Gagal Jantung, Sakit BJ Habibie Hingga Tutup Usia


  • Gagal Jantung, Sakit BJ Habibie Hingga Tutup Usia
    Presiden RI yang ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di usianya yang ke 83 tahun akibat penyakit gagal jantung yang dideritanya. (Foto: Dok/Instagram/@b.jhabibie)


    Presiden ke-tiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18:05 WIb di RSPAD, Jakarta. Meninggal di usia 83 tahun, ia disebutkan mengidap penyakit gagal jantung dan sempat dirawat sejak 1 September lalu.



    Sakit yang diidap Habibie ini disampaikan putranya, Thareq Kemal Habibie. Ia mengungkapkan alasan kenapa ayahnya meninggal karena menua dan dimakan usia. Gagal jantung, kata dia, mengakibatkan penurunan, organ-organ degenrasi melemah, menjadi tak kuat lagi, hingga jantungnya sendiri menyerah. 

    Gagal jantung merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang bisa menyerang siapapun, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Penyakit ini juga menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut data yang dirangkum Our World In Data di 2017, penyakit jantung berada di urutan teratas dengan angka mencapai 31,8%, diikuti kanker dan penyakit pernapasan.

    Sementara, dilansir dari Medical News Today, gagal jantung adalah kondisi jantung yang tak bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Sehingga tubuh tidak mendapatkan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen. Hal ini akan berpengaruh pada fungsi sel dan organ tubuh.

    (Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui)


    Penyebab Gagal Jantung 

    Gagal jantung ditengarai disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya karena kelelahan, dan juga bisa karena bawaan sejak lahir. Namun kebanyakan dialami oleh seorang saat usia tua, meski tak menutup kemungkinan terjadi pada mereka yang berusia muda. 

    Selain usia tua, ada juga yang bisa disebabkan oleh adanya riwayat infeksi tertentu yang dapat memengaruhi jantung, riwayat sakit jantung atau serangan jantung, dan faktor risiko lainnya seperti mengidap diabetes, obesitas, merokok aktif, anemia dan sistem imun yang rendah. 

    Adapun gejalanya, seperti kelelahan, nafas tersengal-sengal, suara detak jantung tak normal, bengkak di pergelangan kaki, dan sering pusing. Bagaimana mencegahnya?


    Cara Mencegah Penyakit Gagal Jantung


    (Ilustrasi mencegah penyakit gagal jantung.Foto:Dok/Pixabay)


    Menjalani pola hidup sehat merupakan cara utama agar terhindar dari penyakit gagal jantung. Seperti menjaga berat badan dan mengonsumsi makanan sehat bisa jadi cara ampuh untuk mencegah diri agar terhindar dari penyakit ini.

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penyakit gagal jantung:

    1. Berolahraga

    Menggerakan tubuh atau berolahraga hingga mengeluarkan keringat bisa jadi membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain bisa menghindari tubuh dari penyakit gagal jantung, lemak di tubuh pula bisa terbakar dan mengurangi lemak jenuh yang tidak baik.

    2. Mengonsumsi Makanan Sehat

    Buah-buahan dan sayur-sayuran bisa jadi asupan bergizi untuk meningkatkan stamina dalam tubuh. Dengan mengolahnya menjadi santapan siang dan malam, penyakit kronis bisa terhindar dari tubuhmu.

    3. Kurangi Minuman Beralkohol dan Rokok

    Asap rokok dan minuman alkohol bisa merusak sel-sel tubuh yang bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mudah terserang penyakit kronis.

    4. Menjaga Berat Badan

    Mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna dengan pola makan di waktu yang tepat akan membantu tubuh memiliki berat badan yang stabil. Atau adapun alternatif lain, seperti diet sehat dan berolahraga akan menambah kesehatan dalam tubuhmu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below