Cara Meredakan Iritasi Kulit Akibat Penggunaan Masker


  • Cara Meredakan Iritasi Kulit Akibat Penggunaan Masker
    Tanpa disadari masker yang kita kenakan setiap saat bisa berdampak bagi kulit. Simak cara meredakan iritasi kulit yang benar untuk mengatasinya. (Foto: Dok. Freepik.com)

    Selain social distancing, pemerintah juga menganjurkan untuk menggunakan masker setiap kali meninggalkan rumah. Baik yang sehat maupun sakit, semuanya harus menggunakan masker untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Ini membuat banyak orang yang masih dituntut untuk kerja di luar rumah, termasuk para tenaga medis, semakin banyak yang mengalami iritasi kulit wajah akibat penggunaan masker terlalu lama. Untuk mencegah kulit semakin rusak, kamu bisa ikuti cara meredakan iritasi kulit yang benar berikut ini. Kamu juga bisa membagikan tipsnya ke orang terdekat yang sekiranya mengalami hal ini.


    #1. Mencuci Wajah Setiap Kali Melepas Makser

    Breakout dapat terjadi ketika bakteri berpindah dari tangan ke wajah, sama halnya dengan ke masker. Inilah mengapa sangat penting untuk mencuci wajah begitu kamu melepaskan makser, terutama bagi pemilik kulit rentan jerawat. Jika tidak memungkinkan mencuci wajah karena sedang di tempat kerja, kamu bisa gunakan micellar water atau tisu basah khusus wajah.




    #2. Keringkan dengan Lembut

    Setelah mencuci wajah, keringkan dengan gerakan menepuk-nepuk lembut, bukan menggosok. Gesekan dapat membuat kulit kamu yang sedang sensitif menjadi semakin teriritasi.


    #3. Minimalisir Penggunaan Makeup

    Untuk menurunkan risiko kulit iritasi, pastikan kulit wajah dalam kondisi sebersih mungkin. Kalau bisa, hindari penggunaan makeup karena pori-pori akan semakin sulit “bernapas” ketika ditutup oleh masker. Kamu bisa menyiasatinya dengan hanya menggunakan makeup di area mata. 


    #4. Eksfoliasi Ringan

    Eksfoliasi dengan formula ringan secara reguler dapat membantu menyingkirkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Langkah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dan pori-pori tetap bersih. Pilih kandungan eksfoliator seperti glycolic acid atau salicylic acid yang persentasenya rendah agar kamu dapat menggunakannya secara rutin. 


    (Baca juga artikel: Pilihan Exfoliating Toner Yang Aman Untuk Kulit Berjerawat)


    #5. Jaga Kelembapan Kulit

    Layaknya ‘peraturan’ skincare seperti biasa, selalu pastikan hidrasi dan kelembapan kulitmu terjaga. Setelah mencuci wajah dan toning atau eksfoliasi, ikuti dengan aplikasi pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan lebih kuat dalam menghadapi iritan. 


    #6. Gunakan Healing Ointment

    Para tenaga medis yang menggunakan masker N95 tanpa henti, mulai banyak yang menunjukkan gejala dermatitis kontak. Kemerahan di area wajah tampak jelas dan rasanya sudah mulai mengganggu. Untuk kondisi yang cukup serius seperti ini, bisa coba oleskan healing ointment atau petroleum jelly di area yang teriritasi. Gel lidah buaya juga dapat dicoba untuk menenangkan iritasi tadi. Jika masih belum membaik, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 


    (Baca juga artikel: 5 Beauty Balm Multifungsi untuk Berbagai Kebutuhan)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below