Life & health

5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-05-22 12:18:00 5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak


Jelang lebaran, bakal banyak kebutuhan yang dirasa perlu. Entah itu biaya mudik, baju lebaran, dan atau belanja keperluan hari raya lainnya. Tak pelak kartu kredit jadi andalan. 

Namun, sebelum terburu-buru mengajukan aplikasi kartu kredit atau salah dalam penggunaan, ada baiknya ketahui beberapa hal yang patut jadi pertimbangan, supaya tidak menyesal di kemudian hari usai menggunakannya.

Dirangkum dari sejumlah sumber, dan juga Finder, berikut sejumlah tips agar kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak:

(Baca juga: 4 Cara Pintar Pakai Kartu Kredit) 


1. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Sering kali dengan adanya kartu kredit, justru membuatmu lupa bahwa pada akhirnya, kamu akan membayar semua barang-barang yang kamu beli. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu pikirkan dengan matang barang apa saja yang memang kamu butuhkan, sehingga harus membelinya dengan kartu kredit.


2. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kemampuan

Berbagai macam tawaran dari bank untuk menggunakan kartu kredit, membuatmu kebingungan untuk memilih mana yang sesuai dengan penggunaanmu sehari-hari. Maka dari itu, kamu perlu observasi mengenai bunga, dan biaya tahunannya. Carilah semurah mungkin agar kamu tidak kewalahan saat membayar cicilanmu.


(Gunakan kartu kredit dengan bijak. Foto: Dok/Pexels.com) 


3. Manfaatkan Segala Kelebihan Yang Diberikan

Kartu kredit kini hadir dengan banyaknya penawaran potongan harga untuk kebutuhanmu sehari-hari. Dari Travel, hingga perlengkapan gaya hidupmu seperti baju dan lainnya. Dengan benefit tersebut, kamu bisa berhemat untuk pembayaranmu saat akhir tahun.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Menunda-nunda pembayaran kartu kreditmu, hanya dapat menambah pengeluaranmu dipenghujung waktu. Oleh sebab itu, bayarlah tanggunganmu sebelum waktu tagihanmu keluar.

5. Bayar Tagihan Lebih Dari Batas Minimum

Bayarlah lebih dari batas minimum yang diberikan oleh bank kartu kreditmu. Tanpa disadari, kamu akan merasa terbantu saat melakukan transaksi di masa akhir waktu pembayaranmu.

Dengan melakukan lima tips ini, kamu mungkin akan lebih hemat dan bijak saat menggunakan kartu kredit. 

Life & health