Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Selama Pandemi


  • Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Selama Pandemi
    Bekerja sebagai asisten virtual merupakan salah satu cara mudah mendapatkan uang tambahan selama pandemi (Foto: Dok. Unsplash)

    Pandemi COVID-19 memaksa sebagian orang kehilangan pekerjaannya atau mengalami pengurangan gaji sementara kebutuhan hidup harus tetap dipenuhi. Oleh karena itu, HerWorld telah merangkum beberapa cara mudah untuk mendapatkan uang tambahan selama masa pandemi.


    (Baca Juga: Cara Dapatkan Lowongan Kerja Selama Pandemi Covid-19)




    Membuka jasa digital marketing


    Waktu penggunaan internet yang meningkat selama pandemi membuat berbagai perusahaan melakukan promosi digital dengan lebih gencar untuk dapat tetap memikat konsumennya. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik untukmu jika memiliki kemampuan dan pengalaman kerja sebagai konsultan brand di perusahaan yang sedang berekspansi ke dunia maya.


    Selain sebagai konsultan, kamu juga bisa mencoba posisi sebagai freelance graphic designer yang menyusun visual materi promosi digital.


    Bimbingan online

    Tak hanya pekerjaan, pendidikan juga beralih ke platform digital untuk metode belajarnya. Kini sudah tersedia berbagai platform bimbingan online untuk mendukung akademik para siswa. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kapabilitas untuk menjadi seorang tutor, baik dalam bidang akademik atau keahlian lainnya, kamu dapat mencoba mendaftarkan diri di situs bimbingan online populer baik dalam maupun luar negeri seperti Quipper, Ruang Guru, Tutor.com, We Teach Fashion, dan Skooli.


    Bekerja sebagai tim riset atau editor untuk konten Youtube

    Banyak public figure, maupun yang bukan, mencoba untuk mengunggah konten Youtube berupa aktivitasnya selama pandemi, tips dan trik, membagikan ilmunya di industri tertentu, mukbang, resep memasak, sampai hiburan yang mengulik kisah kriminal atau cerita mistis.


    Meningkatnya konten-konten ini dapat menjadi peluang bagimu untuk melamar kerja sebagai tim riset yang mempersiapkan konten mereka atau sebagai editor video, siapa tahu mereka juga sedang membutuhkan tenaga kerja untuk membantunya mengembangkan channel Youtube-nya.


    Menjual barang di marketplace

    Marketplace layaknya menjadi sebuah platform menjanjikan yang dapat menjembatani penjual dengan konsumennya secara cepat. Menjual barang di marketplace pun dapat dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ditambah dengan situasi pandemi yang memaksa orang untuk berbelanja melalui akses internet.


    Namun, yang penting diperhatikan adalah pastikan barang yang dijual memiliki nilai jual yang berbeda dari produk lainnya dan buat kemasan semenarik mungkin, mulai dari foto produk hingga packaging untuk meningkatkan keinginan konsumen.



    (Baca Juga: 9 Tip Mudah Buka Usaha Dari Rumah)


    Menawarkan diri sebagai asisten virtual

    Jika kamu merupakan pribadi yang terstruktur dan memiliki time management yang baik, kamu dapat menawarkan diri sebagai asisten virtual untuk membantu mereka yang memiliki workload dengan jumlah banyak. Pekerjaan ini akan membuka pintumu untuk masuk ke industri layanan digital.


    Hal ini dapat mulai dilakukan melalui situs seperti Upwork, Indeed.co, dan Remote.co. Di sana, keterampilanmu dalam berkomunikasi secara efektif dan kefasihan berbahasa Inggris akan dibutuhkan, serta penggunaan berbagai software bisnis.


    Semoga dari beberapa cara mudah mendapatkan uang tambahan selama pandemi di atas dapat membantumu ya!


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below