Mengulik Sulam Alis, Solusi untuk Alis Tipis dan Pucat


  • Mengulik Sulam Alis, Solusi untuk Alis Tipis dan Pucat
    Teknik sulam alis baik untuk menebalkan atau menggelapkan alis yang tipis dan pucat. Foto: Dok/Pexels.com)


    Bagi para perempuan yang setiap pagi terbiasa menggambar alis, tentu tidak pede jika harus keluar rumah dengan alis botak atau alis tipis yang berantakan. Padahal, menggambar alis membutuhkan ketrampilan khusus yang untuk melakukannya cukup memakan waktu.

    Namun jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu setiap hari untuk menggambar alis, cobalah menjalani sulam alis untuk mendapatkan alis cantik semi-permanen. Prosedur ini mulai populer di Asia sekitar tujuh atau delapan tahun terakhir, dan belakangan diperkenalkan juga di negara lain seperti Amerika, Australia, dan Canada.



    Yang disebut sulam alis adalah penambahan pigmen warna ke kulit untuk mengisi bagian-bagian kosong pada alis, sehingga alis jadi terlihat lebih penuh. Teknik ini bisa menghasilkan tampilan yang natural, karena menggunakan pigmen-pigmen yang sesuai dengan warna asli alis kamu. Setelah membentuk pola alis yang diinginkan, seluruh area yang sudah digambari diisi dengan pigmen seperti rambut. 

    Nah, kalau kamu berniat membuat sulam alis, baca dulu penjelasannya di sini.

    (Baca juga: Cara Menebalkan Alis untuk Pemula) 

    Untuk siapa?

    Menurut Aujla, sulam alis atau biasa disebut microblading atau eyebrow embroidery, bisa dilakukan untuk siapa saja yang alisnya menipis, atau ada bagian alis yang botak. Terlalu sering mencabut alis juga membuat rambut alis berhenti tumbuh sehingga tidak bisa lagi memiliki alis yang rapi dan tebal. Nah, di situlah sulam alis bisa menjadi solusi untuk menebalkan alis yang tipis, atau menggelapkan warna alis yang cenderung pucat.


    (Hasilnya terlihat lebih alami daripada tato alis. Foto: Dok/Allure/RollingStone) 


    Bedanya dengan tato alis

    Tidak seperti tato alis, sulam alis tidak diaplikasikan di lapisan kulit yang dalam, melainkan hanya pada permukaannya. Helaian rambut juga jauh lebih natural dan lembut daripada tato, karena prosedurnya tidak menggunakan peralatan elektronik yang menyerap jauh ke dalam kulit. Sulam alis juga hanya berlaku selama 18 bulan sampai dua tahun, begitu menurut Susan Aujla, direktur pelaksana New Serenity Cosmetics & Esthetics di Burnaby, British Columbia.

    Masalah yang biasa muncul

    Sulam alis biasanya dilakukan untuk perempuan yang kulitnya pucat dan alisnya tipis. Namun, banyak perempuan yang sulam alisnya menghasilkan alis yang terlalu tebal seperti Sinchan. Untuk menghindari kegagalan, pilih dulu warna alis dengan teknisi kamu. Warna tersebut biasanya akan menjadi lebih terang dalam dua minggu berikutnya. 

    Masalah umum lainnya adalah, alis yang dihasilkan tidak pas dengan bentuk otot-otot alis sehingga ketika digerakkan alis yang baru tampak keluar dari tempatnya. Lalu, ada juga orang yang alergi atau sensitif dengan beberapa pigmen warna, walaupun jarang terjadi.

    Sebaiknya, bawa gambar alis yang kamu inginkan. Setelah ia menggambar alis yang kamu inginkan, lihat hasilnya di cermin sebelum melanjutkan prosedurnya. Gerak-gerakkan alismu untuk melihat apakah posisinya masih di tempatnya semula. Jangan mengeceknya setelah seluruh prosedur selesai dilakukan, karena akan terlambat untuk membuat perubahan apapun.


    (Teknisi akan menggunakan pisau yang tipis dan tajam untuk menyayat permukaan kulit.Foto: Dok/MicrobadingLA)


    Teknik pengerjaan sulam alis

    Pertama-tama, teknisinya akan membersihkan garis alis dengan membuang bulu-bulu halus di sekitarnya. Kemudian, krim anestesi akan dioleskan untuk mengurangi rasa sakit. Begitu bentuk alis yang diinginkan sudah didapatkan, teknisi akan menggunakan pisau bedah kecil yang sangat tipis dan tajam untuk memotong sedikit lapisan pada permukaan kulit. Setelah itu, warna alis yang baru akan diaplikasikan.

    Akan terjadi reaksi seperti kemerahan dan bengkak setelah proses tersebut dilakukan, tapi akan menghilang dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Warnanya pun akan memudar sekitar 50-70% dalam dua minggu pertama. Pada saat itu kamu harus menjalani sesi lanjutan untuk menyempurnakan alismu. Hindari menggosok area alis atau mengelupas jaringan yang mulai terbentuk, untuk melindungi alis yang baru. Karena perawatan inj semi-permanen, kamu masih membutuhkan touch up dari waktu ke waktu.


    (Bawa gambar alis yang kamu inginkan untuk memudahkan teknisi membuatnya. Foto: Dok/Zwivel) 


    Aman nggak sih?

    Sulam alis cukup aman selama kamu berhati-hati dalam memilih tempat untuk menjalani prosedur tersebut. Rata-rata sulam alis biayanya bisa jutaan, dari Rp 2,2 juta (Browlogy), Rp 3 juta (Brow Studio), Rp 6 juta (Browhaus), hingga Rp 19 juta (Ali Tattoo Sulam). Namun ada juga salon yang menawarkan harga hanya ratusan ribu rupiah, tergantung teknik dan tinta yang digunakan. 

    Sebaiknya kamu banyak bertanya pada teman-teman yang pernah menjalani sulam alis atau membaca review-nya untuk memastikan reputasi salon atau klinik sulam alis. Untuk meminimalkan risiko terjadi kesalahan prosedur atau tidak puas dengan hasilnya, pastikan brow specialist-nya memiliki sertifikat dari perusahaan yang terpercaya.

    Pastikan juga alat-alat yang digunakan steril untuk menghindari perpindahan bakteri penyebab infeksi. "Seharusnya tidak ada jarum atau pisau yang dipakai lagi," kata Aujla. "Lihat sendiri ketika kemasannya dibuka di depan kamu."

    Jadi, siap membuat sulam alis?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below