Stres Dan Cemas Berlebih Selama Di Rumah, Atasi Dengan Ini



  • Kamu merasa lebih stres dan cemas sejak di rumah saja? Tenang, perasaan kamu normal kok. Nah, agar kamu bisa mengurangi rasa cemas berlebih, kamu bisa melakukan beberapa teknik pernapasan secara rutin. Sistem pernapasan manusia merupakan alat yang powerful untuk mengatasi hal-hal ini.

    Teknik pernapasan ini disebut dengan metode "Deep Breathing" dan memang cukup populer untuk mengatasi rasa stres dan cemas. Begini cara melakukan teknik pernapasan yang bisa kamu coba seperti dilansir di laman WebMD.




    (Baca Juga: Cara Mengenali Emosi)


    Pertama, cari posisi yang nyaman. Kamu bisa tidur di kasur dan ganjal kepala dengan bantal. Kalau kamu mau duduk juga boleh, namun pastikan duduk di kursi dengan punggung, leher, dan kepala dalam posisi tegak.

    Lalu, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan penuhi perut dengan udara. Tahan napas selama lima detik, lalu hembuskan napas lewat hidung. Kamu bisa menutup mata agar merasa lebih rileks. Ulangi langkah ini sebanyak 3-5 kali dan lakukan rutin setiap pagi dan sore. Percaya deh, rasa cemas dan stres berlebihmu akan langsung berkurang seketika.


    (Baca Juga: Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi)


    Nah, untuk melihat apakah tarikan napasmu sudah cukup dalam, kamu bisa meletakkan kedua telapak tangan di perut dan dada. Pastikan tangan yang berada di perut lebih rendah dari posisi tangan di dada saat menarik napas dalam. Kalau sudah melewatinya, artinya napasmu sudah cukup dalam.

    Selamat mencoba, ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below