Unik! Atasi Rambut Rontok Dengan Teknik Vampir ini


  • Unik! Atasi Rambut Rontok Dengan Teknik Vampir ini
    Masih ingat facial vampir yang dilakukan oleh Kim Kardashian? Ternyata teknik ini juga efektif untuk atasi kebotakan rambut, loh! (Foto: Instagram/kimkardashian)

    Teknik facial vampir sudah terkenal semenjak bintang Hollywood Kim Kardashian menggugah foto yang memperlihatkan wajahnya bernodai darah. Istri dari Kanye West ini menjelaskan bahwa ia sedang melakukan vampire facial, yaitu teknik facial yang menggunakan darah sendiri sebagai serumnya.


    Meskipun kedengarannya menjijikan, namun mekanisme dari prosedur ini tidak seperti yang kamu banyangkan. Pada webinar dari ZAP Clinic hari Kamis lalu (15/10), dr. Endi Novianto, dokter spesialis kulit yang juga merupakan medical advisor ZAP, menjelaskan tentang mekanisme vampire facial ini. Yuk, kenali teknik unik ini, yang ternyata juga ampuh dalam menyembuhkan kerontokan pada rambut!




    (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami Di Rumah)



    Platelet Rich Plasma (PRP) adalah istilah resmi dari teknik vampir yang dikenal oleh masyarakat luas. Teknik ini bertujuan untuk memacu regenerasi sel-sel kulit dan pertumbuhan rambut baru dengan menggunakan plasma darah yang kaya akan trombosit.


    Pertama-tama, darahmu akan diambil. Lalu, dokter akan melakukan ekstraksi serum dari darahmu, yang nanti akan disuntikkan ke permukaan kulit kepala. Jadi, prosedur ini tidak menyuntikkan darah secara mentah-mentah ke permukaan kulit seperti yang terlihat pada foto Instagram Kim Kardashian.


    Alasan mengapa ada darah di wajah sang artis sebenarnya karena luka yang disebabkan oleh suntikan jarum saat menginjeksi serum, sama halnya seperti prosedur PRP untuk rambut rontok. Namun, hal ini berbeda di ZAP Clinic, dr. Endi berkata bahwa ZAP menggunakan derma pen dari pada derma roller untuk melakukan PRP rambut rontok, agar meminimalisir rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka. Karena, jarum dan permukaan derma pen ternyata lebih kecil dibandingkan dengan derma roller.


    Berdasarkan review dari banyak beauty enthusiast, teknik PRP ini terbilang efektif dalam mengatasi rambut rontok. Namun, prosedur ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki penyakit kulit (lupus, vitiligo, dan herpes), wanita hamil, dan orang yang sedang mengkonsumsi antibiotik atau koagulan.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)


    Setelah kamu memahami tentang teknik vampir atau PRP untuk mengatasi rambut rontok, apakah kamu jadi ingin untuk mencobanya?


    (Penulis: Regina Yohana)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below