10 Hal Menarik Seputar 'Ubud Food Festival 2019'


  • 10 Hal Menarik Seputar 'Ubud Food Festival 2019'
    Ubud Food Festival kembali digelar dari 26-28 April 2019. Tahun ini, penyelenggara menghadirkan program khusus yang menarik untuk diikuti. (Foto: Dok/UbudFoodFestival)


    Pekan kuliner Ubud Food Festival (UFF) kembali digelar. Berlangsung 26-28 April 2019 di Taman Kuliner Ubud Bali, tahun ini UFF 2019 Presented by ABC mengusung sejumlah program menarik dengan tema 'Spice Up the World'. 

    Di tahun kelimanya ini, UFF kembali mengeksplor makanan Indonesia untuk mendapat perhatian lebih global. Ruang lingkupnya juga lebih luas dengan beberapa program yang menarik untuk diikuti. 



    "Sejak tahun pertama gelarannya, Ubud Food Festival menjadi medium untuk mengenalkan kekayaan kuliner Indonesia dan budayanya, karena makanan bagaimanapun jalan termudah untuk mengenal budaya," ujar Janet DeNeefe, UFF Founder & Director. 

    Sebelum memutuskan untuk terbang ke Ubud pekan ini, berikut beberapa hal menarik yang patut kamu ketahui seputar Ubud Food Festival 2019: 

    (Baca juga: Ubud Food Festival 2018: Lebih dari Sekadar Kulineran) 


    1. Taman Kuliner 

    Taman Kuliner adalah jantung bagi Festival Hub dan lokasi bagi demo masak Teater Kuliner, diskusi Food for Thought, Film Screenings, Live Music, Kids Events, dan beberapa Masterclasses. Tempat ini juga merupakan lokasi untuk lebih dari 75+ kios terkurasi, jadi kamu bisa menyeruput, menikmati camilan, dan memakan makanan dari restoran-restoran terbaik di Ubud. Gratis buat masuk!  




    2. Kitchen Stage 

    Mengutip situs resminya, gelaran yang berlangsung sejak 2015 lalu ini menghadirkan 18 demo masak, termasuk dua di antaranya kompetisi memasak di program Kitchen Stage. Di sini, publik berkesempatan menyaksikan para chef berbintang Michelin dan terbaik di kawasannya, menyuguhkan sampel makanan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Korea, Italia dan Spanyol. Untuk dapat mengakses program ini bisa dengan membeli tiket FoodLover Pass di Box Office (Festival Hub). 

    note: Selain Kitchen Stage, program berbayar atau perlu beli tiket lainnya, ada Special Events, Masterclasses dan Food Tours. 


    3. Special Events 

    Dari mulai makan siang dengan meja panjang, hingga kolaborasi kuliner antar chef ternama, Special Events memberi banyak gambaran menjanjikan di festival kali ni. Sebut saja di antarnya kehadiran Chef asal Bangkok berbintang Michelin, Ton yang beraksi di dapur Seasalt at Alila Seminyak, kolaborasi chef se-Asia menghadirkan Best of Asia, Molecular Magic, kolaborasi Best of Bali 2.0, dan Ternate Long Table Lunch yang unik. 



    4. Master Class 

    Bagi yang mencari atau mendalami pengetahuannya seputar makanna, ada beberapa Masterclasses yang menghadirkan tokoh terbaik di bidangnya. Dari mulai penulisan seputar makanan, hingga sesi talkshow intim tentang bagaimana mengubah passion menjadi profesi di bidang kuliner. 


    5. Food Tours 

    Di mana lagi bisa menikmati kuliner terbaik di Indonesia, selain Ubud. Beberapa Food Tour digelar untuk UFF tahun ini, di antaranya Gianyar Market's Best Bites, Culinary Jalan-jalan dan Keliki Tofu Makers. 


    6. Film Screening 

    UFF bukan sekadar menikmati makanan, tapi juga memahami konteksnya secara sosial, budaya dan juga sejarah lewat Film Screenings. Beberapa film diputar selama festival, di antaranya Gudeg Mbah Lindu, CinemaWithoutWall short film showcase: Wei, dan The Balinese Bastard and 100 Roasters, serta My Life in a Recipe with Ibu Sri Owen. 


    7. Kids Events 

    Sejumlah program di UFF juga ada yang ditujukan untuk anak-anak (Kids Events) di antaranya Growing Gardeners, Ice Cream Chemistry, dan Celebrate Indonesian Food. 

    8. Food for Thought 

    Selama tiga hari perhelatannya, Ubud Food Festival 2019 juga mengusung sesi diskusi seputar makanan di Food for Thought. Berbagi cerita, gagasan dan juga berbagai hal lain seputar dunia kuliner, seperti persoalan proyek berbasis wisata Cengkeh Afo dan Gamalama Spices, atau juga mengupas aneka reality show dari Iron Chef hingga MasterChef dan efeknya. 

    9. Peduli Sampah 

    Ubud Food Festival 2019 Presented by ABC berkomitmen untuk meminimalisasi semua bentuk sampah atau limbah saat acara. Mulai dari sisa sampah organik dari demo masak di Kitchen Stage dan Teater Kuliner, hingga mendorong lebih dari 70 vendor di Taman Kuliner untuk menghindari kemasan sekali pakai, Festival memainkan perannya dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Namun, semua pengunjung Festival harus memainkan peran mereka juga, untuk meminimalisasi sampah di UFF19. 

    DI UFF kali ini, sejumlah program yang mengusung kesadaran akan peduli sampah dan pengelolaannya juga bisa diikuti, di antaranya sebagai berikut: Food for Thought: Turning the Tide on Plastic Waste, Food for Thought: Waste Not Want Not, Teater Kuliner: Make Every Morsel Count, Film Screening: Pulau Plastik, dan Kitchen Stage: Zero Waste Challenge. 

    10. Unduh program 

    Buku program UFF tersedia di Box Office. Publik juga bisa unduh di situs resmi UFF, di sini. Namun kadang ada program yang berubah, dan bisa dicek di laman Schedule Updates. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below