Cecep, Yayan, dan Bahasa Indonesia di Film John Wick 3


  • Cecep, Yayan, dan Bahasa Indonesia di Film John Wick 3
    Aksi Cecep dan Yayan dalam film John Wick 3: Parabellum. Foto:Dok/Hafizah Rana Dalilah


    Kembali hadir di layar lebar film Hollywood, dua aktor dan pesilat Indonesia Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian kembali menunjukkan aksinya di film terbaru 'John Wick 3: Parabellum'. Tak hanya aksi bela diri, mereka pun turut memperkenalkan Bahasa Indonesia lewat film ini.

    Dalam film lanjutan John Wick 2 ini, Yayan dan Cecep berperan sebagai shinobi, tangan kanan musuhnya John Wick. Selain beradu aksi, mereka juga menyelipkan dialog dalam bahasa Indonesia saat berusaha melumpuhkan John Wick.



    Hal itu diungkap Cecep dan Yayan saat hadir di Jakarta menjelang pemutaran perdana filmnya. Menurut Cecep, penggunaan Bahasa Indonesia itu merupakan permintaan sutradara Chad Stahelski, dan juga disetujui Keanu Reeves, sebagai pemeran utama dalam film John Wick.

    (Baca juga: Review Film: Avengers: Endgame) 

    (Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman saat press conference film John Wick 3. Foto:Dok/Hafizah Rana Dalilah/ HerworldIndonesia)


    "Setahu kita, sutradaranya langsung yang minta dan bahkan si Keanu-nya sendiri juga minta (untuk menggunakan bahasa Indonesia),” ujar Yayan saat ditemui di Plaza Indonesia, Selasa (14/5).

    Penggunaan bahasa Indonesia itu memang tidak direncanakan sejak awal pembuatan sekuel ketiga ini. Namun, melihat koreografi dari pencak silat Indonesia, membuat Keanu dan director Chad Stahelski memasukkan Bahasa Indonesia sebagai bagian unik dari film ini.

    “Jadi, di awal kita nggak ada rencana dialog (bahasa Indonesia). Tapi, di sela-sela itu, kita kan memang kalau fighting silat selalu ada jeda, jadi mereka mungkin melihat momen itu bisa dimasukkan dialog,” jelas Yayan.

    Selain itu, kata dia, gagasan itu juga muncul dari proses pengambilan gambar. "Dari koreografi yang kita bikin, kepikiran dialog yang memungkinkan untuk disampaikan, dan itu disampaikan dalam bahasa Indonesia," tambah Cecep.


    (Yayan Ruhian bergaya pencak silat. Foto:Dok/Hafizah Rana Dalilah/HerworldIndonesia)

    Ini bukanlah kali pertama Bahasa Indonesia dikenalkan oleh aktor-aktor Indonesia yang telah berakting di film layar lebar Hollywood. Sebelumnya, Iko Uwais di film Mile 22 juga memperkenalkan Bahasa Indonesia dalam dialognya. 

    Masuknya Bahasa Indonesia dalam film action thriller ini membuat Yayan bangga memiliki bahasa Indonesia sebagai budaya Indonesia. Ini kali pertama baginya memperkenalkan budaya Indonesia selain pencak silat.

    “Saya sebagai warga negara Indonesia merasa bangga, karena bahasa kami, bahasa saya, dipakai. Mudah-mudahan perasaan itu juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia juga,” ucap Yayan. 

    Film 'John Wick 3: Parabellum' ini akan rilis di bioskop Indonesia, pada 15 Mei 2019.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below