Life & health

8 Cara Efektif Persiapkan Diri Hadapi Hari Senin

By : Rahman Indra - 2019-09-07 18:16:00 8 Cara Efektif Persiapkan Diri Hadapi Hari Senin


Akhir pekan tidak pernah terasa cukup panjang, dan tanpa disadari, sebuah minggu yang baru sudah dimulai kembali. Di sisi lain, hal ini mungkin merupakan sebuah indikasi kondisi mental dan seberapa bahagia (atau tidak) –nya kamu dengan pekerjaan yang dijalani. 

Hari Senin tidak harus menjadi suatu hal yang ‘suram’– Senin justru merupakan awal dimulainya sebuah minggu yang baru. Minggu baru dengan berbagai kemungkinan dan peluang yang menunggu untuk digali. Mungkin yang perlu kamu lakukan adalah mencari alasan bagus bagi diri untuk dapat menyambut minggu yang akan datang.

Bagaimana menyiasatinya? Dirangkum dari JobStreet.com, ada beberapa cara efektif yang bisa diterapkan untuk mempersiapkan diri menghadapi hari Senin. Yang bisa membuat lebih bersemangat dan menyenangkan. Apa saja?

(Baca juga: 8 Hal Kecil yang Bakal Menentukan Karier Kamu)

1. Manjakan diri 

Manfaatkan hari Sabtu sebaik mungkin. Hari Sabtu adalah hari pribadi, jadi manjakan semua indera dan hadiahi diri kamu atas kerja keras seminggu kemarin. Kamu layak mendapatkannya!


2. Bersih-bersih pada hari Minggu

Rumah yang bersih adalah rumah yang menenangkan. Mengawali minggu dengan pulang ke rumah yang bersih dan segar setelah sebuah Senin yang sibuk akan memberikan perasaan yang positif.


3. Jadikan minggu tersebut menyenangkan

Siapkan kegiatan yang 'fun' untuk dilakukan sepanjang pekan. Atur jadwal menonton film dengan teman, mencoba sebuah restoran baru, atau mungkin jadwalkan sesi 'massage' atau spa. Siapkan ‘pancingan’ menarik di tengah pekan untuk memotivasi diri.


4. Hidup teratur

Siapkan perlengkapan olahragamu. Jangan beri diri alasan apapun untuk bolos berolahraga. Menjadikan olahraga sebuah kebiasaan rutin akan meningkatkan produktivitas dan semangat. Siapa tahu, kamu bahkan mungkin akan mulai menyukai hari Senin!


5. Susun jadwal 

Buat sebuah 'to-do list' agar kamu dapat memprioritaskan tugas-tugas untuk minggu mendatang. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga akan membantu tetap fokus sepanjang minggu. Sebuah solusi 'win-win' di segala aspek!


6. Makan dengan baik

Awali Senin dengan 'sarapan yang lezat'. Makanan yang lezat selalu dapat menghibur hati, terutama pada awal minggu yang sibuk, jadi pastikan kamu mengisi energi dengan sarapan yang memuaskan!


7. Hindari kemacetan

Berangkat kerja lebih awal. Kemacetan merupakan cara terburuk untuk memulai hari. Hindari kemacetan pada jam sibuk dan pergilah ke kantor lebih awal sehingga kamu dapat berangkat dengan rileks dan memulai hari dengan tenang.


8. Pasang musik favorit 

Mainkan lagu-lagu favorit kamu selama perjalanan berangkat dan pulang kantor. Sebuah aktivitas yang layak dilakukan pada Minggu malam: menyusun 'playlist' untuk perjalanan di hari Senin. Musik yang tepat memiliki efek yang menakjubkan bagi semangat dan pikiran seseorang.


Hari Senin tidak harus melulu suram dan menakutkan. Sebaliknya, jika kamu belajar untuk menghargai hari Senin sebagai awal dari minggu baru yang menarik dan bukan sebagai suatu prospek yang ditakuti, kamu justru mungkin mendapat manfaat dari peningkatan produktivitas dan tingkat kebahagiaan bekerja yang lebih baik. Coba langkah-langkah diatas, kamu mungkin akan terkejut dengan hasilnya.


Life & health