10 Cara Mudah 'Move On' Dari Mantan Kekasih


  • 10 Cara Mudah 'Move On' Dari Mantan Kekasih
    Lakukan hal ini agar diri cepat move on dari sang mantan(Foto:Dok.Hassan/Pexels)


    Putusnya hubungan dengan orang yang dicintai buat hati terasa sakit dan dilanda perasaan sedih, kecewa dan penyesalan. Berbagai kenangan dengan sang mantan seakan terikat dalam memori dan sulit untuk dilupakan. Jika dibiarkan, diri akan terjerat dengan bayang-bayang masa lalu dan gagal untuk move on.

    Meskipun sulit untuk dilakukan, tapi banyak cara yang bisa dilakukan agar diri tak berlarut dalam kesedihan. Dengan melakukan hal yang menyenangkan, perlahan pikiran akan teralihkan dan buat hati siap untuk terbuka kembali. Jika bingung apa yang harus dilakukan, berikut cara mudah untuk move on dari mantan kekasih dirangkum dari berbagai sumber:

    (Baca Juga: 'Self-Love', Belajar Mencintai Diri Di Awal Tahun 2020)


    1. Putuskan Kontak


    (Jangan berhubungan untuk sementara waktu.Foto:Dok/Pexels)

    Banyak orang yang ingin terus menjaga hubungan bersama mantan dengan cara terus berkomunikasi. Namun, hal ini ternyata bisa menambah sulit diri untuk move on dan merelakan dia pergi. Berhentilah sejenak untuk berhubungan dengan mantan. Hal ini bisa membantumu untuk menyadari bahwa hubunganmu telah usai dan siap untuk memulai hubungan baru.


    2. Lakukan Hal Yang Menyenangkan

    Perasaan sedih kita putus hubungan dengan orang yang dicintai memanglah hal yang wajar, namun apakah hal itu berguna jika dilakukan terus menerus? Apakah dengan hal itu, kekasih akan kembali lagi? Terlalu lama bersedih hanya membuang waktumu mendapatkan kebahagiaan lain. Carilah kegiatan yang bisa membuatmu lebih bahagia. Sebagai cara lain, melansir laman Psychology Today, buatlah daftar yang bertuliskan hal-hal menyedihkan selama diri menjalani hubungan dengan sang mantan. Hal ini bisa membantu untuk menyadari bahwa hubungan memang harus berakhir. 

    (Baca Juga: Museum Patah Hati untuk Terapi "Move On")


    3. Berdamai Dengan Masa Lalu

    Tak jarang amarah pun muncul ketika hubungan yang dipertahankan sejak dulu harus berakhir. Namun, jika dibiarkan justru akan terus menyakiti diri sendiri dan semakin sulit untuk move on darinya, karena pikiran akan terus tertuju pada mantan. 

    Yang diperlukan agar mudah untuk melupakannya adalah memaafkan apa yang telah terjadi dan berdamailah dengan masa lalu. Carilah dukungan dari orang sekitar untuk mendapatkan perspektif lain yang bisa mengubah pandanganmu bahwa berakhirnya hubunganmu salah satu langkah yang positif untuk masa depanmu.


    4. Jangan Salahkan Diri Sendiri

    Menyalahkan diri sendiri tidak akan berguna dan justru membuatmu semakin mengingatnya. Cobalah untuk mendekat dengan keluarga dan teman-temanmu agar pikiranmu teralihkan dari si dia.


    5. Belajar Untuk Mencintai Diri Sendiri


    (Cintai dirimu sendiri.Foto.Dok.Bruce/Pexels)

    Hal tersulit dari putusnya hubungan adalah untuk membangun kepercayaan bahwa diri pantas mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Hal ini menjadi salah satu bentuk bahwa kamu telah mencintai diri sendiri dan percaya, apa yang telah terjadi merupakan hal yang terbaik untuk diri sendiri.


    6. Jauhi Tempat Yang Penuh Dengan Kenangan

    Beberapa orang justru menjadikan tempat yang biasa didatangi bersama sang kekasih adalah tantangan untuk membuat diri merasa baik-baik saja. Jika berhasil, diri mungkin akan merasa senang, namun jika gagal, cara ini bisa membuat bertambah sulit untuk move on. Melansir laman Thought Catalog tidak mendatangi deretan tempat yang penuh dengan kenangan dengan kekasihmu dulu bisa jadi upaya untuk melupakan mantanmu. Carilah tempat baru yang bisa membuat kenangan baru.

    (Baca Juga: 10 Lagu Wajib Dengar Supaya Cepat Move On dari Mantan)


    7. Sembunyikan Barang Darinya

    Menyimpan kenangan dari si dia bukanlah masalah, namun letakkanlah di tempat yang sulit dijangkau. Kumpulkanlah foto dan barang yang telah diberikan dari mantan di dalam satu tempat dan jauhkanlah. Semakin sering terlihat, dia makin sulit untuk dilupakan.


    8. Terus Awasi Diri

    Rasa rindu yang bisa saja muncul setelah berpisah dengan orang yang kita cintai adalah perasaan yang wajar. Namun, perasaan ini harus tetap diawasi dan diberi batas, agar tidak berlarut lama yang bisa mengakibatkan gagal move on.

    (Baca Juga: Cara Terbaik untuk Move On)


    9. Curahkan Perasaan Dengan Tulisan

    Menuliskan apa yang diri rasakan bisa membantumu untuk mencurahkan isi hati. Semua rasa gundah dan kesedihan akan tersimpan rapi dalam bukumu. Diri juga bisa menuliskan kata-kata motivasi untuk diri sendiri yang bisa membantu untuk terus bertahan dan melupakan seseorang yang pernah singgah di hati. 


    10. Fokus Pada Masa Depan


    (Fokus dan mempersiapkan masa depan.Foto:Dok.Victor/Pexels)

    Putus dengan kekasih yang dicintai memang menyedihkan, apalagi jika diri sudah membayangkan masa depan bersamanya. Namun, merelakan apa yang sudah terjadi bisa membuat diri tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Fokuskan diri pada cita-cita yang diimpikan, maka cepat atau lambat dirimu akan melupakan dia yang telah menyakiti.