Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik Agar Bebas Dari Utang


  • Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik Agar Bebas Dari Utang
    Simak cara mengelola uang yang baik agar terbebas dari utang. (Foto: Dok. Pixabay)

    Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi ini telah mempengaruhi perekonomian dunia. Berita-berita mengenai masa resesi yang akan menimpa banyak negara di pasca pandemi, pasti membuat banyak dari kamu merasa resah menghadapi ketidakpastian itu. Tetapi jangan khawatir, disini Her World telah meringkas tips dalam mengelola uang yang baik agar kamu dapat terbebas dari hutang dan tidak terlalu resah dalam menghadapi masa-masa sulit.




    1. Mengerti keadaan finansial dan pendapatan

    Sebelum membuat perencanaan finansial, kamu perlu mengetahui dulu tentang keadaan finansial dan jumlah pendapatanmu setiap bulan. Di sini, kamu bisa memisahkan daftar pendapatan aktif per bulan dan daftar aset yang kamu miliki.


    (Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Selama Pandemi)


    2. Membuat daftar prioritas dan target finansial

    Setelah kamu mengerti keadaan finansialmu, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu membuat daftar prioritas tentang kewajiban-kewajiban yang harus kamu bayar dalam jumlah besar dan dalam waktu yang dekat. Contohnya biaya sekolah anak, cicilan rumah, mobil, dan sebagainya. Setelah itu, kamu bisa membuat target finansial.

    Dalam membuat target finansial, sebaiknya kamu membuat target dalam jangka pendek dan juga realistis. Seperti target untuk bebas dari segala cicilan, atau target untuk memiliki sejumlah uang yang diinginkan dalam tabungan di tahun depan.


    3. Pahami semua utangmu

    Alasan mengapa banyak orang tidak bisa memiliki stabilitas finansial yaitu karena mereka terlibat hutang dan tidak memahami semua utang tersebut. Kamu harus bisa memahami sumber terbesar hutang kamu agar dapat menuntaskannya. Jangan lupa juga dengan kartu kredit, terkadang, kartu kredit menjadi masalah besar bagi finansialmu kalau kamu tidak bisa menggunakannya dengan baik.


    4. Buat anggaran per bulan

    Membuat anggaran per bulan dapat mengontrol uang yang kamu gunakan agar tidak terjadi overspending dan berujung ke penggunaan kartu kredit secara berlebihan. Di sini, kamu juga bisa menganalisa kebiasaan-kebiasaan burukmu dalam menggunakan uang. Jangan lupa untuk eleminasi hal-hal yang tidak kamu butuhkan, ya!


    5. Sisihkan uang untuk dana keadaan darurat

    Menyisihkan uang untuk keadaan darurat itu sebenarnya penting sekali jika ingin mendapatkan stabilitas finansial. Jika kamu dapat menyisihkan uang untuk ini, itu artinya kamu bisa mengontrol keuanganmu. Memiliki dana keadaan darurat juga dapat membantu kesehatan mentalmu, kamu tidak akan merasa terlalu gelisah ketika akan mengalami masalah finansial karena adanya uang ini.


    6. Sisihkan uang untuk dana pensiun

    Dana pensiun kerap jarang dipikirkan oleh banyak orang Indonesia. Sebenarnya dana ini penting sekali untuk keberlangsungan hidupmu di masa tua nanti. Bagaimanapun keadaannya, kamu sebaiknya jangan terlalu bergantung kepada anak-anakmu. Sisihkan setidaknya 10% dari pendapatanmu per bulan untuk dana ini!


    7. Bikin jadwal untuk menulis perkembangan keuangan

    Agar kamu dapat mengelola uang dengan baik dan benar melalui cara-cara di atas, ada baiknya kamu menulis laporan keuangan secara berkala. Dengan melakukan ini, kamu bisa melihat apakah kamu berhasil atau tidak dalam mencapai rencanamu.


    (Baca Juga: 9 Tip Mudah Buka Usaha Dari Rumah)



    Itu dia cara mengelola uang yang baik agar bebas dari utang, apakah kamu siap untuk melakukannya?


    (Penulis: Regina Yohana)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below