Lakukan Kebiasaan Baik Ini Agar Hidup Lebih Bahagia


  • Lakukan Kebiasaan Baik Ini Agar Hidup Lebih Bahagia
    Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang tepat merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat dilakukan agar hidup bahagia (Foto: Dok.Antonino/Unsplash)

    Menjalani hidup yang menyenangkan, tentu jadi keinginan setiap orang. Percaya atau tidak, kamu memiliki kekuatan untuk mewujudkan berbagai hal dalam dirimu yang bisa menciptakan kebahagiaan. Dan jika kamu ingin memilikinya, lakukan kebiasaan baik ini agar hidup lebih bahagia.


    (Baca Juga: 5 Olahraga Mudah Yang Bisa Buat Hubungan Lebih Bahagia)




    Tanamkan gaya hidup sehat


    Olahraga dapat mengurangi tingkat stres dengan melepaskan hormon endorfin dalam dirimu yang tentunya akan menjernihkan pikiran dan membuatmu lebih bahagia. Kamu dapat memulainya sesuai dengan kebutuhan, misalnya mendaftar kelas fitness atau melakukannya sendiri dengan bersepeda atau berjalan kaki.

    Aktivitas ini dapat diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar olahragamu tidak sia-sia. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Efek dari menanamkan gaya hidup sehat mungkin tidak langsung terlihat, tapi akan kamu rasakan dalam jangka panjang. Tak hanya berdampak pada tubuh, pikiranmu juga lebih sehat dan hidupmu akan lebih menyenangkan.


    Berusaha untuk tidak tersinggung


    Sering kali kamu mengikuti ego hingga merasa insecure dan segala sesuatu tentang dirimu. Hal ini dapat membahayakan kesehatan mentalmu akibat stres yang dirasakan. Jika sampai sekarang kamu masih merasakan hal ini, coba untuk perbanyak bersyukur dan melakukan yang terbaik.


    Buat rutinitas di pagi hari


    Mengawali hari dengan memiliki suatu tujuan menjadi hal yang baik karena kamu akan merasakan telah memperoleh pencapaian kecil dalam hari tersebut. Rutinitas tersebut dapat berupa olahraga, meditasi, atau mengerjakan proyek sampingan.

    Selain itu, bangun lebih pagi juga membuatmu tak perlu khawatir akan terlambat untuk beraktivitas. Menjaga rutinitas ini dalam jangka panjang juga dapat membentuk kedisiplinan dalam dirimu dan tentunya berdampak baik untuk kesehatan.


    Hadapi prasangka yang sudah terbentuk


    Kamu perlu mengingat bahwa selalu ada ruang untuk ide dan perspektif baru. Oleh karena itu, jadikan hal tersebut sebagai evaluasi dan tantangan dalam melihat kehidupanmu saat ini. Ubah mimpimu menjadi sebuah realitas dengan segala prasangka yang ada dalam benakmu karena bisa saja hal yang harus dihadapi tidak seburuk yang kamu takuti.

    Keberanianmu dalam menghadapinya akan menjadi suatu pembelajaran dan menghasilkan perspektif baru tentang dunia. Hal yang perlu kamu sadari untuk bisa berkembang ialah dalam hidup akan selalu ada perubahan. 


    Habiskan waktu bersama orang-orang yang tepat


    Seiring bertambahnya usia, lingkungan sosialmu akan berkurang. Tak perlu khawatir karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar, justru menjadi hal yang baik karena kamu dapat benar-benar menghabiskan waktu bersama mereka yang peduli dan membuatmu bahagia.

    Sebaliknya, kamu juga perlu menyediakan waktu untuk melakukan hal yang sama untuk mereka.


    Kurangi sifat menghakimi 


    Kebiasaan menghakimi biasanya dimulai dengan melakukannya terhadap diri sendiri akibat ketidaksempurnaan yang dimiliki. Faktanya, kegagalan merupakan sesuatu yang wajar dialami oleh siapa pun, sekali pun orang tersebut telah meraih kesuksesan.

    Kamu juga perlu mengurangi menghakimi orang lain dan fokus terhadap apa yang dimiliki karena tidak ada yang membutuhkan komentar negatif dari siapa pun.


    (Baca Juga: Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia)


    Belajar dari kesalahan


    Refleksikan kesalahan yang pernah dilakukan sebagai bentuk pembelajaran dalam kehidupan yang dijalani. Ketahui apa yang membuatmu kurang maksimal dalam melakukannya dan hentikan membuat kesalahan yang sama.



    Nah, dari rangkaian kebiasaan baik yang bisa dilakukan agar hidup lebih bahagia tersebut, mana yang sudah kamu praktikkan?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below