Penggunaan Sunscreen Hanya Mencapai 2%, Anessa Solusinya


  • Penggunaan Sunscreen Hanya Mencapai 2%, Anessa Solusinya
    Anessa Indonesia menggandeng Her World Indonesia untuk memperkenalkan produk sunscreen terbarunya. (Foto: Dok. Anessa Indonesia)

    Anessa Indonesia menggelar webinar pertamanya yang bertajuk Ultimate Body Toning Zumba Workout and Skin Talk, Sabtu (12/12). Turut menggandeng Her World indonesia, webinar ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan produk beauty sunscreen Anessa di Indonesia yang dipandu oleh Dylla Agnesia beserta kedua pembicara lainnya, yakni dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK, Riana Bimarak, dan Maharani Anindita. 


    (Baca Juga: Kulit Nyaman Terlindungi selama Beraktivitas dengan Anessa)




    Dalam webinar skin talk sesi pertama, dr. Arini selaku dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin mengatakan bahwa tabir surya atau sunscreen merupakan skincare rutin yang wajib digunakan setiap hari. 



    (Webinar skin talk Anessa bersama dua pembicara pertama, yakni dr. Arini (atas kanan) dan Anindita (kanan bawah). Foto: Dok. Her World Indonesia)


    Sunscreen itu salah satu investment buat kita lho 10 sampai 20 tahun ke depan,” terang dr. Arini. 


    Dr. Arini juga menambahkan, berdasarkan hasil riset yang dilakukan di luar negeri, 25 sampai dengan 50% pengguna sunscreen tidak mengaplikasikannya pada kulit sesuai aturan. Sementara itu, literasi penggunaan sunscreen di Indonesia lebih rendah dibandingkan negara-negara lain. 


    “Kalau sunscreen itu kan harus kita pakai ulang, sedangkan mereka tidak dipakai ulang. Biasanya, banyak orang merasa dalam kandungan make up yang digunakan seperti foundation udah mengandung SPF, padahal itu harus disesuaikan dengan tebalnya make up itu,” jelasnya. 


    Di Indonesia, pemaknaan tentang SPF, UVA, dan UVB sulit dimengerti. Mereka menafsirkan bahwa jika salah satu kandungan tersebut sudah digunakan dapat melindungi kulit seutuhnya. Padahal, tiga kandungan tersebut merupakan satu kesatuan yang wajib digunakan oleh setiap orang. Sebagai informasi, Sun Protection Factor (SPF) merupakan produk pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Sementara UVA merupakan kandungan untuk melindungi kulit dari penuaan akibat sinar matahari, dan UVB untuk melindungi kulit menjadi kemerahan akibat sinar matahari. 


    Melansir data World Health Organization (WHO), 90% kandungan UV masih memungkinkan untuk tembus sinar matahari. 


    (Baca Juga: Cara Tetap Produktif Selama Pandemi Di Webinar Her World)


    Sementara menurut Anindita, Brand Manager Anessa Indonesia, pengguna sunscreen di Indonesia hanya mencapai 2%, termasuk pengguna skincare yang mengandung SPF. Salah satu alasan orang enggan menggunakan sunscreen adalah karena merasa tidak akan terpapar sinar matahari. Apalagi, kondisi saat ini yang banyak melakukan pekerjaan dari rumah sehingga membuat masyarakat semakin malas menggunakan alat proteksi kulit tersebut. 


    “Apalagi kita sekarang apa-apa dari rumah semua ya, mungkin mereka menganggap kalau di rumah aja enggak akan kena sinar matahari, tapi tanpa disadari cahaya matahari akan masuk lewat jendela, ditambah lagi cahaya lampu yang dapat menyebabkan kerutan pada kulit beberapa tahun mendatang,” tutur Dita. 


    Selain itu, Dita juga menambahkan bahwa penyebab masyarakat tidak menggunakan sunscreen adalah dapat menimbulkan jerawat dan komedo di wajah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anessa menghadirkan beauty sunscreen dengan nama Perfect Beauty Sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan milky sehingga tidak menyebabkan jerawat atau komedo. Menggunakan teknologi triple defense menjadikan sunscreen ini super waterproof dan membuat proteksinya semakin kuat saat terpapar sinar, air, maupun keringat. 


    Selain berbicara proteksi kulit, webinar ini ditutup oleh zumba workout bersama Riana Bimarak selaku zumba and toning instructor sekaligus penggagas geng gobyos yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Sebelum kelas zumba dimulai bersama geng gobyos, Riana juga menyampaikan bahwa meskipun aktivitas sehari-harinya di dalam ruangan seperti studio, ia tetap menggunakan sunscreen sebagai salah satu upaya proteksi kulit wajah. 



    (Zumba workout bersama Riana dan Geng Gobyos. Foto: Dok. Her World Indonesia)


    (Baca Juga: Her World Gelar Webinar Survive Berbisnis Lewat Digital


    Anessa merupakan brand sunscreen no. 1 di Jepang selama 19 tahun terakhir. Selain itu, sunscreen hasil produksi Shiseido Group ini memiliki kandungan formula inovatif terbaru sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 


    (Penulis: Nathasya Elvira) 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below