Review Film: 'Bombshell'


  • Review Film: 'Bombshell'
    Beranjak dari kisah nyata, film 'Bombshell' mengangkat skandal seks CEO Fox News di 2016. Tegang sekaligus memukau. (Foto: Dok/Lionsgate)


    Beranjak dari kisah nyata, film 'Bombshell' mengangkat skandal pelecehan seksual yang dialami para pekerja perempuan Fox News Channel, AS pada 2016. Kengerian dan dampak psikologis dari pelecehan tersebut dimunculkan, dan begitu juga perlawanan. Film ini berhasil hampir di semua elemennya. 

    Sutradara Jay Roach menyuguhkan film yang sangat memukau dengan naskah skenario matang yang ditulis Charles Randolph (The Big Short). Di luar itu, tiga pemeran utamanya, yakni Charlize Theron, Nicole Kidman dan Margot Robbie membuat 'Bombshell' menjadi salah satu film yang patut ditonton tahun ini. 



    Transformasi ketiga pemeran membuat film ini menjadi begitu hidup. Bahkan, Charlize Theron hampir tak dikenali kala menjadi Megyn Kelly. Penampilannya di sepanjang film paling ditunggu. 

    (Baca juga: Review Film: Cats)


    (Adegan Bombshell, Charlize Theron dan John Lithgow. Foto: Dok/Lionsgate) 


    Film ini dibuka dengan sesi talkshow Megyn Kelly (Theron) kala masa debat kampanye calon Presiden Trump. Ia juga yang kemudian mengajak penonton untuk mengenali kantor berita Fox News Channel yang terdiri dari beberapa lantai, dari mulai ruang redaksi, studio hingga ruang pimpinan atau CEO dan pemilik Fox. 

    Lantai 2, dimana berada CEO Fox, Roger Ailes (John Lithgow) paling 'seram'. Nuansa seram itu dimunculkan dari pengambilan gambar dan juga musik pengiring. Suatu kali, Ailes menekan Kayla Pospisili (Margot Robbie), produser program yang membuatnya ketakutan setengah mati kala diminta mengangkat roknya tinggi-tinggi. 

    Gugatan terhadap Ailes dimunculkan pertama kali oleh Gretchen Carlson (Nicole Kidman). Pada pengacara, ia mengungkap bagaimana sistemiknya pelecehan yang dilakukan oleh Ailes, dari penampilan sensual di depan kamera hingga 'syarat' kalau mau mendapatkan program di tayangan utama dan promosi. 

    Gugatan Gretchen terhadap Ailes membuat gaduh hingga pemilik Fox News Rupert Murdoch mesti turun tangan. Namun, gugatan ini akan sia-sia jika tak ada bukti dan laporan dari korban pelecehan lainnya? Apakah megyn Kelly mau bersaksi? Bagaimana dengan Kayla? Disinilah Bombshell menjadi menarik untuk diikuti. 


    (Adegan Bombshell; Nicole Kidman dan Margot Robbie. Foto: Dok/Lionsgate) 


    Skandal seks 

    Dari awal sejak trailernya dirilis pertama kali beberapa waktu lalu, film Bombshell sudah mencuri perhatian publik terutama akan aksi Theron, Kidman dan Robbie dalam lift yang menegangkan.

    Sutradara Jay Roach membuat film yang bermuatan berat ini seringan mungkin. Dengan pengambilan gambar dan editing yang menyenangkan untuk dilihat. Di luar itu, divisi riasan wajah dan rambut patut mendapat apresiasi. Tak hanya para pemeran utama, pemeran pendukung lainnya pun juga tampil hampir tanpa cela. 

    Sementara, di jajaran para pemeran, Charlize Theron paling hampir tak dikenali. Bahkan suaranya pun dibuat agak sedikit berat yang memiliki kemiripan dengan sosok aslinya. Kidman meski tak muncul sebanyak Theron tapi selalu memukau. Dan Margot Robbie mampu mengimbanginya. Adegan kala ia mendapat perlakuan tak enak dari Ailes menjadi salah satu adegan yang membuatnya patut mendapat tepuk tangan riuh. 

    Film ini tak hanya sekadar menghibur, tapi juga menjadi penting karena mengangkat tema serius yang patut menajdi perhatian dan dipahami lebih jauh. Betapa mengerikannya dampak pelecehan seksual tak hanya terhadap fisik tapi juga mental, serta trauma yang ditimbulkannya. Dan untuk itu, korban patut bersuara supaya tak lagi ada korban jatuh berikutnya. 

    Film 'Bombshell' berpotensi jadi salah satu film terbaik tahun ini, tayang di bioskop Indonesia mulai 31 Desember 2019. 




 

Related Articles

DENIM BOMBSHELL

DENIM BOMBSHELL

oleh Maureen Lim

Review Film: Frozen 2

Review Film: Frozen 2

oleh Rahman Indra

Review Film: 'Ratu Ilmu Hitam'

Review Film: 'Ratu Ilmu Hitam'

oleh Hafizah Rana Dalilah

Review Film: 'Keluarga Cemara'

Review Film: 'Keluarga Cemara'

oleh Rahman Indra

Advertisement - Continue Reading Below