Ini Cara Merawat Area Mata Sembap, Gelap Atau Berkerut


  • Ini Cara Merawat Area Mata Sembap, Gelap Atau Berkerut
    Kombinasikan semua perawatan di bawah ini untuk dapatkan area mata yang segar menyeluruh. (Foto: Dok. 123RF.COM/ puhhha)

    Kesegaran area mata sangat berpengaruh pada tampilan seluruh wajah. Setuju? Ketika area mata mulai tampak lelah, gelap, dan muncul tanda penuaan, wajah kita pun akan tampak lebih kusam. Untuk mengembalikan keremajaan dan kesegarannya, kita perlu merawatnya sesuai dengan permasalahan yang dialami. Berikut tips perawatan untuk mengatasi area mata mulai dari yang sembap, gelap atau dark circles, sampai berkerut.


    (Baca juga: Sering Menatap Layar HP, Begini Cara Jaga Kesehatan Mata)




    ATASI MATA SEMBAP

    Siasati puffy eyes dengan langkah simpel ini.


    1. Pijat dengan gel lidah buaya

    Simpan satu tube gel aloe vera pilihan kamu di freezer. Saat membutuhkannya, keluarkan dan diamkan 10 menit di suhu ruangan. Ambil secukupnya dan pijatkan secara lembut di bagian bawah mata, dari arah dalam keluar, dan sebaliknya. Lidah buaya akan memberi efek antiinflamasi, sementara pijatan dan suhu dinginnya membantu mengurangi kebengkakan yang biasanya terjadi pada pagi hari. Gel lidah buaya dingin ini juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakan iritasi kulit lainnya. Coba:


    Innisfree Aloe Revital Soothing Gel Rp100.000

    (Soothing gel multifungsi dengan aloe organik dari Jeju yang membantu melembapkan dan menenangkan kulit secara instan. Foto: Dok. Innisfree Indonesia)


    2. Trik sendok dan kantung teh klasik

    Trik yang tak pernah usang. Kompres mata terpejam dengan sendok besi atau kantung teh yang sudah direndam dan didinginkan. Ini akan menormalkan pembuluh darah yang mengalami sedikit pembengkakan. 


    3. Pilih perawatan mata dengan aplikator roll

    Jika memiliki budget ekstra untuk fokus mengatasi mata sembap, kamu bisa membeli serum atau gel mata yang dilengkapi aplikator roller, seperti:


    Lancôme Advanced Genifique Light Pearl Eye and Lash Concentrate Rp1.200.000


    (Selain mengurangi tampilan sembap di sekitar mata berkat aplikator 360º inovatifnya, eye concentrate ini juga membantu mengurangi garis halus sekaligus mengencangkan kulit yang kendur. Mata pun terlihat lebih rileks. Foto: Dok. Lancôme)


    Sensatia Botanicals Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum Rp180.000


    (Serum mata yang "clean" ini dibekali vitamin C organik dari kakadu plum, ekstrak lidah buaya, kamomil, dan minyak sea buckthorn untuk menghidrasi sekaligus meremajakan. Foto: Dok. Sensatia Botanicals)


    4. Kurangi konsumsi garam

    Jika memiliki acara penting keesokan paginya dan ingin terlihat segar, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang tinggi garam pada hari sebelumnya. Kamu juga bisa tidur dengan bantal ekstra untuk mengurangi penumpukan cairan di area wajah. 



    CERAHKAN LINGKAR HITAM

    Setelah mengetahui cara untuk de-puff mata yang sering tampak bengkak, perhatikan juga perawatan untuk mencerahkan lingkar mata yang gelap. Kamu bisa mengandalkan kandungan seperti vitamin C dan retinol. Agar lebih efektif, tentunya perlu disertai dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Berikut produk yang bisa dicoba:


    Olay Regenerist Retinol 24 Night Eye Cream Rp368.500


    (Selain retinol, krim mata ini juga diperkaya oleh niacinamide untuk memaksimalkan regenerasi kulit, serta vitamin E sebagai antioksidan yang memperbaiki efek buruk dari radikal bebas. Teksturnya sangat lembut, ringan, dan mudah menyerap. Ia juga bebas pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif. Foto: Dok. Olay Indonesia)


    Peter Thomas Roth Potent-C Power Eye Cream, Sephora Indonesia Rp1.005.000


    (Krim mata vitamin C ini juga dilengkapi vitamin E, ferulic acid, kafein, dan hyaluronic acid untuk mencerahkan sekaligus melindungi kulit yang sensitif di sekitar mata. Foto: Dok. Sephora Indonesia)


    (Baca juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    SAMARKAN GARIS HALUS DAN KERUTAN

    Memang diperlukan upaya ekstra dan konsistensi untuk melawan tanda penuaan yang satu ini. Jika sudah memiliki garis halus atau kerutan dan kamu ingin menyingkirkannya secara instan, banyak prosedur estetik yang bisa menjadi pilihan. Di antaranya adalah laser, filler, dan botox. Namun untuk memudarkan garis halus dan kerutan secara berkelanjutan, kamu bisa menerapkan kebiasaan baik seperti rajin menggunakan tabir surya, menggunakan kacamata baca yang sesuai agar tidak sering memicingkan mata, dan rutin mengaplikasikan eye cream. Untuk “mengisi” kerutan, pilih formula yang kaya hyaluronic acid atau kandungan antipenuaan potent lainnya, seperti:


    Sulwhasoo Timetreasure Invigorating Eye Cream Rp3.750.000


    (Dipenuhi kandungan herbal pilihan dan premium seperti pinus merah ekstrak jamur poria cocos yang memberikan kelembapan maksimal serta mengencangkan. Teksturnya yang rich akan menyelimuti kulit dan membuat kerutan semakin halus juga samar. Foto: Dok. Sulwhasoo Indonesia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below