Cara Memperingati Hari Pahlawan Sepanjang Masa


  • Cara Memperingati Hari Pahlawan Sepanjang Masa
    Bung Tomo, salah satu pahlawan revolusi Indonesia. (Foto: Dok. Instagram/parrev_lovers)

    Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November adalah hari di mana bangsa Indonesia memeringati jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan banyak hal untuk negeri ini. Pada tahun ini, Komensos mengambil tema Hari Pahlawan yang berjudul "Pahlawanku Sepanjang Masa."


    Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto, menjelaskan melalui keterangan pers Komensos bahwa berjuang untuk memberatas permasalahan bangsa adalah bentuk dari sikap menghargai jasa para pahlawan.




    "Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjual melawan berbagai permasalah bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia," ujarnya. 


    Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memperingati hari penting ini.


    (Baca Juga: Ragam Acara Memperingati Hari Pahlawan Pada 10 November)


    1. Unggah foto dan cerita seorang pahlawan Indonesia di media sosial



    Mengedukasi diri dan sesama tentang perjuangan para pahlawan adalah hal yang sangat penting. Hal ini dapat kamu lakukan dengan sangat mudah, hanya mengunggah informasi seorang pahlawan Indonesia di media sosialmu.

    Melalui hal ini, kamu dapat mengenal para pahlawan yang telah berjuang dalam menuntut kemerdekaan hak-hak yang hingga saat ini masih kamu rasakan.

    Dengan kesadaran akan betapa betapa berharganya jasa para pahlawan, kamu dapat semakin memahami arti perjuangan mereka sehingga dapat meneruskan perjuangan tersebut. 


    2. Refleksi diri 

    Merefleksikan diri sebenarnya tidak harus dilakukan pada Hari Pahlawan saja, kamu bisa melakukan hal ini sebagai rutinitasmu setiap bulan. Selain dapat membuatmu memahami diri, self reflection bisa membantumu mencapai hal-hal yang kamu inginkan untuk diri sendiri dan sesama.

    Tanyakan pada dirimu: apa saja hal yang telah aku capai untuk diri sendiri? Apa saja hal yang telah aku lakukan untuk kepentingan sesama? Apa kontribusiku terhadap Indonesia? Apa yang dapat aku lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan?



    Jawabannya tidak harus besar, mungkin bagimu bergotong-royong membersihkan lingkungan rumah adalah bentuk kepedulian terhadap sesama, menjadi guru adalah bentuk kontribusi terhadap Indonesia, dan masih banyak lagi. Ketika kamu mendapatkan bahwa kamu ingin melakukan lebih, disitu kamu bisa memulai bergerak untuk terus maju. 


    3. Berperan aktif memajukan nama Indonesia



    Berperan aktif memajukan nama Indonesia dapat kamu lakukan melalui banyak hal. Kamu bisa memulainya dengan ikut organisasi-organsisasi yang bertujuan positif seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), atau dengan hal simpel seperti mengenalkan keberagaman budaya Indonesia kepada orang-orang asing. 


    (Baca Juga: 10 Kutipan Pahlawan Indonesia yang Menginspirasi)


    Itu dia hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Yuk, kita mulai dari sekarang untuk Indonesia maju!


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below