NO BRA DAY 2020: Fakta Seputar Hari Tanpa Bra Sedunia


  • NO BRA DAY 2020: Fakta Seputar Hari Tanpa Bra Sedunia
    Kampanye cegah kanker payudara lewat No Bra Day. (Foto: Dok. Thiszun/Pexels)


    Bulan Oktober dipenuhi dengan berbagai hari bersejarah dari dunia. Jika beberapa hari lalu adalah hari kesehatan jiwa sedunia, hari ini 13 Oktober sebagai peringatan no bra day atau hari tanpa bra sedunia. 

    Tercetusnya hari ini juga selaras dengan bulan Oktober sebagai bulan Kanker Payudara Sedunia. Dengan tercetusnya peringatan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan payudara sekaligus mendukung mereka yang mengidap penyakit ini. 



    Agar kamu lebih kenal dengan peringatan no bra day, berikut Her World rangkum sejumlah fakta mengenai no bra day atau hari tanpa beha sedunia 2020.


    (Baca Juga: 6 Cara Untuk Memperingati 'Hari Kanker Payudara')


    1. No Bra Day untuk melawan kanker payudara

    Stigma kanker payudara yang dianggap mengerikan mendorong setiap wanita untuk mengampanyekan #nobraday setiap 13 Oktober. Melansir laman Womens Health Mag, salah satu dokter yang ikut mendukungnya adalah dr. Mitchell Brown.

    Tak hanya itu sebagai peningkatan kesadaran masyarakat mengenai penyakit kanker yang satu ini, No Bra Day juga diharapkan bisa mengajak sejumlah wanita di dunia untuk melakukan kontrol payudara untuk mengetahui gejalanya.


    2. Edukatif dan hiburan



    Meskipun bertujuan untuk pencegahan kanker payudara sejak dini, #Nobraday kerap dipenuhi dengan berbagai informasi. Mulai dari hal-hal edukatif hingga hiburan semata. 

    Beberapa yang setuju dengan gerakan ini akan mengunggah tampilannya tanpa beha ada pula yang memberikan informasi mengenai kanker payudara seputar gejala dan cara mencegahnya. Sementara beberapa orang juga kerap mengunggah berbagai meme di sosial media dan menjadikan #nobraday sebagai hiburan.

    Di samping itu menurut studi dari National Center For Health Research, di dalam buku Dr Susan berjudul Love's Breast dia menjelaskan bahwa terdapat variasi geografis dalam penyebab kanker payudara, di antaranya diet, olahraga, gaya hidup, praktik melahirkan anak, serta perilaku dan eksposur lain yang merupakan penjelasan yang lebih masuk akal untuk perbedaan regional ini sebagai fakto kanker payudara daripada beha.


    (Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara)


    3. Perayaan yang tak biasa

    Lewat hastag #NoBraDay, lebih dari 80ribu orang mengunggah foto mereka tanpa mengenakan beha pada hari itu. Sejumlah orang pun kerap memberikan pemahaman mengenai kanker payudara lewat konten kreatif seperti infografis atau cerita pengalaman hidupnya.


    Happy No Bra Day! Mari cegah kanker payudara sejak dini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below