8 Tempat Wisata di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur


  • 8 Tempat Wisata di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur
    Niagara Tembinus salah satu objek wisata alam di Kalimantan Timur(Foto:Dok/Indonesia Travrl)


    Selamat untuk Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara atas terpilihnya menjadi ibu kota baru!

    Setalah 74 tahun merdeka, kali ini Indonesia kembali menggoreskan sejarahnya. Jika biasanya rangkaian acara seperti Asian Games jadi momen tak terlupakan, kini justru perpindahan ibu kota Jakarta yang jadi perbincangan hangat. Dengan segala beban yang ditanggungnya, hari ini, pemerintah meyakini kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara provinsi Kalimantan Timur akan mengganti peranan dari ibu kota Jakarta saat ini.



    "Jakarta saat ini menyangga beban yang sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, bisnis, keuangan, perdagangan, dan jasa. Ini bukan kesalahan Pemprov DKI Jakarta. Tapi kita tidak bisa terus menerus membiarkan bebas Jakarta yang makin berat itu," tulis Joko Widodo dalam akun twitter pribadinya, Senin, (26/8).



    Bukan tanpa pertimbangan, terpilihnya kabupaten itu telah melewati proses panjang dengan pemerintah menelitinya selama tiga tahun terakhir untuk menimbang baik dan buruknya sebagai pengganti ibu kota dari Jakarta. Sementara itu, selain diyakini sebagai tempat yang mampu mengganti peranan ibu kota, Kalimantan Timur juga memiliki keasrian alam yang cocok untuk melepaskan penat.

    Dengan luas 129.067 Km2, adalah goa, danau dan pantai yang mempesona dan sayang untuk dilewatkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut keindahan alam Kalimantan Timur:

    (Baca Juga: 5 Tempat Wisata Dataran Tinggi Cantik di Pulau Jawa)


    1. Hutan Mangrove Margomulyo


    (Hutan Margomulyo.Foto:Dok/Travelanggi)

    Tak hanya di Jakarta, Kalimantan Timur ternyata juga memiliki pesona hutan Mangrove-nya. Sering kali jadi pilihan tempat berwisata, tempat ini terletak di kota Balikpapan. Melihat panorama alam sambil menikmati kicauan burung bisa jadi alternatif untuk menghilangkan penat dari segala aktivitas.


    2. Danau Labuan Cermin



    Jika Jakarta memiliki Danau Kenanga, Danau Sunter, serta Taman Situ Lembang dengan pesona teratai di atas danau, Kalimantan Timur punya Danau Labuan Cermin yang tak kalah memanjakan mata. Terletak di kabupatern Berau, tempat ini bisa jadi salah satu wisata yang kamu kunjungi saat berada di sini. Airnya yang jernih seakan bisa menggantikan cermin untuk bersolek.

    (Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bogor yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur)


    3. Pantai Corong



    Pantai Ancol tak lagi asing di telinga kita. Bagaimana dengan pantai Corongi?

    Salah satu destinasi wisata alam, pantai Corong selalu menarik perhatian wisatawan untuk berlama-lama di tempat ini. Suara air dengan kicau burung pas untuk merileksasi pikiran dan tubuh.


    4. Penangkaran Rusa Penajam



    Selain panorama alam yang indah, Kalimantan Timur juga memiliki wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah penangkaran Rusa yang terletak di Penajam Paser Utara. Ratusan ekor rusa bisa kamu lihat dan jadi tempat berfoto instagramable. Dengan harga Rp2.000 - Rp5.000, kamu bisa menikmatinya bersama kerabat dan keluarga.

    (Baca Juga: 7 Tempat Wisata Paling Hits Di Jakarta Saat Ini)


    5. Goa Losan


    Menjadi jalan pintas antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Goa Losan menjadi salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dengan merogoh kocek Rp5.000 per orang, kamu bisa melihat batu-batu artistik untuk berwisata unik.


    6. Taman Bunga Rozeline



    Berbagai bunga warna-warni bisa kamu jumpai di Taman Bunga Rozeline di Kalimantan Timur. Tempat ini juga jadi salah satu objek wisata favorit di sana.


    7. Niagara Tembinus


    (Niagara Tembinus.Foto:Dok/Indonesia Travrl)

    Air mancur dengan tinggi 20-35 meter bisa jadi salah satu wahana bermain air. Terletak di Kecamatan Sepaku, Niagara Tembinus bisa jadi salah satu destinasi wisata saat berkunjung ke Kalimantan Timur.


    8. Mahavihara Buddha Manggala


    Salah satu destinasi wisata bersejarah, kamu bisa mendatangi Mahavihara Buddha Manggala yang telah ada sejak 1997. Terletak di kota Balikpapan, vihara ini memiliki luas kurang lebih 2,5 hektar dengan udara yang sejuk. 


    Dari tempat wisata tersebut, manakah jadi destinasi wisata yang akan kamu dikunjungi saat berkunjung ke ibu kota baru di Kalimantan Timur?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below