5 Cara Liburan Nyaman & Seru Tanpa Terganggu Pekerjaan


  • 5 Cara Liburan Nyaman & Seru Tanpa Terganggu Pekerjaan
    Banyak cara yang bisa dilakukan agar liburanmu nyaman tanpa terganggu pekerjaan. (Foto: Dok. Artem/Pexels)


    Pergi berlibur kerap jadi pilihan untuk melepaskan penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Namun tak jarang, tugas pekerjaan masih terus menghantui dan buat liburan menjadi tak menyenangkan. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?

    Banyak cara yang mudah untuk dilakukan agar liburanmu terasa nyaman tanpa gangguan dari pekerjaan. Menyelesaikan pekerjaanmu sebelum memutuskan untuk berlibur jadi salah satu jalan untuk menciptakan liburan yang menyenangkan. Selain itu, dirangkum dari berbagai sumber berikut tips lainnya untuk menikmati liburan tanpa pekerjaan yang menghantui:



    (Baca Juga: Tips Berlibur Bersama Mertua)


    1. Tuntaskan Semua Pekerjaan



    (Selesaikan pekerjaan sebelum pergi berlibur. Foto: Dok. Lukas/Pexels)

    Sebelum memutuskan untuk berlibur, ada baiknya untuk menuntaskan semua pekerjaanmu. Liburan sering kali terganggu oleh ragam pekerjaan yang belum selesai, sementara batas waktu semakin mendekat. Oleh sebab itu, pastikan semua tugasmu terselesaikan dengan baik sebelum mengambil waktu liburmu.


    2. Menyusun Waktu Liburan



    (Buat rencana liburanmu. Foto: Dok. Bich/Pexels)

    Melihat tanggal dan waktu bisa jadi cara yang tepat untuk terhindar dari pekerjaan selama berlibur. Aturlah jadwal untuk rapat dengan client-mu sebelum atau setelah waktu liburanmu. Hal ini bisa jadi cara untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan.


    3. Ambil Cuti



    (Ambil hak cutimu untuk berlibur. Foto: Dok. Christina/Pexels)

    Setiap karyawan memiliki hak cuti atau hak untuk beristirahat dari penatnya pekerjaan. Cobalah bicarakan hal ini dengan atasan dan rekan kerjamu. Menikmati liburan selama beberapa hari bisa membuatmu lebih fresh saat menghadapi berbagai pekerjaan seperti rapat, project dan lainnya. 

    (Baca Juga: 7 Perlengkapan Skincare yang Patut Dibawa Saat Liburan)


    4. Berikan Informasi Ke Rekan Kerja



    (Berikan informasi tentang hari liburanmu kepada rekan kerja. Foto: Dok. Canva Studio/Pexels)

    Jika diri berniat untuk merahasiakan rencana liburan, ada baiknya hal itu tidak dilakukan. Tidak memberikan informasi kepada rekan kerjamu tentang hari liburmu hanya memberikan peluang besar untuk liburan yang tidak menyenangkan. Panggilan telepon, pesan singkat, dan email terus berdatangan dan mencarimu.

    Oleh karenanya, infokan kepada teman sekantormu bahwa diri akan berlibur di hari dan waktu yang telah ditentukan. Cara ini bisa buat kolega mengerti dan menahan informasi pekerjaan sampai liburanmu usai.


    5. Aktifkan Mode Silent Di Handphonemu



    (Aktifkan mode silent saat berlibur. Foto: Dok. Tyler/Pexels)

    Agar liburanmu nyaman dan menyenangkan, mengaktifkan mode silent di handphone-mu bisa cara yang tepat dan mudah untuk dilakukan. Meskipun diri telah memberikan informasi tentang jadwal liburan, beberapa kolega mungkin tidak bisa memutuskannya sendirian dan perlu pendapat darimu. Walaupun tidak sepenuhnya menjauh dari pekerjaan, setidaknya cara ini bisa menghilangkan penatnya pikiran akibat pekerjaan sejenak.