4 Cara Pintar Pakai Kartu Kredit



  • Memiliki kartu kredit memang membuat segalanya jadi mudah, tentunya asal digunakan dengan bijak. Berikut trik menyiasati penggunaan kartu kredit dan menghindari “bangkrut” setiap tengah (bahkan awal!) bulan.

    Dua kartu kredit cukup

    Sebelum tergiur oleh banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh berbagai bank pilihan Anda, batasi diri agar memiliki maksimal dua kartu kredit. Alasannya simpel saja: semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, semakin sulit pula bagi Anda untuk tetap memantau perincian penggunaan di setiap kartu per bulannya. Do yourself a favor and avoid the stress!



    Atur sendiri limit kartu kredit

    Dalam hal ini, Anda lah yang mengenal diri sendiri serta pengeluaran dan kebiasaan finansial Anda setiap bulannya. Dengan meningkatkan limit kartu kredit Anda, pemanfaatan kartu kredit (atau, jumlah kredit yang digunakan vs. jumlah kredit yang tersedia) akan tetap rendah karena Anda menuai poin reward. Catatan: gunakan strategi ini di saat Anda memang masih memiliki saldo lebih untuk melunasi tagihan bulanan. Kuncinya adalah menjadi pengguna yang disiplin.

    Bayar tagihan sebelum due date

    “Saldo yang muncul di laporan kartu kredit Anda biasanya berdasarkan saldo akhir di saat penagihan, bukan setelah Anda melunasinya,” jelas Gerri Detweiler, director of consumer education di Credit.com. Salah satu strategi yang dapat Anda praktikkan adalah dengan melakukan pembayaran secara online beberapa hari sebelum akhir siklus penagihan, sehingga saldo yang dilaporkan ke biro kredit lebih rendah dan membuat credit rating Anda meningkat.

    Manfaatkan point reward Anda

    Keuntungan mendapat kartu kredit bukan saja sekadar “menunda” suatu pembayaran, namun juga program point reward yang didapatkan dari setiap transaksi yang Anda lakukan. Dari sekian banyak bank penerbit kartu kredit di Indonesia, banyak sekali keuntungan dan “hadiah” yang bisa Anda dapatkan, dimulai dari potongan belanja di supermarket hingga potongan harga untuk biaya kesehatan. Cukup cocokkan saja point reward kartu kredit dengan keuntungan yang Anda inginkan.

     

    (TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: LDPROD/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Cara Tepat Pilih Kartu Kredit

Cara Tepat Pilih Kartu Kredit

oleh Kiki Riama Priskila

Gratis Liburan Dengan Kartu Kredit

Gratis Liburan Dengan Kartu Kredit

oleh Rengganis Parahita

Senang Terus dengan Kartu Kredit

Senang Terus dengan Kartu Kredit

oleh Rengganis Parahita

Advertisement - Continue Reading Below