Life & health

Tips Memanfaatkan Sosial Media ala Raditya Dika

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-09-13 10:55:00 Tips Memanfaatkan Sosial Media ala Raditya Dika

Setelah sukses sebagai standup comedian, aktor dan sutradara, Raditya Dika pun kini termasuk salah satu yang memanfaatkan media sosial sebagai sumber penghasilannya. Seperti apa kiprah dan pengalaman yang dijalaninya? 

Dalam kesempatan gelaran CEO Club di Jakarta beberapa waktu lalu, Dika berbagi cerita bagaimana ia memanfaatkan media sosial sebagai jenjang karirnya. Menjadi seorang pengguna media sosial untuk berkarir, kata dia, perlu dibarengi dengan etika agar menjadi penggunanya yang bijak.

"Saya menganggap diri saya sebagai media, dan sebagai media saya harus netral. Kalau tujuan kita ingin mendapatkan uang dari sosial media, kita harus punya etika," ujarnya. 

(Baca Juga: Etika Media Sosial)



(Raditya Dika berbagi tips pemanfaatan media sosial untuk membuat konten.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World Indonesia)


Di kesempatan itu juga, dirinya memberikan tips untuk membuat konten media sosial agar berjalan dengan etika yang konsisten. Diantaranya adalah dalam membuat planning, penjualan dan berikut tiga tips yang dianjurkan oleh Raditya Dika untuk memonetisasi media sosial:

(Baca Juga: Etika Sosial Media yang Paling Sering Dilupakan)

1. Content Planning

Dalam mengembangkan YouTubenya, Raditya Dika tidak semata-mata berjalan tanpa arah dan perencanaan untuk kedepannya. Oleh karenanya, untuk membuat sebuah konten yang epik dan sesuai target, dirinya membuat sebuah content planning agar semua yang dilakukan sesuai rencana. 

2. Manager & Tim

Agar target sesuai dengan rencana, bergerak seorang diri akan sangat rumit, terutama untuk alur kerja yang efisien. Menurut Raditya Dika, untuk mewujudkan kerja yang profesional di ranah media sosial, kerja sama tim sangat mempengaruhi cara kerja terutama untuk negosiasi antar klien.'Mempunyai tim dan manager supaya profesional, dan hal ini juga mempengaruhi cara kerja kita," ujarnya.

3. Sales dan Relation

Sebagaimana tujuannya, untuk menciptakan finansial melalui media sosial, penjualan konten dan membangun relasi menjadi suatu kesatuan yang penting untuk diwujudkan. Untuk itu dalam sebuah tim, diperlukan seorang sales dan relation untuk membangun strategi untuk menghasilkan target yang ingin dicapai.


Life & health