9 Asupan Untuk Hilangkan Rasa Kram Saat Menstruasi


  • 9 Asupan Untuk Hilangkan Rasa Kram Saat Menstruasi
    Cegah kram menstruasi dengan asupan bergizi. (Foto:Dok/Health Magazine)


    Rasa kram pada bagian perut ketika menstruasi kerap mengganggu mood sehari-hari. Bahkan, rasa pusing hingga tak mampu beranjak dari kasur bisa juga dirasakan saat datang bulan. Hal ini bisa jadi penghambat berbagai aktivitas yang padat, dan membuatmu lemas.

    Untuk mengatasinya, tubuh perlu mendapatkan gizi yang baik agar rasa sakit tak berlebihan. Di antaranya vitamin D, Omega-3, zat besi, kadar air yang cukup dan kandungan lainnya yang bisa ditemui di berbagai olahan makanan dan minuman. Seperti yang ada di dalam sayur, buah-buahan dan teh.



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk atasi kram saat menstruasi atau datang bulan  :

    (Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kram Menstruasi)


    1. Telur


    (Telur baik untuk melancarkan menstruasi.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Telur merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung zat besi, vitamin yang tinggi dan protein yang baik untuk dikonsumsi saat menstruasi. Dengan kandungannya yang baik itu, dipercaya mampu untuk mengurangi rasa sakit pada perut yang sensitif.


    2. Teh Kamomil


    (Teh Kamomil bisa menenangkan.Foto:Dok.Rawpixels/Pexels)

    Selain aromanya yang menenangkan, teh chamomile bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa sakit ketika haid. Rileksasi yang diberikannya bisa menenangkan, menghilangkan kecemasan dan membantu tidur lebih nyenyak.


    3. Jeruk


    (Buah jeruk atasi rasa cemas saat menstruasi.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Vitamin D dan kalsium di dalam buah jeruk berkhasiat untuk menghilangkan rasa cemas saat menstruasi dan mengurangi rasa kram di perut. Seratnya yang tak lagi diragukan, juga mampu mengatasi permasalah penceranaan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara, baik di jus atau dimakan begitu saja.

    (Baca Juga: Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Menstruasi)


    4. Pisang


    Buang air besar yang tidak teratur atau bahkan berlebih, bisa saja dialami ketika menstruasi datang. Hal ini tentu bisa diatasi dengan mengonsumi buah pisang secara teratur. Magnesium, potasium, dan serat yang berlebih dalam buah itu akan membantu pergerakan usus dan berkhasiat untuk meningkatkan mood yang menurun. Terutama kandungan magnesium di dalamnya bisa juga melemaskan kembali otot yang tegang sehingga rasa kram tak lagi mengganggu.


    5. Cokelat Hitam


    (Cokelat hitam baik untuk lancarkan haid.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Di saat datang bulan atau haid, cokelat hitam tanpa kandungan gula berlebih sangat cocok untuk cemilanmu di masa itu. Lebih dianjurkan lagi jika kamu mengonsumsi cokelat hitam tanpa bahan pengawet dan organik.


    6. Brokoli


    (Olahan brokoli baik untuk hindari kram saat haid.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Mengolah brokoli menjadi bahan makanan yang nikmat, bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina yang hilang ketika menstruasi. Zat besi di dalamnya bisa mengkompensasi pendarahan yang berlebih yang bisa membuat tubuh terasa lemas.

    kandungan serat, magnesium dan kalium di dalamnya bisa melindungi tubuh dari rasa kembung, pergerakan usus yang tak lancar, hingga meredakan semua gejala PMS yang mengganggu. Ada baiknya juga kamu mengurangi garam saat mengolahnya menjadi makanan yang lezat untuk disantap.

    (Baca Juga: Cara Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur)


    7. Salmon


    (Olahan salmon untuk atasi kram.Foto:Dok.Rawpixels/Pexels)

    Salmon menjadi salah satu ikan yang tersehat untuk dikonsumsi. Asam lemak dari omega 3 yang dia miliki bisa membantu meredakan kram saat menstruasi. Hal ini dikarenakan antioksidan dan anti-inflamasi yang dia miliki bisa merilekskan dinding rahim. 


    8. Lemon


    (Air lemon bisa mencegah sakit akibat haid.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Segelas perasan jeruk lemon bisa jadi alternatif untuk meningkatkan energi dan melancarkan sirkulasi darah. Sehingga saat tubuhmu terasa sakit dan nyeri di bagian perut hingga pinggul, air perasan lemon bisa mengisi daya tahanmu dan mengurangi rasa sakitnya.


    9. Semangka


    (Kandungan semangka baik untuk atasi kram menstruasi.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Kaya akan kandungan air, semangka bisa membantu tubuhmu terhidrasi, meningkatkan mood dan juga mencegah kram berlebih. Rasa manis yang alami di dalamnya baik untuk dikonsumsi saat menstruasi.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below