Riuh Pembukaan Pekan Seni Rupa 'Jakarta Art Week'


  • Riuh Pembukaan Pekan Seni Rupa 'Jakarta Art Week'
    Digelar untuk kali pertamanya, pameran Jakarta Art Week 2019 dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dihadiri sejumlah influencer. (Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Digelar untuk kali pertamanya, Jakarta Art Week menjadi pekan seni rupa Jakarta yang mencuri perhatian publik. Sepuluh seniman perempuan memajang karyanya di beberapa titik, diantaranya di stasiun MRT (Istora Mandiri) dan di 20 halte busway Transjakarta sepanjang jalan Sudirman Jakarta.

    "Ini akan menjadi ruang kreasi yang bakal dapat dinikmati publik. Dengan adanya acara ini, mudah-mudahan dapat membantu Jakarta menjadi city 4.0," ujar Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, saat membuka pameran secara resmi di Stasiun MRT Istora Mandiri, Senayan, Jakarta pada Senin (26/8). 



    Selain Anies Baswedan, turut hadir pimpinan MRA Media sebagai inisiator pameran. Di samping itu, hadir juga perwakilan Pemprov DKI Jakarta, Enjoy Jakarta, MRT Jakarta, Trans Jakarta dan Dove yang mendukung penuh gelaran kali ini. 

    Riuh pembukaan turut dihadiri sejumlah selebritis dan influencer, diantaranya tampak Ben Joshua, Albert Halim, Aurelie Moeremans, Ayla Dimitri, Han Chandra, Cosmas Gozali, Kevin William dan Shafira Umm. 

    (Baca juga: Perempuan Bicara Seni di Jakarta Art Week 2019) 


    (Sanchia Hamidjaja di hadapan karya seninya, bersama Anies Baswedan, dan Iwet Ramadan. Foto: Dok/HerworldIndonesia) 


    Berlangsung dari 26 Agustus hingga 15 September 2019, pameran bertajuk 'Perempuan Bicara Seni' ini menampilkan karya seni dari 10 seniman dan dapat dinikmati publik di 21 titik. Seniman tersebut diantaranya Patricia Untario, Theresia Agustina Sitompul, Budi Asih, Cempaka Surakusumah, Dian Suci, Kalya Risangdaru, Maharani Mancanagara, Ajeng Martia Saputri, Sanchia dan Hanggita Dewi.

    Dalam kesempatan pembukaannya, Gubernur dan sejumlah undangan menyusuri sejumlah karya yang dipajang dari stasiun MRT Istora Mandiri hingga fX Senayan. 

    Di stasiun MRT Istora Mandiri terdapat karya seniman Patricia Untario yang berupa potret beberapa perempuan di kaca stasiun. Berwarna biru yang cukup mencolok, karya Patricia memantulkan cahaya kala kena matahari. 

    Di tiga titik halte yang dilalui kemudian terdapat tiga karya seniman lainnya, yakni karya milik Sanchia Hamidjaja, Kalya Risangdaru dan Theresia Agustina Sitompul. Di setiapnya publik mesti berdiam beberapa menit untuk mengamati dan memahami maknanya. 

    Rambut Aku Kata Aku 

    Dalam pameran ini, masing-masing seniman menampilkan karya seni yang menggambarkan persona serta keunikannya. Melalui karya seni ini, mereka mengekspresikan opininya tanpa mengenal patokan maupun penilaian umum.


    (Di hadapan karya Kalya Risangdaru. Foto: Dok/HerworldIndonesia) 


    Seperti halnya karya seni, rambut adalah mahkota setiap perempuan yang dapat mengekspresikan jati dirinya. Namun sayangnya, banyak stereotip negatif dalam mengekspresikan diri seperti perempuan dengan rambut berwarna natural lebih terlihat profesional jika dibandingkan dengan perempuan dengan rambut berwarna biru.

    Dengan fenomena ini, Dove Indonesia mendukung Jakarta Art Week yang bertemakan 'Rambut Aku Kata Aku' dengan harapan memberikan kepercayaan diri kepada semua wanita apapun gaya rambut yang mereka pilih.

    "Setiap wanita memiliki karakter yang berbeda dan berhak untuk menyuarakan pikirannya dan menentukan jalan hidupnya. Cara mengekspresikan diri dari setiap individu tidak bisa menjadi penentu atau menjadi halangan dalam mencapai prestasi dan tujuan hidup setinggi-tingginya" ujar Patricia Untario. 

    Jakarta Art Week 2019 tersebar di 21 titik, mulai dari halte Ratu Plaza, halte Mendikbud, 3 halte Istora Senayan, halte Benhil, halte Meridien, halte sebelum Sahid, halte Menara Astra, halte Davinci, halte UOB, halte Bumiputra, halte Mayapada Tower 2, halte Plaza Sentral, halte Atmajaya, halte POLDA Metro Jaya, halte Niaga Tower, halte Sumitmas, serta halte di seberang Ratu Plaza.

    Tujuan lain diselenggarakannya Jakarta Art Week adalah untuk menyambut pagelaran tahunan Art Jakarta yang digelar pada 30 Agustus-1 September 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Masyarakat juga diundang untuk menikmati Art Jakarta, dengan mengikuti stiker langkah kaki dari halte Istora Senayan menuju Jakarta Convention Center (JCC). Art Jakarta 2019 akan menghadirkan 70 galeri yang menampilkan lebih dari 600 karya seniman dari dalam dan luar negeri.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below