Kala Publik Turut Bikin Lagu Soundtrack Film 'Gundala'


  • Kala Publik Turut Bikin Lagu Soundtrack Film 'Gundala'
    Publik turut serta bikin soundtrack untuk film Gundala. (Foto:Dok/Poplicist Publicist)


    Menjadi film 'superhero' pertama asal Indonesia, 'Gundala' berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan sebelum perilisannya tiba. Antusiasme ini terlihat dari banyaknya karya yang bermunculan di sosial media buatan publik. Jika beberapa bulan lalu adalah 'fan art' dengan sketsa putra petir itu, kini giliran aransemen musik untuk soundtrack-nya dalam film.

    Diciptakan oleh fansnya dari berbagai wilayah, karya ini hadir lebih dari 300 lagu dengan genre musik dari rock hingga hip hop. Melihat keberagaman karya dari anak bangsa dalam mengaransemen musik, merubah niat Joko yang awalnya tak berkeinginan mengambil 'music scoring' untuk film superhero ini.



    “Tadinya konsep film Gundala adalah all music scoring. Nggak ada lagu. Tapi karena sudah banyak yang bikin,kami ingin antusiasme ini tetap diingat sampai kapan pun. Jadinya dimasukkan ke film sebagai pengingat," jelas Joko. Bekerja sama dengan Warner Music, Joko Anwar memilih 7 lagu yang diberi tajuk #GundalaSongTribute yang akan jadi original musik 'Gundala' yang akan rilis pada 29 Agustus 2019.

    (Baca Juga: Deretan 'Fan Art' Film Gundala yang Mencuri Perhatian)


    1. 'Hail Gundala'



    Dibuat oleh Glosalia, band rock asal Bandung, lagu 'Hail Gundala' menjadi salah satu musik yang dipilih jadi soundtrack film Gundala. Beraransemen rock dengan liriknya yang mengangkat semangat, lagu ini juga telah diluncurkan secara digital.


    2. GNTZ/MARIO/GHEZA


    Kolaborasi tiga musisi, GNTZ (Jogja Hip Hop Foundation), Mario Zwinkle, dan GHEZA DAMAR membuat suatu alunan musik yang berbeda dari lainnya. Dengan menggabungkan dialog pada film dengan campuran rapper, lagunya ini jadi salah satu yang terpilih dan telah diluncurlkan.

    (Baca Juga: Ario Bayu, dari 'Bung Karno' hingga 'Sultan Agung')


    3. 'Patriot Zaman' 

    Dibuat oleh band Compadres, lagu ini di tulis oleh Adhi Rahman dengan mengambil beberapa cuplikan video trailer Gundala dalam music video-nya.


    4. 'Putra Petir'


    Mengambil genre rock, 'Putra Petir' besutan Dokudokuroro akan mengiringi scene pada film superhero Indonesia. Kira-kira cuplikan mana yang cocok untuk diiringi oleh musik yang satu ini?

    (Baca Juga: Menikmati Musik Dalam Negeri Bersama Andrea Miranda)


    5. 'Holy Road'

    Dani Irjayana menjadi salah satu pengisi musik untuk film besutan Joko Anwar. Melalui YouTube channelnya, dirinya tampak sering kali membuat aransemen musik remix dengan alat musik seperti gitar dan drum.


    6. 'Gundala'

    Dibuat oleh Diki Satria dengan tajuk 'Gundala', kira-kira bagaimana alunan musik ini dalam film superhero itu?

    (Baca Juga: 9 Film Horor Mengerikan Paling Ditunggu Saat Ini)


    7. 'Sancaka'

    Alunan musik yang low beat, lirik lagu ini berisikan semangat juang untuk Sancaka. Paduan aransemen musik tahun 90an dengan lirik 'Sancaka Jangan lelah terangi kegelapan walau hampir sirna cahyanya," membuat lagu ini jadi salah satu pilihan Joko untuk 'Gundala'.


    Dengan melewati proses yang panjang, dengan durasi yang jadi alasannya terpilihlah tujuh lagu tersebut untuk film besutan Joko Anwar. Kabar lain, salah satu band asal Indonesi, 'Kotak' juga akan mengisi musik untuk film 'superhero' Indonesia ini. Yang tak kalah menarik, semua lagu tersebut akan dirilis dalam format album pada tanggal 23 Agustus di digital platform seperti Spotify, Joox, Apple Music dan lain-lain. Sementara, film 'Gundala' akan tayang di bioskop Indonesia pada 29 Agustus 2019.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below