5 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Yang Bikin Merinding


  • 5 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Yang Bikin Merinding
    Jajaran film horor berdasarkan kisah nyata yang dapat membuatmu merinding. (Foto: Dok. Pixabay)

    Perayaan Halloween sepertinya tidak lengkap tanpa menonton film hantu bersama keluarga atau teman. Film horor terkenal seperti The Conjuring dan Anabelle mungkin sudah sering kamu tonton karena popularitas dan latar belakangnya yang di ambil dari kisah nyata. Sebenarnya, selain franchise kedua film tersebut, ada banyak film horor yang di ambil dari kisah nyata yang bisa membuatmu merinding dan ketakutan. Berikut adalah film-film horor yang wajib kamu tonton saat Halloween nanti. 


    (Baca Juga: 6 Film Netflix Originals Berdasarkan Kisah Nyata)




    1. The Amityville Horror (2005)


    Film yang diperankan oleh Ryan Reynolds dan Chloe Grace Moretz ini diambil berdasarkan kisah nyata keluarga Lutz saat menempati rumah yang beralamat di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York pada tahun 1975. Keluarga Lutz bercerita bahwa mereka diganggu oleh banyak roh halus yang singgah di rumah itu.  


    Sebelum mereka menempati rumah Amityville, pada tahun 1974, seorang anak bernama DeFeo Jr (Ron) menembak mati kedua orang tua berserta keempat adiknya di situ. Ron mengaku bahwa ia bertindak seperti itu karena dipengaruhi oleh suara-suara makhluk halus yang sudah menghantuinya selama satu tahun. 


    2. The Exorcism of Emily Rose (2005)



    Film yang mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang dirasuki oleh iblis ini diambil dari kisah nyata Anneliese Michel, seorang anak religius yang berasal dari Jerman. Pada tahun 1976, Anneliese meninggal karena malnutrisi setelah hampir satu tahun melewati 67 ritual eksorsisme yang dilakukan oleh seorang Romo dari Gereja Katolik. Ritual pengusiran setan Anneliese adalah salah satu kasus yang disembunyikan oleh Kesukupan Agung Katolik di Roma. Namun, karena kematiannya, polisi Jerman membuka investigasi yang akhirnya membuat kejadian ini terbuka ke publik.


    3. Veronica (2018)



    Film yang dirilis oleh Netflix ini bercerita tentang seorang anak perempuan berumur 15 tahun yang tidak sengaja memanggil iblis setelah ia bermain papan Ouija. Berlatar belakang di Spanyol, film ini dikisahkan berdasarkan laporan nyata polisi di Madrid. Laporan tersebut dirilis satu tahun setelah kematian anak perempuan itu, dan ketika tiga orang polisi dan kepala kepolisian yang menginspeksi kasus tersebut mengaku bahwa mereka juga mengalami kejadian supernatural yang meneror keluarga mereka setelah berada di tempat kejadian.


    4. The Haunting in Connecticut (2009)



    The Haunting in Connecticut menceritakan tentang keluarga Snedeker yang bertempat tinggal di sebuah rumah di Connecticut pada tahun 1986. Ketika sang isteri, Carmen Snedeker, sedang mengeksplorasi rumah baru mereka, ia menemukan barang-barang aneh di ruang bawah tanah. Akhirnya, mereka menemukan bahwa rumah yang mereka tempati itu dulunya adalah rumah duka.


    Anak tertua mereka adalah orang pertama yang diganggu oleh roh halus di rumah itu, akhirnya, semua anggota keluarga juga merasakan hal yang sama. Carmen mengaku bahwa suatu hari saat ia sedang membersihkan lantai, air sabunnya berubah menjadi warna darah dan memiliki bau seperti daging busuk. Akhirnya, keluarga Snedeker meminta pasangan Ed dan Lorraine Warren untuk menginvestigasi rumah mereka.


    Ed dan Lorraine Warren adalah pasangan suami isteri yang terkenal sebagai investigator paranormal. Beberapa kasus yang pernah mereka hadapi sudah banyak dijadikan film seperti pada franchise film The Conjuring dan Annabelle. Namun, apakah kamu tahu bahwa pasangan ini merupakan orang pertama yang mengivestigasi kasus Amittyville?


    5. Winchester (2018)



    Di dalam film ini, aktris Inggris Helen Mirren berperan sebagai seorang janda yang memiliki perusahaan senjata. Ia berpikir bahwa ia telah dihantui oleh orang-orang yang terbunuh karena senjata yang diproduksi oleh perusahaan mendiang suaminya. Rumah besar yang ia tempati di dalam film itu berdasarkan kisah nyata yang dikenal sebagai Winchester Mystery House. Tokoh asli yang diperankan oleh Helen menghabiskan 38 tahun dalam hidupnya untuk merenovasi rumah yang ia tempati. Konon, Nyonya Winchester mendapatkan arahan dari arwah-arwah yang menghantuinya untuk merenovasi rumahnya itu.


    (Baca Juga: 8 Rekomendasi Tayangan Netflix Berdasarkan Rasa Takutmu)


    Setelah membaca tentang film horor berdasarkan kisah nyata di atas, cerita apa yang paling membuatmu merinding? 


    (Penulis: Regina Yohana) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below