Ketahui Cara Hadapi Perceraian Dengan Tenang


  • Ketahui Cara Hadapi Perceraian Dengan Tenang
    Ketahui Cara Hadapi Perceraian Dengan Tenang (Foto:Dok/Freepik)


    Setiap pasangan pastinya tak ingin hubungannya berakhir dengan perceraian. Namun terkadang permasalahan yang pelik kerap membawanya pada pilihan untuk berpisah.

    Terbiasa menghadapi masalah bersama-sama, tentunya akan terasa berbeda kala kamu dan pasangan harus menghadapi perceraian dengan cara yang dipilih oleh masing-masing. Sehingga diri kerap merasa sendirian, takut dan sedih berkepanjangan.

    Agar hal ini tidak berkepanjangan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar diri tetap tenang saat menghadapi perceraian. Mulai dari melakukan ritual memanjakan diri hingga mencari hiburan. Selain itu ketahui cara hadapi perceraian dengan tenang berikut ini. 


    (Baca Juga: Ketahui Cara Hadapi Perceraian Dengan Tenang)


    1. Mandi air hangat

    Menghadapi perceraian kerap jadi suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Sehingga perasaan stres menjelang waktu itu tiba pun kian dirasakan, justru semakin menjadi-jadi.

    Untuk meminimalisirnya kamu bisa berendam di bath up dengan air hangat selama beberapa menit. Hal ini bermanfaat untuk merenggangkan otot-otot yang tegang. Kamu bisa pula mengatur pernapasanmu sekaligus mengendalikan pikiranmu agar tetap tenang. Jika kamu ingin menambah suasana ketenangan, kamu bisa menyalakan musik yang menyenangkan dan mungkin aroma terapi yang merileksasi. 


    2. Tetap fokus pada rutinitas

    Fokusmu yang teralihkan karena masalah-masalah dalam keluarga juga bisa membuat dirimu tidak lagi menjalankan rutinitas seperti biasanya. Jika mungkin kamu dulu sangat ketat dalam memilih makanan, olahraga yang teratur dan waktu tidur yang benar, hal ini bisa saja terhentikan karena perceraian merenggut waktumu untuk memikirkannya.

    Oleh sebabnya, penting untuk menyadari bahwa tubuhmu tetap butuh perhatian. Tetaplah fokus pada rutinitas harianmu, dan jangan berlebihan dalam memikirkan hal yang membuatmu sakit hati.


    (Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Hubungan Terhindar Dari Perceraian)


    3. Rawat diri

    Sesekali pergilah untuk memanjakan diri yang sekaligus bisa merawat dirimu jadi lebih baik. Ajak anak-anak atau temanmu untuk melakukan perawatan kuku, creambath ke salon dan memijat tubuh. 

    Coba juga untuk membaca buku favorit hingga belajarlah untuk tidak terlalu banyak memainkan sosial media. Hal ini bisa memicu perasaanmu kala melihat hal-hal yang belum siap kamu lihat.


    4. Bangun pertemanan

    Bagaiamanapun, kamu tidak bisa menghadapi semua ini sendirian. Dan bukanlah masalah jika kamu berbagi cerita dan berkeluh kesah pada teman terdekatmu. 

    Melansir laman Psychology Today, pertemanan yang sehat bisa membuatmu merasa dicintai dan dihargai kedatangannya. Dengan begitu, kamu akan lebih kuat untuk menghadapi perceraian.


    5. Lepaskan emosi

    Lepaskanlah emosi di dalam dadamu yang selama ini mungkin kamu pendam. Tidak ada salahnya jika kamu ingin menangis, dan hal ini memang lebih baik dilepaskan dibandingkan ditahan.

    Dan jika kamu memiliki anak yang membuatmu takut mereka melihat kesedihanmu. Kamu bisa pergi ke psikolog atau psikiater agar kamu lebih rileks menceritakannya.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Ketakutan Menikah Akibat Perceraian)


    6. Olahraga

    Jika biasanya kamu memilih olahraga seperti jogging, renang dan bersepeda, cobalah untuk mengganti jenis olahragamu dengan yang lebih menyenangkan. Seperti skating, bowling dan lainnya. Ragam jenis olahraga ini tak hanya membuatmu sehat tapi juga menyenangkan untuk dilakukan.


    7. Cari hiburan

    Salah satu cara hadapi perceraian dengan tenang adalah dengan mencari hiburan yang membuatmu bahagia. Kamu bisa mencarinya lewat tontonan komedi, bermain games, mengonsumsi makanan manis dan lainnya. Mungkin beberapa kali melakukannya kamu akan merasa ada yang hilang, namun jika dilakukan terus menerus cara ini bisa buatmu terbiasa.


    Itulah sejumlah cara hadapi perceraian dengan tenang. Selamat mencoba.