Resmi Dibuka, Pilates Soul Tawarkan Kelas Kebugaran


  • Resmi Dibuka, Pilates Soul Tawarkan Kelas Kebugaran
    Menawarkan kelas kebugaran yang beragam dan lebih personal, studio Pilates Soul resmi dibuka di bilangan Wijaya 1 Jakarta Selatan. (Foto: Dok/PilatesSoul)


    Didorong dengan kecintaan dan semangat dalam dunia kebugaran dan pilates, Sandi Fajar Ariyanti, Ully Manik, Cecilia Manik dan Dini Suryani mendirikan Pilates Soul. Resmi dibuka pada 6 September lalu, studio pilates di Wijaya 1 No.73, Jakarta Selatan ini menyuguhkan kelas grup dan private yang bisa jadi pilihan. 

    Selain menawarkan kenyamanan bagi mereka yang inginkan kebugaran, studio ini juga memberi pendekatan personal pada setiap yang ingin latihan sesuai kebutuhan tubuh. 



    Dalam kesempatan peresmian pembukaannya, Ully Manik mengungkapkan ada sejarah khusus kenapa terdapat kata Soul di 'Pilates Soul'. Kata dia, soul mengandung makna jiwa yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ini kemudian menjadi tantangan bagi setiap orang untuk membuatnya selaras dengan raga. 

    (Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit) 

    "Selain jiwa, karakteristik seseorang juga beragam, tak semua orang fleksibel dan memiliki kekuatan yang sama, oleh karenanya Pilates Soul percaya jika seseorang fokus dan banyak berlatih, orang tersebut akan dapat menghubungkan jiwa dan raga mereka untuk mencapai kepuasan terhadap diri sendiri," ujar Ully menambahkan. 


    (Cecilia, Ully, Sandi dan Dini dalam pembukaan studio Pilates Soul. Foto: Dok/PilatesSoul) 


    Hal senada ditambahkan Dini. Menurutnya, selama ini masih banyak orang yang beranggapan pilates masih identik dengan olahraga yang dilakukan untuk pemulihan dari cidera dan dikhususkan bagi kalangan wanita, tapi faktanya pilates dianjurkan dilakukan sebelum adanya cidera. 

    "Ini ditujukan untuk menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan tentunya untuk meminimalisir cidera yang terjadi pada tubuh," ujarnya menambahkan. 

    Stigma bahwa pilates merupakan olahraga bagi kalangan wanita pun, juga salah, karena pilates merupakan olahraga yang bersifat unisex dan cocok bagi kalangan muda hingga tua. 

    Menurut Dini, melakukan latihan pilates dengan rutin, dapat membuat kita untuk mempunyai body awareness terhadap tubuh kita sendiri, di mana kita mulai memahami tubuh, bagaimana otot bekerja baik saat berolahraga maupun saat melakukan kegiatan rutin sehari-hari. 

    Kelas lainnya


    (Latihan percobaan di studio Pilates Soul. Foto: Dok/PilatesSoul) 


    Tak hanya pilates, Pilates Soul juga menghadirkan kelas yoga dan zumba sebagai pilihan lainnya. Gerakan yoga, seperti disampaikan Cecilia terdiri dari meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur. Kekuatan otot dan fleksibilitas, kata dia menjadi fokus utama dari yoga. Selain itu, gerakan yoga terpusat pada penyeimbangan tubuh dan pikiran serta peregangan otot. 

    Olahraga ini bersifat tenang dan tak terlalu banyak membakar kalori. Yoga, kata dia, cocok untuk mereka yang menginginkan latihan bernuansa spiritual dan membantu mengontrol stres dengan baik. 

    Sementara, zumba merupakan tarian kebugaran yang menggabungkan antara samba, salsa, reggae, hip hop dan beberapa tarian lainnya. Ditujukan untuk membakar lemak secara cepat. 

    'Pilates Soul adalah tempat di mana seseorang bisa mendapatkan inspirasi untuk bergerak dan termotivasi agar bisa lebih baik," ujar Sandi menambahkan.  

    Dalam kesempatan pembukaannya, studio Pilates Soul memberi unjuk beberapa ruang untuk latihan dan juga ruang yang berisi peralatan pilates lengkap. Adapun kelas-kelas yang ditawarkan diantaranya Pilates, Spine Corrector, Matwork, Stretch and Release, Kelas Yoga dan Zumba. Kelas-kelas ini hadir hampir setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below