Alis Mulai Menipis dan Rontok? Ini Solusinya


  • Alis Mulai Menipis dan Rontok? Ini Solusinya
    (Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels.com)

    Sama halnya dengan rambut, alis juga mengalami siklus di mana mereka akan gugur dengan sendirinya. Jika jumlah helaian yang gugur masih dalam batas wajar dan dapat tumbuh kembali secara alami, maka proses tersebut masih terbilang normal dan tidak akan menyebabkan penipisan. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor lain yang bisa memicu kerontokan alis terjadi lebih intens, mulai dari cara perawatan dan penataannya, faktor usia, hingga kondisi medis. 


    Makeup alis, sampai perawatan semi permanen seperti  threading, sulam alis, hingga microblading ternyata memungkinkan terjadinya peradangan pada folikel yang menyebabkan bulu mudah rontok bahkan tidak muncul kembali. Penuaan pun memainkan peran besar, selayaknya rambut di kepala yang kian menipis seiring bertambahnya usia. Ini terjadi karena siklus rambut mengalami perubahan yang lebih lambat sehingga membuat mereka sulit untuk tumbuh sepenuhnya. 



    Beberapa faktor kesehatan seperti alopecia areta di mana sistem imun tubuh menyerang folikel, serta ketidakseimbangan tiroid pun menyebabkan tingginya intensitas kerontokan bulu di beberapa bagian tubuh. Begitu pula kondisi ringan seperti efek stres atau kekurangan nutrisi akibat pola makan tidak teratur.


    Alis memiliki fase pertumbuhan yang singkat yaitu dua hingga tiga minggu. Mereka dapat bertahan hingga empat bulan sebelum luruh dengan sendirinya. Jika ingin tetap merias alis seperti biasa namun tak ingin membuatnya semakin menipis atau berhenti tumbuh di beberapa titik, kamu bisa menyiasatinya dengan langkah-langkah berikut. 


    (Baca Juga: Cara Menebalkan Alis untuk Pemula)


    1. Pastikan Produk Riasan Tidak Menyumbat Folikel

    Menurut dr. Caroline Robinson, M.D. dalam wawancaranya bersama The Zoe Report, sejauh ini brow powder merupakan tekstur yang paling ramah dan ringan karena tidak menyumbat saluran folikel, berbeda dengan tekstur padat wax atau pomade. Coba Urban Decay Double Down Brow dengan formula waterproof yang tahan lama.



    2. Eksfoliasi Seminggu Sekali

    Ya, mereka juga membutuhkan ritual mingguan menggunakan eksfoliator lembut seperti Dr. Barbara Sturm Facial Scrub yang membantu merangsang aliran darah ke folikel serta menghilangkan ketombe, minyak, dan kulit mati. Ia mengandung purslane, vitamin A, dan panthenol yang membantu memulihkan, meremajakan, serta melindungi lapisan kulit.



    3. Rawat dengan Produk Khusus

    Aplikasikan Revitabrow® Advanced Eyebrow Conditioner & Serum pada pagi atau malam hari agar area tersebut tetap ternutrisi. Produk ini memperbaiki kondisi alis yang menunjukkan tanda penuaan akibat bahan kimia, over-plucking, lingkungan, dan produk styling, sembari membantu mensitumlasi pertumbuhan rambut.




    Produk ini diperkaya oleh kandungan ekslusif BioPeptin yang terdiri dari peptide, lipids, biotin. Kandungan-kandungan ini kaya akan asam amino yang memperkuat kulit dan folikel sehingga alis juga akan tumbuh lebih sehat. Selain itu, produk ini juga dilengkapi ekstrak green tea dan panthenol yang mampu memperkuat helaian alis sehingga tidak mudah rontok atau patah, sekaligus membuatnya lebih halus dan berkilau. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari pada alis yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering sepenuhnya sebelum menambahkan produk riasan. Hasilnya akan terlihat dalam waktu kurang lebih delapan minggu atau dua bulan. Alis akan terasa lebih lembut dan mudah diatur, lebih terdefinisi, dan tampak lebih penuh dari sebelumnya. Menariknya lagi, formulanya juga hipoalergenik, non-irritating, bebas minyak, vegan friendly, dan tidak mengandung paraben, phthalates, BHT, dan gluten.



    Oh ya, jika ingin istirahat dari makeup alis yang terlalu berat, kamu juga bisa menggantinya dengan Revitabrow® Hi-Def Brow Gel yang praktis untuk sementara. Her world approved!



    4. Asupan Nutrisi dari Dalam

    Rutin mengonsumsi suplemen sama pentingnya dengan perawatan dari luar. Hum Hair Sweet Hair™ adalah vegan gummy yang bisa kamu coba karena dilengkapi kandungan vitamin B, biotin, dan zinc yang berfungsi memerangi kerontokan, merawat kesehatan folikel rambut, serta menjaga tiap helainya agar tetap bersinar.




    *Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di majalah Her World Indonesia edisi Maret 2020 dengan judul "No More Brow Loss".




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below