Riuh Pembukaan Pameran '1 Dekade Casa Indonesia 2019'


  • Riuh Pembukaan Pameran '1 Dekade Casa Indonesia 2019'
    Memasuki gelarannya yang ke-10 tahun ini, pameran desain Casa Indonesia 2019 kembali hadir. Pembukaannya riuh. (Foto: Dok/HerworldIndonesia)


    Majalah Casa Indonesia kembali menggelar pameran desain Casa Indonesia 2019. Tahun ini menjadi perayaan satu dekade penyelenggaraannya yang digelar selama empat hari berturut-turut, dari 2-5 Mei 2019 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Gelaran ini terbuka untuk publik dan tak dipungut biaya. 

    Resmi dibuka pada Kamis (2/5), pameran desain dan arsitektur premium terbesar di Indonesia ini menghadirkan beberapa highlight yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 



    Mengangkat tema 'Khatulistiwa', 1 Dekade Casa Indonesia 2019 menampilkan beberapa instalasi karya sederet nama arsitek dan desainer ternama Indonesia, peserta Casa Design Challenge (CDC) 2019 dan sejumlah desainer internasional yang unik. 

    (Baca juga: 8 Seniman yang Berpartisipasi di Ikea Art Rug)

    "Melalui pameran 1 Dekade Casa Indonesia, kami terus berkomitmen untuk menjadi barometer perkembangan industri desain di Indonesia," ujar Prastia Putra Tjokroadisoerjo, Managing Editor Casa Indonesia. 


    (Ikea Art Event di Casa Indonesia 2019. Foto: Dok/HerworldIndonesia) 


    Pameran tahun ini mendapat dukungan penuh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Indonesia Trend Forecasting (ITF), sponsor pendukung IKEA, dan didukung Danapaint. 

    Lebih jauh, Putra menuturkan, pameran Casa Indonesia mengusung sejumlah kolaborasi dengan beberapa nama arsitek dan desainer ternama serta merek-merek desain internasional yang menjadi tolak ukur perkembangan desain untuk memajukan kiprah industri kreatif di kancah global. 

    "Dengan tema Khatulistiwa, nyawa Nusantara yang melatari keberagaman justru menjadi elemen pemersatu yang tertuang dalam bahasa desain," tambah dia. 

    Cosmas D Gozali, Exhibition Director Casa Indonesia mengatakan setelah satu dekade, Casa Indonesia tetap menjadi showcase terdepan dalam desain dan kreativitas. "Dengan begitu, ia selalu menjadi benchmark buat masyarakat Indonesia dan regional," ujarnya. 

    Sementara, Diana Nazir selaku Creative Director Casa Indonesia yang turut hadir dalam pembukaan mengungkapkan setiap tahun selalu ada kebaruan yang diciptakan, baik secara tata letak ruang pamer, komposisi peserta, maupun kejutan dari desainer muda. 

    "Hal-hal ini yang membuat Casa Indonesia selalu terdepan, karena mengangkat 'desain' sebagai nafas dan 'value' di setiap elemennya," ujar dia. 


    (Casa Design Challenge 2019. Foto: Dok/HerworldIndonesia)

    Highlights Pameran 

    Tahun ini, Casa Indonesia mengusung beberapa program pameran yang menarik dengan sejumlah highlight.

    Di antaranya kolaborasi bersama IKEA dengan karya delapan seniman terpilih berupa seni permadani, kerajinan karpet, avant-garde fashion, street culture, dan desain modern.

    Delapan seniman tersebut terdiri dari Virgil Abloh, Chiaozza, Craig Green, Misaki Kawai, Seulgi Lee, Noah Lyon, Filip Pagowski, serta Supakitch. Karya-karya mereka akan dilelang pada acara Art Rug Charity Auction yang hasil penjualan permadani ini akan disumbangkan ke Yayasan Mitra Museum. 

    Selain itu, pameran 1 Dekade Casa Indonesia 2019 turut menghadirkan zona khusus Designers Showcase yang menampilkan instalasi atraktif 10 karya arsitek, desainer interior, desainer lampu dan motion graphic arts. Zona ini menjadi salah satu daya tarik utama pameran dengan presentasi yang memanjakan mata. 


    (Casa Indonesia 2019. Foto: Dok/HerworldIndonesia) 


    Berikutnya, ada tiga zona Future Living, serta area Architectural Project yang menjadi wahana punggawa arsitektur Indonesia untuk mempresentasikan inovasi dalam karyanya. 

    Di luar itu, Casa Indonesia 2019 juga kembali menggelar kompetisi desain bertajuk Casa Desain Challenge, ajang lomba desain produk bagi mahasiswa dan profesional muda yang belum memiliki label untuk berkarya. Ajang ini terbagi dalam tiga kategori lomba desain yakni furniture, lighting, dan kitchenware. Pemenang Casa Design Challenge 2019 akan mendapatkan kesempatan menghadiri Milan Design Week 2020 beserta akomodasi dari Domus Academy Milano. 

    Sementara, di salah satu sudut pameran publik juga akan menemukan zona Casa Design Challenge Alumni, yang menampilkan hasil kreasi para alumni Casa Design Challenge dengan tema Evolusi. Kreasi beberapa furniture yang diwujudkan ke dalam instalasi ruang. 

    Yang tak kalah menarik, khususnya bagi pencinta desain, kali ini Casa Indonesia 2019 juga turut menghadirkan desainer internasional Fabio Novembre yang akan berbagi pengalamannya pada seminar bersama Indonesia Trend Forecasting (ITF). 

    Selain menikmati pameran dan instalasi karya para desainer, pengunjung juga bisa mengikuti sederetan talkshow menarik seputar inspirasi desain untuk hunian impian, dan memilih jajaran produk dan pernak-pernik living di zona Micasa. 




 
Advertisement - Continue Reading Below