Tips Aman Ngantor Selama PSBB


  • Tips Aman Ngantor Selama PSBB
    Tips Aman Ngantor Selama PSBB. (Foto: Dok. Pexels/Anna)

    Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah ditetapkan di Jakarta. Namun, tidak semua karyawan bisa bekerja dari rumah, khususnya mereka yang bekerja di bidang pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Kalau kamu ternyata merupakan salah satu dari karyawan yang harus tetap ngantor, pastikan kamu tetap mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar tetap aman dari paparan virus Corona.


    Jadi, apa saja tips aman ngantor selama PSBB? Baca di bawah sini, ya.




    1. Pilih moda transportasi

    Akan lebih baik kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor, untuk ke kantor. Namun, tetap perhatikan batas maksimal penumpang sesuai aturan PSBB. Kalaupun kamu ternyata tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu ekstra hati-hati saat menggunakan transportasi umum.


    2. Gunakan masker

    Menggunakan masker pelindung saat meninggalkan rumah kini sudah jadi hal wajib. Berhubung supply masker medis semakin sedikit, kamu sebaiknya mendahulukan para tenaga medis untuk mendapatkannya. Nah, kamu cukup gunakan masker kain dengan dua lapis (2 ply) sesuai anjuran WHO dan pemerintah. 


    (Baca Juga: Hal-Hal Seputar Aturan PSBB Yang Patut Kamu Ketahui)


    3. Tak menyentuh wajah

    Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.

    (Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor. Foto: Dok. Pexels/Mixu)

    Kurangi aktivitas sentuhan dengan jari tangan. Kamu bisa manfaatkan siku atau justru ID Card untuk menekan tombol lift dan mendorong pintu. Hindari menyentuh bagian wajah kalau kamu tidak yakin bahwa tangan dalam keadaan bersih. Sering-sering cuci tangan ya.


    4. Bersihkan peralatan kerja

    Sesampainya di kantor, bersihkan semua alat kerja yang sering kamu gunakan menggunakan cairan disinfektan. Mulai dari permukaan meja kerja, alat tulis, gagang telepon, keyboard, laptop, mouse, atau loker. Jadikan ini sebagai rutinitas baru setiap pagi agar kamu tidak lupa.


    5. Bawa alat makan dan minum sendiri

    Mungkin kamu terbiasa menggunakan alat makan dan minum yang sudah disediakan di kantor. Namun, di tengah pandemi seperti ini, sebaiknya kamu membawanya sendiri dari rumah. Usai makan, langsung cuci piring dan gelas, lalu bawa kembali ke rumah. Ini juga termasuk sendok dan garpu, ya. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Snack Sehat Pengganti Cemilan)


    6. Jaga jarak

    Selalu jaga jarak dengan rekan kerja

    (Selalu jaga jarak dengan rekan kerja. Foto: Dok. Pexels/Julia)

    Sejak PSBB dicanangkan, perusahaan pun mulai meminimalisir karyawan yang datang ke kantor. Bisa saja kantormu hanya mengijinkan 2-3 orang yang masuk agar kalian tetap bisa menjaga jarak. Hindari juga meeting konvensional dalam ruangan. Kini, meeting bisa dilakukan secara online.


    (Baca Juga: Hati-Hati 'Zoombombing' Dan 7 Fakta Seputar Aplikasi Zoom)


    7. Teliti saat memesan makanan online

    Demi mengurangi rasa stres akibat bekerja, memesan makanan online jadi pilihan. Sebenarnya ini tak masalah, asal kamu tetap berjaga-jaga saat menerima paket. Semprot dengan cairan disinfektan, lalu cuci tangan sebelum dan sesudah membuka kemasan. 


    Itulah tips aman kalau kamu tetap harus ngantor selama PSBB. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktikkannya.