5 Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pemula


  • 5 Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pemula
    Berbagai tanaman hias yang cocok untuk pemula sekaligus mendekorasi ruangan. (Foto: Dok. Instagram/indoorplantsdecor)

    Merawat tanaman menjadi salah satu hobi yang banyak diminati sejak kegiatan work from home diberlakukan. Kegiatan ini dipercaya dapat mengurangi rasa cemas, mendorong kreativitas, dan meningkatkan produktivitas. Namun, sebagai pemula yang ingin merawat tanaman, kamu perlu memperhatikan jenis yang dipilih. Berikut 5 tanaman hias yang cocok untuk pemula.


    (Baca Juga: 5 Tanaman Hias Termahal Tahun 2020)




    1. Monstera

    Monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki penampilan unik, yakni daunnya yang lebar dan berlubang. Terdapat tujuh jenis Monstera yang populer di Indonesia, seperti deliciosa, borsigiana, adansonii, variegata, siltepecana, obliqua, dan dubia. 


    Jenis adansonii, atau yang lebih dikenal dengan janda bolong, menjadi yang paling populer saat ini. Ukurannya cenderung lebih kecil dan didominasi oleh lubang pada permukaannya. Sebaiknya hindari tanaman ini dari paparan sinar matahari dan diletakkan di kamar mandi atau dapur yang terang untuk menjaga suhu dan kelembapannya. Siram secara teratur agar tanah tidak mengering seluruhnya.


    Namun, para pemilik kucing dan anjing harus berhati-hati karena tanaman ini justru beracun bagi kedua hewan tersebut karena kalsium oksalatnya yang tidak larut. Dampak yang dapat disebabkan adalah pembengkakan, muntah, atau rasa terbakar pada hewan peliharaan. 


    (Asam oksalat yang terkandung dalam janda bolong merupakan zat yang biasa digunakan untuk membersihkan karat dari logam. Foto: Dok. @plantsman.ae/Instagram)

     

    2. Peperomia

    Jenis tanaman ini dapat dijadikan pilihan untuk mendekorasi ruangan di rumah karena memberikan kesan sejuk, estetika, dan vibran dengan warna dan bentuk daunnya yang bulat dan berisi. Peperomia dapat tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembap.


    Terdapat beberapa tanaman jenis Peperomia yang cocok untuk kamu pilih sebagai tanaman hias di sudut ruangan, yaitu obtusifolia, belly button, columbian, watermelon, dan prostrata. Sebagai salah satu jenis tanaman hias, Peperomia tidak tumbuh lebih dari 30 sentimeter, tetapi lebih membutuhkan banyak tanah untuk mengering sebagian dibandingkan air yang dapat menyebabkan kebusukan akar.


    (Cocok untuk dipadankan dengan pot-pot yang menggemaskan. Foto: Dok. @plantsoffice/Instagram)


    3. Pisang-pisangan

    Tanaman pisang-pisangan atau heliconia dapat diletakkan di sudut ruangan atau pembatas ruangan karena daunnya yang lebat. Jenis tanaman ini dapat ditanam secara tunggal maupun berkelompok untuk menambahkan kesan alam dan tropis. Agar menjaga warna daun yang tetap cerah, pisang-pisangan membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga perlu diletakkan di dekat jendela. 


    (Tanaman ini juga cantik untuk dijadikan backdrop atau properti foto. Foto: Dok. @alicenichols_landscapedesign/Instagram)


    4. Kaktus

    Perawatannya yang sangat mudah membuat kaktus sebagai salah satu tanaman favorit yang dipilih pemula. Kaktus dapat dijemur di luar ruangan sebanyak satu atau dua minggu sekali untuk memperoleh udara segar, sisanya dapat diletakkan di pinggir jendela untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya.


    Penyiramannya dapat dilakukan seminggu sekali secara disemprot. Kamu perlu memastikan agar tanah dalam pot tidak mengandung terlalu banyak air. Selain itu, pemilihan pot juga perlu diperhatikan, sebaiknya jenis yang digunakan adalah pot yang berlubang di bagian bawah sebagai jalur air siraman dapat keluar dan tidak menggenang.


    (Tampilan ruang akan semakin seru jika kamu mengombinasikan beberapa jenis kaktus. Foto: Dok. @cactuseries/Instagram)


    (Baca Juga: Ketahui Jenis Tanaman Yang Baik Diletakkan Di Dalam Rumah)


    5. Peace Lily

    Jenis tanaman ini dapat dijadikan opsi jika kamu bosan dengan dedaunan. Memiliki warna putih yang memberi kesan cantik dalam ruangan, bunga ini ternyata memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi jamur di ruangan, membersihkan udara, hingga meningkatkan kualitas tidur.


    Untuk perawatannya dapat disiram saat tanah sudah terlihat kering dan dedaunannya layu. Tanaman ini akan terlihat pucat jika terlalu banyak terkena cahaya matahari. Oleh karena itu, letakkan di tempat yang sejuk sekaligus mendapatkan pencahayaan.


    (Tanaman ini cocok diletakkan di kamar tidurmu. Foto: Dok. @sn00pye/Instagram)


    Nah, dari kelima tanaman hias yang cocok untuk pemula tersebut, mana yang akan dipilih sebagai tanaman pertamamu?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below