Review Film: 'Avengers: Endgame'


  • Review Film: 'Avengers: Endgame'
    Film 'Avengers: Endgame' menjadi final dan sekuel dari 22 film semesta Marvel Cinematic Universe. Ibarat tiga film terbaik Marvel jadi satu. (Foto: Dok/imdb/Marvel)


    Sebagai film terakhir dari saga Infinity dan film Studio Marvel paling ditunggu tahun ini, 'Avengers: Endgame' menanggung ekspektasi yang besar dari publik. Dan untungnya, film berdurasi hampir tiga jam ini melebihi ekspektasi, dan seperti tiga film terbaik Marvel yang dibuat jadi satu. 

    'Avengers: Endgame' adalah sekuel dari The Avengers (2012), Avengers: Age of Ultron (2015), dan Avengers: Infinity War (2018), dan sekaligus 22 film dalam semesta Marvel Cinematic Universe (MCU).  Dari mulai Iron Man (2008) hingga Captain Marvel (2019). 



    Lalu, apakah harus nonton ke-22 filmnya? Buat yang sudah nonton, pastinya akan merasa mengetahui konteks dan simbol yang tersirat sepanjang film, karena banyak selipan adegan atau karakter yang muncul kembali. Buat yang hanya menyaksikan seri Avengers atau belum pernah melihat MCU sama sekali, juga tak apa. Karena duo sutradara Anthony dan Joe Russo membuatnya tak rumit dan mudah diikuti. 

    Di film ini, para Avengers yang survive dari ulah Thanos di Infinity War, kembali bersatu untuk mencari cara menyelesaikan duka dan meneruskan hidup. 

    (Baca juga: Movie Marathon 10 Film Marvel Cinematic Universe) 

    Menulis review 'Avengers: Endgame' supaya tidak memberikan spoiler (yang akan mengurangi nikmat menonton) menjadi tantangan tersendiri. Karena mesti menahan diri untuk tidak memberikan sampel kejutan di sepanjang film yang mana kali ini cukup banyak dan membuatnya menarik. 



    (Avengers: Endgame. Foto: Dok/imdb/Marvel) 


    Namun, bagi yang sudah menonton trailer yang dirilis beberapa waktu lalu pastilah sudah hapal akan suasana kelam yang diusung Avengers: Endgame. Bagaimana Iron Man terdampar di luar angkasa dan menitipkan surat 'perpisahan', dan bagaimana Steve mengulang kembali kenangan masa silamnya yang juga tak kalah suram.

    Sebagai finale, atau terakhir dari saga Avengers, suasana kelam memang mendominasi Avengers: Endgame. Namun, tak semuanya begitu. Ada juga beberapa kejutan yang membuat pengalaman menonton menjadi lebih seru karena kadang terenyuh, simpatik, drama, dan juga bahagia karena selipan humor yang masih menjadi ciri khas film Avengers. Salah satunya dari aksi Thor saat berhadapan dengan Kapten Marvel. 

    Kekhawatiran Black Widow, kehadiran Hawkeye, kembalinya AntMan, menjadi rangkaian cerita yang tak mudah ditebak. Di sinilah menjadikan Avengers: Endgame menambah rasa penasaran publik, khususnya para penggemar fanatik Avengers. 



    (Avengers: Endgame. Foto: Dok/imdb/Marvel) 


    Apa yang sebenarnya ingin dihadirkan oleh duo sutradara Anhtony dan Joe Russo? 

    Sebelum diberi judul Endgame, awalnya film ini disebut 'Avengers: Infinity War - Part 2' kemudian 'Untittled Avengers'. Dari catatan produksinya, pengambilan gambar dilakukan back-to-back dengan Infinity War. Judul film Avengers: Endgame sendiri kemudian resmi diumumkan Desember 2018 lalu. 

    Di luar plot cerita yang menarik, Avengers: Endgame menghadirkan jajaran aktor yang membuat Marvel kerap dilabeli tak pernah miscast, atau salah dalam memilih pemeran sehingga menjadi sosok yang ikonis. 


    (Avengers: Endgame. Foto: Dok/imdb/Marvel) 


    Ini juga yang membuatnya pantas ditunggu. Sebut saja di antaranya Robert Downey Jr sebagai Iron Man, Chris Evans (Captain America), Mark Ruffalo (Hulk), Chris Hemsworth (Thor), Scarlett Johansson (Black Widow), Jeremy Renner (Barton), Paul Rudd (AntMan), Brie Larson (Captain Marvel) hingga Josh Brolin (Thanos). Semua ikon. Semua bakal dikenang. 

    Menyaksikan tak ada satu pun penonton yang beranjak dari bangkunya sepanjang film, menjadi penanda Avengers: Endgame pantas menjadi film paling ditunggu tahun ini. Menjadi final yang menutup perjalanan kisah para superhero dan Saga Infinity dengan epik, whatever it takes! 

    Sebagai catatan, Saga Infinity dibagi atas tiga fase, yakni Fase 1: Iron Man (2008), The Incredible Hulk (2008), Iron Man 2 (2010), Thor (2011), Captain America: The First Avenger (2011), dan Marvel's The Avengers (2012). Fase 2: Iron Man 3 (2013), Thor: the Dark World (2013), Captain America: The Winter Soldier (2013), Guardians of the Galaxy (2014), Avengers: Age of Ultron (2015), dan Ant-Man (2015). 

    Sementara, di Fase 3: ada Captain America: Civil War (2016), Doctor Strange (2016), Guardians of the Galaxy Vol.2 (2017), Spider-Man: Homecoming (2017), Thor: Ragnarok (2017), Black Panther (2018), Avengers: Infinity War (2018), Ant-Man and the Wasp (2018), dan Captain Marvel (2019). 

    Film Avengers: Endgame mulai tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (24/4). 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below