6 Tanaman Obat Yang Bisa Ditanam Di Rumah


  • 6 Tanaman Obat Yang Bisa Ditanam Di Rumah
    Tanaman obat juga banyak yang bisa ditanam dengan mudah di rumah (Foto: dok. Instagram/risegardens)

    Siapa yang mulai menyukai bercocok tanam di masa pandemi? tanaman hias atau bahkan tanaman obat? kali ini, Her World mengajak kamu untuk mencoba menanam tanaman obat yang mudah untuk ditanam di rumah.

    Tanaman obat bisa berguna tidak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Salah satunya adalah tanaman lavender yang bisa membantu mengatasi insomnia hingga tanaman mint yang bermanfaat untuk masakan, minuman, hingga masker pembersih wajah. Berikut adalah 6 tanaman obat yang bisa kamu tanam di rumah.




    (Baca juga: 5 Tanaman Hias Termahal Tahun 2020)


    1. Lavender

    Tumbuhan berbunga dari Famili Lamiaceae ini memiliki setidaknya 25 spesies yang dapat kamu temukan di berbagai toko tanaman. Selain memiliki warna ungu yang indah, tanaman ini memiliki banyak manfaat. Lavender dapat menjadi alat pengusir nyamuk karena kandungan minyak atsiri apda kuncup bunganya. Wangi tanaman ini juga terbukti bisa mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran sehingga membantu orang yang susah tidur. Kamu bisa menanam lavender di dalam pot dan meletakkannya di tempat yang ada asupan matahari yang cukup.


    2. Jahe

    Tanaman obat yang sering digunakan di Indonesia sebagai penyedap makanan dan minuman ini adalah tanaman yang bisa kamu tanam di pot kecil tanpa perawatan yang rumit. Seperti yang diketahui, jahe dapat membuat tubuh menjadi hangat sehingga dapat melancarkan sistem pernafasaan saat berada di udara dingin dan saat sakit flu. Namun, ternyata jahe memiliki manfaat yang lebih dari itu, tanaman ini dapat mengobati masalah pencernaan seperti mual-muntah, sakit perut, dan juga sakit kepala karena vertigo. Dosis aman untuk mengonsumsi jahe yaitu tidak lebih dari satu sendok teh per harinya. Jika melebihi jumlah tersebut, kamu bisa mengalami heartburn, perut kembung, serta iritasi mulut. Jadi, tetap berhati-hati ya, karena segala yang berlebihan tidaklah baik.


    3. Lidah buaya

    Mungkin tanaman ini bukanlah tanaman obat yang asing lagi bagi banyak orang. Lidah buaya terkenal dengan perawatannya yang sangat minimalistis. Selain bermanfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan, ternyata tanaman obat ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, asma sakit maag, penyakit usus, peradangan, hingga menurunkan gula darah. Kamu cukup memotong daun lidah buaya untuk mengambil gel yang berada di dalam. Gel tersebut dapat dicampurkan langsung dengan madu untuk dioleskan ke wajah, atau kamu bisa merebusnya dan menambahkan gula atau madu untuk diminum.


    4. Kemangi

    Daun dengan aroma menyegarkan ini sering sekali dijadikan sebagai lalapan atau dimasukkan ke dalam makanan Indonesia. Kemangi dikenal sebagai makanan anti bakteri dan anti inflamasi yang mengandung banyak Vitamin A, mangan, dan magnesium. Selain perawatannya yang mudah, tanaman ini juga memiliki daya hidup yang lama, mereka bisa bertahan lebih dari 2 tahun.


    5. Rosemary

    Tanaman kecil dan unik ini sering sekali digunakan di hidangan Western. Biasanya, rosemary di tanam di dalam pot besar dan di dalam atau luar ruangan dengan sinar matahari yang baik. Selain bermanfaat sebagai bumbu, tanaman ini juga memiliki manfaat medis karena memiliki sifat antibakteri, antibiotik, anti inflamasi, dan antimikroba. Banyak penelitian juga membuktikan bahwa rosemary dapat meningkatan daya ingat dan menenangkan pikiran jika aromanya dihirup dan daunnya dikonsumsi secara rutin.


    6. Mint

    Daun mint yang dapat memberikan sensasi menyegarkan ini sering sekali ditemukan di berbagai makanan, minuman, hingga produk-produk perawatan oral, kulit, dan masih banyak lagi. Untuk penggunaan daun minta yang segar, kamu bisa meletakkan beberap helai di bak mandi ketika merasa lelah untuk menenangkan pikiranmu, kamu juga bisa menumbuk daun min dengan berbagai produk skincare untuk membersihkan wajah dan mengobati iritasi kulit, lalu kamu juga bisa merebusnya untuk diminum ketika sakit perut. Kamu bisa membeli tanaman mint kecil dari toko tanaman karena menanamnya dari biji tidaklah mudah. Saat musin penghujan, lindungi tanaman ini dengan menempatkannya di dalam rumah.


    (Baca juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


    Itu dia 6 tanaman obat yang bisa kamu tanam di rumah. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?


    (Penulis: Regina Yohana




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below