Konsumsi 4 Minuman Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak!


  • Konsumsi 4 Minuman Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak!
    Miliki kualitas tidur yang lebih baik dengan mengonsumsi empat minuman ini sebelum tidur. (Foto: Dok. Unsplash)

    Mempunyai kualitas tidur yang baik, tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikutip dari Healthline, para ahli merekomendasikan orang dewasa berusia 18-60 tahun, setidaknya memiliki waktu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.

    Terlalu sedikit atau terlalu banyak waktu tidur setiap malamnya, dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kematian. Namun saat ini, memiliki kualitas tidur yang baik bukanlah perkara mudah, apalagi dengan adanya sosial media. Untungnya, empat minuman ini dapat kamu nikmati untuk membantu agar tidur lebih nyenyak. 




    1. Teh Kamomil (Chamomile Tea)

    Ilustrasi teh chamomile

    (Ilustrasi teh chamomile. Foto. Dok. Freepik)


    Jenis teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mampu membantu menenangkan saraf dan memberikan efek rileksasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. Efek menenangkan yang diberikan teh kamomil berasal dari zat flavonoid apigenin yang terkandung di dalamnya.

    Chamomile Tea memiliki rasa yang tidak terlalu kuat, memiliki rasa manis alami dan bebas kafein. Konsumsi teh kamomil 30-60 menit sebelum tidur. Cara membuatnya pun cukup mudah, tambahkan satu sampai dua sendok makan teh bunga kamomil kering dengan secangkir air panas. Aduk hingga teh larut, lalu saring. Teh kamomil siap dinikmati. 


    2. Peppermint Tea

    Ilustrasi peppermint tea

    (Ilustrasi teh peppermint. Foto. Dok. Imykola on Freepik)


    Peppermint Tea berguna untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga baik untuk membuat tidur lebih nyenyak. Meskipun efek dari peppermint tea ini tidak langsung membuat kamu mengantuk, namun pikiran dan tubuh yang tenang sebelum tidur tentu dapat memaksimalkan waktu istirahat. Tenang saja, jenis teh ini sama sekali tidak mengandung kafein.

    Cara membuatnya, rebus segelas air dan tambahkan daun peppermint secukupnya. Biarkan daun di dalam air panas setidaknya selama lima menit. Barulah kamu bisa mengonsumsinya. Teh peppermint umumnya aman untuk dikonsumsi, namun untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung dan penyakit tekanan darah sebaiknya tidak mengonsumsi teh ini di malam hari. Karena dapat mengganggu pencernaan dan tekanan darah.


    (Baca juga: 10 Minuman Kekinian yang Menggugah Selera dan Disukai)


    3. Jus Ceri


    (Ilustrasi jus ceri. Foto: Dok. Josh Sorenson on Pexels)


    Buah ceri dikenal sebagai buah yang baik untuk memperbaiki kualitas tidur. Ini karena ceri mengandung melatonin yang membantu mengatasi sulit tidur. Selain itu, ceri juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, karena kandungan antioksidannya. Selalu usahakan konsumsi jus ceri tanpa tambahan gula ya


    4. Susu Hangat


    (Ilustrasi susu hangat. Foto: Dok. Freepik)


    Minuman yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, untuk membantu agar tidur lebih nyenyak. Itu karena susu mengandung triptofan yang secara alami meningkatkan kadar serotonin, yang mendorong peningkatan kadar melatonin. Melatonin berperan untuk meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengatasi gangguan tidur serta insomnia. 


    Minum segelas susu hangat sebelum tidur dipercaya mampu menenangkan dan membantu kamu bersiap untuk istirahat. Salah satu jenis susu yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan kualitas tidur, yaitu almond milk. Ini berkat kandungan triptofan, melatonin dan magnesium yang terkandung di dalamnya. Namun, jika kamu memiliki alergi kacang sebaiknya hindari susu almond, karena bahan utama pembuatan susu ini yaitu kacang almond.


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below