamu mengurangi gejala ini.


    (Baca Juga: 5 Aplikasi Siklus Menstruasi Terbaik Untuk Wanita)


    Mengurangi Gejala PMS


    Kelelahan dan perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang menstruasi adalah hal yang umum terjadi. Nah, dengan melakukan olahraga aerobik ringan secara rutin dapat membantu mengurangi gejala ini. Latihan aerobik dengan intensitas yang lebih rendah seperti jogging, sepeda, dan berjalan kaki adalah pilihan olahraga yang tepat saat menstruasi. Olahraga ini dinilai mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. 


    Itulah beberapa manfaat olahraga saat menstruasi. Masa-masa haid atau menstruasi bukanlah alasan untuk tidak melakukan olahraga. Setelah mengetahui manfaatnya, sudah seharusnya menstruasi tidak mencegah kamu untuk berolahraga secara rutin. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below