7 Trik Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami


  • 7 Trik Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami
    Buat yang ingin bulu mata tumbuh lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. (Foto: Dok/Pixabay/Pexels.com)


    Bulu mata yang panjang dan lentik tentu menjadi idaman setiap perempuan. Tidak heran produk fake eyelashes dengan berbagai model sangat mudah ditemukan di konter-konter kosmetik. Salon kecantikan juga menawarkan layanan keriting bulu mata atau pemasangan eyelash extension. Meskipun begitu, banyak juga kaum perempuan yang memilih cara alami untuk memanjangkan bulu mata.

    Pada dasarnya, bulu mata akan mengalami regenerasi setiap 6 sampai 12 minggu. Artinya, bulu mata akan tumbuh selama maksimal tiga bulan sebelum akhirnya rontok. Namun kalau kamu ingin bulu mata tumbuh lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.



    (Baca juga: 5 Jenis Maskara agar Bulu Mata Tampil Memesona) 

    1. Minyak zaitun/kelapa/kastor

    Untuk memanjangkan bulu mata secara alami, pertama-tama bersihkan wajah dari makeup setiap menjelang tidur. Tuangkan minyak sesuai pilihan kamu (atau campuran minyak kelapa dan minyak kastor) sekitar 5 tetes ke wadah kecil. Celupkan cotton bud ke dalam minyak, lalu oleskan pada bulu mata. Usahakan mengoleskan sedekat mungkin ke pangkal bulu mata tanpa mengenai mata. Diamkan semalam. Begitu bangun, basuh wajah kamu lagi. Kalau rutin melakukan perawatan ini, sekitar 2-3 bulan bulu mata akan tumbuh lebih panjang dan lebih tebal.

    2. Gunakan eyelash enhancer

    Menurut Faith Kim, pendiri LashFOOD, kebanyakan serum untuk memanjangkan bulu mata mengandung bahan kimia. Meskipun serum semacam ini bisa memanjangkan bulu mata dengan cepat, tapi juga bisa membuatnya rapuh. Untuk menghindari bulu mata rontok, hindari enhancer yang mengandung prostaglandin, parabens, phthalates, sulfates dan formaldehyde, yang bisa menimbulkan efek samping dan iritasi. Coba: FEG Eyelash Enhancer 100% Natural (Rp 385.000).

    3. Lip balm

    Lip balm digunakan kalau kamu ingin bulu mata terlihat lebih lentik. Katanya sih lip balm beraroma lebih bagus, tapi sebaiknya lakukan tes alergi di lengan sebelum mengaplikasikannya di area mata. Oleskan lip balm di sepanjang pangkal bulu mata. Lakukan sebelum tidur atau sebelum mengaplikasikan maskara. Kemudian, jepit bulumata dengan eyelash curler beberapa kali setelah mengoleskan lip balm, tapi sebelum memakai maskara.


    4. Sikat bulu mata


    (Sikat bulu mata secara rutin dengan spoolie. Foto: Dok/Pixabay) 


    Kamu juga bisa memanjangkan bulu mata dengan menyikatnya setiap hari. Untuk mendorong pertumbuhannya, sisir bulu mata dengan lembut menggunakan spoolie (seperti sikat maskara) selama 5 menit. Hal ini akan menghilangkan bulu mata yang sudah rapuh, dan menguatkan yang masih kokoh.


    5. Aplikasikan conditioning primer


    (Talika Lipocils Expert The Legendary Eyelash Conditioning Gel. Foto: Dok/Talika- KissAndMakeupNY)


    Karena bulu mata sering rontok atau patah karena kekeringan, minimalkan risikonya dengan menggunakan conditioning primer. Kondisioner ini membantu melembutkan lapisan terluar dari helaian bulu mata yang bisa rusak dari hari ke hari. “Kondisioner akan menjaga bulu mata kamu tetap lembab dan memberikan nutrisi yang diperlukan,” kata Amanda Robinson, founder perusahaan eyelash extension Iris+West. Aplikasikan kondisioner ini pada malam hari setelah membersihkan makeup. Coba: Talika Lipocils Expert The Legendary Eyelash Conditioning Gel (Rp 688.000). 


    6. Pangkas secara rutin

    Tak usah terlalu khawatir dengan hal ini. Seperti saat trimming rambut setiap 6-8 minggu, kamu juga bisa memangkas sedikit bulu mata setiap beberapa bulan. Trimming bulu mata bisa menstimulasi folikelnya, sehingga mendorongnya tumbuh lebih cepat. Hanya saja, pastikan kamu melakukannya di klinik bulu mata.


    7. Pakai maskara berlapis


    (Tarte Light, Camera, Lashes™ 4-in-1 Mascara. Foto: Dok/TarteCosmetics)


    Menggunakan maskara adalah salah satu cara memanjangkan bulu mata, sekaligus membuatnya terlihat lebih tebal dan lebih lentik. Agar bertambah panjang, aplikasikan maskara beberapa lapis. Triknya, jangan memakai beberapa lapis maskara dengan satu formula saja. Aplikasikan selapis pure lengthening mascara, lalu lapisi lagi dengan maskara all-in-one. Mengombinasikan beberapa formula seperti ini ternyata memberi efek ekstra panjang daripada satu formula saja. Coba: Tarte Lights, Camera, Lashes™ 4-in-1 Mascara (Rp 650.000).


    Memanjangkan bulu mata tentu membutuhkan waktu, tapi bukan tak mungkin menjadi kenyataan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below